Comscore Tracker

5 Manfaat Ajaib Minyak Biji Rami bagi Kesehatan dan Kecantikan

Bisa ditambahkan ke dalam masakan atau sebagai suplemen

Biji rami atau flaxseed dikenal karena menawarkan banyak manfaat kesehatan. Mengingat profil nutrisinya yang luar biasa, tidak mengherankan jika minyak biji rami juga menawarkan manfaat kesehatan yang serupa.

Minyak biji rami atau juga dikenal sebagai minyak rami dibuat dari biji rami yang telah digiling dan ditekan untuk melepaskan minyak alaminya. Minyak ini bisa ditambahkan ke dalam masakan atau dikonsumsi sebagai suplemen untuk meningkatkan kesehatan.

Di sini akan dibahas beberapa manfaat minyak biji rami untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Menurunkan tekanan darah

5 Manfaat Ajaib Minyak Biji Rami bagi Kesehatan dan Kecantikanilustrasi memeriksa tekanan darah (pexels.com/cottonbro)

Tekanan darah tinggi dapat memberikan tekanan ekstra pada jantung dan memaksanya bekerja lebih keras, sehingga membahayakan kesehatan jantung. Selain itu, penuaan dan peningkatan tekanan darah umumnya terkait dengan penurunan elastisitas arteri. Namun, minyak biji rami dapat meningkatkan elastisitas arteri.

Manfaat ini kemungkinan lantaran tingginya konsentrasi asam lemak omega-3 dalam minyak biji rami. Studi dalam Journal of Research in Pharmacy Practice menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 meningkatkan kesehatan jantung, dengan manfaat seperti mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan kolesterol

5 Manfaat Ajaib Minyak Biji Rami bagi Kesehatan dan Kecantikanilustrasi tes darah (unsplash.com/Hush Naidoo)

Minyak biji rami dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. ALA dalam minyak biji rami mungkin berperan dalam menurunkan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam darah.

Dalam satu penelitian kecil yang melibatkan 15 orang dewasa dan diterbitkan dalam Nutrition Journal, para peserta mengonsumsi minyak biji rami atau minyak jagung sekali sehari dengan makan malam.

Peneliti kemudian mengukur kadar kolesterol peserta pada awal penelitian dan 12 minggu kemudian. Hasilnya, peserta yang diberi minyak jagung tidak mengalami perubahan kadar kolesterol, sedangkan peserta yang diberi minyak biji rami mengalami penurunan LDL yang signifikan.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Minyak Ikan yang Terbukti secara Ilmiah

3. Meningkatkan kesehatan kulit

5 Manfaat Ajaib Minyak Biji Rami bagi Kesehatan dan Kecantikanilustrasi perempuan sedang menggunakan skincare (pexels.com/Mikhail Nilov)

Minyak biji rami juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Satu penelitian kecil yang dilaporkan dalam jurnal Skin Pharmacology and Physiology dilakukan dengan memberikan 13 perempuan suplemen minyak biji rami selama 12 minggu. Pada akhir penelitian, para peserta menunjukkan peningkatan kehalusan dan hidrasi kulit, sementara sensitivitas kulit terhadap iritasi dan kekasaran menurun.

Sementara ini, tidak ada penelitian yang melihat manfaat mengoleskan minyak biji rami pada kulit manusia. Namun, ada beberapa laporan tentang meningkatnya kehalusan dan pengurangan iritasi setelah mengoleskan minyak biji rami pada kulit.

4. Meningkatkan kesehatan usus

5 Manfaat Ajaib Minyak Biji Rami bagi Kesehatan dan Kecantikanilustrasi pencernaan yang sehat (pexels.com/Kindel Media)

Minyak biji rami memiliki sifat pencahar. Dalam sebuah penelitian terhadap 50 pasien hemodialisis yang dilaporkan di Journal of Renal Nutrition, suplementasi minyak biji rami setiap hari membantu meringankan sembelit.

Sebuah penelitian lain terhadap orang-orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) juga menunjukkan hal yang serupa. Penelitian yang diterbitkan pada Journal of Human Nutrition and Dietetics ini menemukan bahwa biji rami membantu dalam menurunkan peradangan yang terkait dengan gejala IBS, termasuk sembelit dan diare.

5. Mengobati dermatitis atopik

5 Manfaat Ajaib Minyak Biji Rami bagi Kesehatan dan Kecantikanilustrasi menggaruk kulit (freepik.com/wayhomestudio)

Minyak biji rami juga dipercaya menawarkan manfaat untuk kulit dan rambut, seperti mengurangi gejala dermatitis atopik. Dermatitis atopik adalah jenis eksem, yang merupakan kondisi jangka panjang yang menyebabkan kulit merah dan gatal.

Satu studi yang dilaporkan dalam jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine melihat efek konsumsi minyak biji rami pada tikus dengan dermatitis. Setelah 3 minggu, tikus dalam percobaan mengalami penurunan gejala dermatitis, seperti kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal.

Saat ini, minyak biji rami dapat diperoleh dengan mudah di toko kesehatan maupun secara online. Menambahkan minyak biji rami ke dalam diet adalah cara termudah untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga: Tambah Pede! Ini 10 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit dan Rambut

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya