Comscore Tracker

5 Manfaat Dahsyat Weightlifting bagi Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes!

Tak hanya menunjang penampilan tapi juga sangat menyehatkan

Saat ini masih banyak orang yang mengira weightlifting atau latihan angkat beban merupakan olahraga yang dikhususkan untuk membentuk otot-otot tubuh. Selain itu, olahraga ini juga dinilai sangat manly, sehingga banyak wanita yang menghindari latihan fisik ini karena menganggap tubuh mereka akan terlalu berotot.

Padahal tidak demikian, memilih weightlifting sebagai rutinitas akan memperbaiki postur serta membuat tubuh wanita lebih kencang tanpa otot yang berlebihan. Selain itu, weightlifting tidak hanya bermanfaat untuk memperbaiki penampilan,tapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Ingin tahu apa saja manfaat latihan angkat beban bagi kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Meningkatkan kekuatan tulang dan otot, serta mencegah cedera

5 Manfaat Dahsyat Weightlifting bagi Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes!johnfawkes.com

Dikutip dari Medical Daily, latihan angkat beban adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan massa otot dan kepadatan tulang. Efek ini sangatlah bermanfaat mengingat seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang kita cenderung mengalami penurunan alami yang berpotensi menimbulkan osteoporosis, dan membuat kita kurang lincah.

Untuk para atlet, membangun tulang yang lebih kuat ini sangatlah penting untuk mengurangi risiko patah tulang. Selain itu, meningkatkan kekuatan otot juga dapat membantu menguatkan sendi. Jadi, latihan angkat beban juga sangat bermanfaat untuk para atlet guna menurunkan risiko cedera dan patah tulang.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

5 Manfaat Dahsyat Weightlifting bagi Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes!self.com

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Lowa State University, latihan angkat beban atau weightlifting selama kurang lebih satu jam setiap minggunya dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke antara 40 hingga 70 persen.

Bahkan menurut para ilmuwan, rutin melakukan weightlifting dapat meningkatkan kesehatan jantung lebih baik daripada berlari. Akan tetapi, untuk mendapatkan kebugaran fisik yang optimal, kamu tetap direkomendasikan untuk melakukan kedua jenis latihan tersebut, yaitu latihan kekuatan dan aerobik.

Baca Juga: 5 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Meskipun Sedang Sakit, Berani Coba?

3. Meningkatkan massa otot sekaligus membakar kalori lebih lama

5 Manfaat Dahsyat Weightlifting bagi Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes!blog.myfitnesspal.com

Secara teknis, kardio memang dapat membakar lebih banyak kalori daripada aktivitas angkat besi. Akan tetapi, angkat besi memiliki manfaat besar dalam membangun otot, yang membuat tubuh tetap akan membakar kalori selama beberapa saat setelah selesai berolahraga. Efek ini dikenal dengan afterburn effect, dan biasa terjadi setelah melakukan sesi olahraga intensitas tinggi.

Menurut Nick Clayton, manajer program pelatihan pribadi di National Strength and Conditioning Association, otot aktif secara metabolik, yang artinya semakin banyak otot yang dimiliki tubuh, maka semakin banyak pula kalori yang akan dibakar sepanjang hari bahkan ketika tubuh tidak sedang berolahraga.

4. Menurunkan kadar gula darah

5 Manfaat Dahsyat Weightlifting bagi Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes!rosiehope.com

Orang yang didiagnosis mengalami diabetes tipe 2 sangat disarankan untuk menjadikan weightlifting atau latihan kekuatan lain sebagai rutinitas. Para ahli menemukan fakta bahwa mengencangkan otot dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam mengontrol kadar glukosa darah.

Menurut para pendidik diabetes di American Association of Diabetes Educators, olahraga jenis ini sebenarnya dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang membuat kadar gula darah lebih terkendali. Jadi, latihan yang mengembangkan lebih banyak otot bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan sangat disarankan untuk kamu yang berpotensi mengalami diabetes.

5. Meningkatkan kesehatan mental

5 Manfaat Dahsyat Weightlifting bagi Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes!adamringler.com

Menurut penelitian berjudul The Effects of Resistance Exercise Training on Anxiety: A Meta-Analysis and Meta-Regression Analysis of Randomized Controlled Trials yang diterbitkan pada tahun 2017, menunjukkan bahwa latihan weightlifting dapat meningkatkan semangat dan menurunkan kecemasan secara signifikan. Orang yang mengalami depresi juga terbukti merasakan kelegaan setelah mengikuti latihan jenis ini.

Gimana? Tertarik menjadikan weightlifting sebagai rutinitas?

Baca Juga: 7 Olahraga Paling Aneh yang Pernah Ada di Dunia, Sudah Tahu?

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You