Comscore Tracker

Asal Nggak Berlebihan, Ini 5 Manfaat Konsumsi Teh Susu bagi Kebugaran

Agar lebih sehat, sebaiknya buat sendiri teh susumu

Secara sederhana, teh susu adalah minuman teh dengan tambahan susu. Kombinasi ini dapat menetralkan rasa pahit pada teh dan membuat rasa teh menjadi lebih lembut. Saat ini, teh susu menjadi cara yang populer untuk menyajikan teh di banyak bagian dunia.

Jika kamu membeli teh susu alias milk tea di luar sana, maka cara penyajiannya juga makin beragam. Bisa dengan tambahan boba, gula aren, gula, sirop, buah, krim keju, remah biskuit, dan masih banyak lagi. Karenanya, banyak ahli yang menyarankan untuk membatasi jumlah konsumsi teh susu kekinian, mengingat jumlah kalori dalam segelas minuman tersebut bisa sangat tinggi.

Akan tetapi, bila kamu membuat sendiri teh susumu tanpa banyak tambahan, efeknya bisa berbeda. Bahkan, teh susu buatan sendiri ini bisa memberikan berbagai manfaat menyehatkan seperti berikut ini:

1. Mencegah noda kuning pada gigi

Asal Nggak Berlebihan, Ini 5 Manfaat Konsumsi Teh Susu bagi Kebugaranunsplash.com/Sam Manns

Dibandingkan kopi, teh menyebabkan noda pada gigi jauh lebih buruk, melansir WebMD. Semakin gelap teh yang diminum, maka akan semakin gelap noda pada gigi.

Meski begitu, menurut sebuah studi dalam International Journal of Dental Hygiene menemukan bahwa menambahkan susu ke dalam teh dapat membantu mempertahankan warna gigi putihmu.

Dijelaskan bahwa ketika digabungkan, kasein dalam dalam susu secara kimiawi mengikat bahan kimia penyebab noda dalam teh dan menghentikan pewarnaan. Bahkan, efek teh susu dinilai serupa dengan perawatan pemutihan yang vital.

2. Memperkuat tulang

Asal Nggak Berlebihan, Ini 5 Manfaat Konsumsi Teh Susu bagi Kebugaranunsplash.com/Noah

Minum susu setiap hari diketahui dapat membantu memperkuat tulang, begitu pula dengan teh.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, didapat hasil bahwa perempuan lansia yang rutin minum teh memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak minum teh sama sekali.

Menurut para peneliti, manfaat tersebut bersumber dari flavonoid yang ada di dalam teh, yang bekerja membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Dalam penelitian yang sama, diketahui bahwa menambahkan sedikit susu ke dalam teh bisa meningkatkan manfaat penguatan tulang, terutama dalam hal membantu pinggul. Akhirnya, ini membuat individu dapat tetap aktif bergerak sampai usia lanjut.

Baca Juga: Nggak Cuma Susu, 7 Makanan Ini Juga Bisa Bikin Tulang jadi Sehat

3. Meningkatkan daya ingat

Asal Nggak Berlebihan, Ini 5 Manfaat Konsumsi Teh Susu bagi Kebugaranunsplash.com/Tachina Lee

Minum teh, dengan atau tanpa susu, dapat meningkatkan daya ingat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research menemukan bahwa enzim yang ditemukan dalam teh hitam dan teh hijau bertanggung jawab untuk memecah neurotransmiter di otak yang membuat orang menjadi pelupa.

Selain itu, teh juga bermanfaat untuk memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Jenis teh ternyata juga memberikan pengaruh yang berbeda. Teh hijau memiliki efek tersebut selama satu minggu penuh, sedangkan efek teh hitam hanya bertahan dalam satu hari.

4. Mengurangi efek sakit perut yang mungkin terjadi saat minum teh

Asal Nggak Berlebihan, Ini 5 Manfaat Konsumsi Teh Susu bagi Kebugaranpexels.com/Andrea Piacquadio

Tidak semua orang bisa minum teh setiap hari karena teh mengandung tanin yang sangat asam. Ketika dikonsumsi saat perut kosong atau dalam jumlah berlebihan, tanin dapat mengacaukan jaringan perut dan menyebabkan sakit perut atau mual, melansir Healthline.

Tidak ada batasan aman jumlah teh yang bisa diminum setiap hari agar perut tidak bermasalah, karena perut setiap orang berbeda dan dipengaruhi oleh berbagai hal.

Akan tetapi, ada satu kesamaan yang dapat menyembuhkan sakit perut, yaitu susu. Saat menambahkan susu ke dalam teh, tanin yang ditemukan dalam teh secara kimiawi bergabung dengan senyawa yang ditemukan dalam susu, yang membuatnya tidak bergabung dengan lapisan perut.

Jadi, minum teh bersama susu adalah solusi untuk kamu yang sensitif terhadap teh.

5. Mengurangi stres

Asal Nggak Berlebihan, Ini 5 Manfaat Konsumsi Teh Susu bagi Kebugaranpexels.com/Andrea Piacquadio

Teh susu merupakan minuman yang menenangkan, jika teh yang digunakan adalah teh tanpa kafein. Menurut studi dalam jurnal Psychopharmacology, minuman ini dapat melepaskan endorfin dan menyeimbangkan kembali kadar hormon stres, yang akan mengurangi segala jenis peradangan di seluruh tubuh.

Itulah beberapa manfaat minum teh susu bagi kesehatan. Namun, baiknya hindari memberi minuman yang tinggi gula dan tambahan atau topping lainnya. Agar lebih sehat, buat saja sendiri. Konsumsilah sewajarnya, karena apa pun yang berlebihan tidaklah baik untuk tubuh.

Baca Juga: Meski Lezat, Ini 5 Bahaya Minum Teh Susu Terlalu Sering

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya