Comscore Tracker

11 Cara Meningkatkan Kecerdasan, Sudah Terbukti!

Main game juga bisa tingkatkan kecerdasan

Kecerdasan banyak dianggap sebagai sesuatu yang diturunkan, yang telah dimiliki sejak lahir. Ini tidak sepenuhnya salah, tetapi sebetulnya kecerdasan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh bawaan lahir atau genetik.

Semua orang bisa menjadi cerdas bila mau berusaha. Makin banyak manusia belajar, makin dalam pemahaman bidang yang disukai, maka makin baik pula kinerja otak dan kemampuan berpikirnya.

Kunci menjadi pintar sebenarnya terletak pada praktik kebiasaan gaya hidup yang mendukung otak. Kegiatan yang mengasah otak ada banyak dan IDN Times telah merangkum cara-cara untuk meningkatkan kecerdasan berdasarkan hasil penelitian. Tidak sulit, tetapi butuh ketekunan untuk melakukannya secara rutin.

1. Tidur yang cukup

11 Cara Meningkatkan Kecerdasan, Sudah Terbukti!ilustrasi tidur (freepik.com/diana.grytsku)

Tidur adalah salah satu kebutuhan krusial. Namun, banyak orang yang kerap menunda waktu tidur hingga akhirnya begadang, sehingga waktu tidurnya tidak cukup. Padahal, tidur sangat penting untuk mendukung fungsi kognitif yang optimal.

Saat tidur, otak tetap bekerja menggabungkan ingatan akan kegiatan yang telah dilakukan sepanjang hari tersebut. Hal ini akan membantu meningkatkan fungsi otak untuk mempelajari informasi baru ketika bangun.

Kemudian, sebuah studi dalam jurnal Sleep Health tahun 2019 menemukan bahwa kurang tidur akan memengaruhi fungsi memori secara negatif.

Studi terhadap siswa sekolah dasar di China yang diterbitkan dalam Chinese Journal of Contemporary Pediatrics tahun 2013 sebelumnya juga menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 8 jam setiap harinya mendapat skor lebih rendah pada tes kecerdasan verbal, IQ skala penuh, pemahaman verbal, memori, dan perhatian daripada mereka yang tidur setidaknya 8 jam setiap hari. Tidak hanya itu, kurang tidur juga dapat memengaruhi kemampuan seseorang dalam belajar.

2. Berolahraga secara teratur

11 Cara Meningkatkan Kecerdasan, Sudah Terbukti!ilustrasi berolahraga (freepik.com/jcomp)

Penelitian berjudul “Rapid stimulation of human dentate gyrus function with acute mild exercise” dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America tahun 2018 menemukan bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan aktivitas di hipokampus, bagian otak yang memproses informasi termasuk memori dan emosi. Selain itu, aktivitas olahraga juga dapat meningkatkan volume hipokampus serta mendorong pertumbuhan neuron, sehingga dapat meningkatkan struktur dan fungsi otak.

Melansir WebMD, olahraga dapat mengurangi resistansi insulin dan peradangan di tubuh. Olahraga teratur juga dapat meningkatkan suasana hati dan tidur, sehingga dapat berefek positif bagi tingkat kecerdasan.

Kemudian, olahraga juga meningkatkan jumlah brain-derived neurotrophic factor (BDNF), protein yang mendorong pertumbuhan dan pembentukan neuron baru. BDNF sendiri berperan untuk menciptakan dan memperkuat daya ingat.

Baca Juga: Punya Teman Curhat Bikin Otak Sehat? Ini Fakta Penelitiannya

3. Meditasi

11 Cara Meningkatkan Kecerdasan, Sudah Terbukti!ilustrasi meditasi (pixabay/StockSnap)

Melakukan meditasi juga dapat meningkatkan kecerdasan. Dilansir Healthline, beberapa studi mengatakan bahwa meditasi dapat meningkatkan fungsi eksekutif dan memori kerja menjadi lebih baik. Bahkan, efeknya dapat terlihat hanya dengan melakukan meditasi selama empat hari.

Penelitian lain juga menemukan bahwa orang yang melakukan meditasi terpandu selama 13 menit setiap harinya dalam 8 minggu memiliki peningkatan perhatian, kemampuan mengenali, dan kinerja memori. Efek kognitif tersebut mungkin disebabkan oleh manfaat emosional dari meditasi. Orang yang melakukan meditasi juga cenderung memiliki suasana hati yang lebih baik dan tidak mengalami kecemasan.

Mengutip Psychology Today, para peneliti menemukan bahwa meditasi singkat atau melakukan mindfulness dapat mendorong seseorang untuk membuat keputusan yang lebih rasional, sehingga mengarah kepada hasil yang lebih positif di masa depan. Sedikit meditasi dapat membuat seseorang lebih jernih dalam berpikir dan mempertimbangkan semua aspek sebelum mengambil keputusan.

Kamu bisa melakukan meditasi lewat berbagai aplikasi smartphone, video tutorial di internet, atau bergabung kelas meditasi.

4. Memainkan alat musik

11 Cara Meningkatkan Kecerdasan, Sudah Terbukti!ilustrasi bermain alat musik (unsplash.com/Larisa Birta)

Belajar alat musik hingga mahir juga dapat meningkatkan kecerdasan sekaligus menyenangkan. Beberapa keterampilan kognitif yang dapat ditingkatkan meliputi persepsi pendengaran, koordinasi fisik, memori, dan pengenalan pola.

Studi berjudul “Music Enrichment Programs Improve the Neural Encoding of Speech in At-Risk Children” dalam Journal of Neuroscience tahun 2014 menyatakan bahwa memainkan alat musik dapat meningkatkan fungsi sistem saraf dan perhatian. Peningkatan ini juga berefek pada kemampuan berbahasa dan kognitif. Memainkan alat musik, terutama secara berkelompok, dapat meningkatkan koordinasi dan aktivitas komunikasi melalui musik.

Belajar alat musik kini tak sulit, kok! Sudah banyak video tutorial yang bisa diakses secara gratis di berbagai platform. Ikut kelas musik juga bisa jadi pilihan. Tidak ada kata terlambat, kok, untuk meningkatkan keterampilan bermusik.

5. Banyak membaca

11 Cara Meningkatkan Kecerdasan, Sudah Terbukti!ilustrasi membaca buku (pixabay.com/PourquoiPas)

Kalau yang satu ini, pastinya sudah tidak aneh lagi, ya. Sejak kecil dan ketika mengenyam pendidikan, kita dituntut untuk rajin membaca untuk menambah pengetahuan.

Menurut penelitian berjudul “Neurobiology Research Findings: How the Brain Works During Reading” dalam jurnal PASAA tahun 2015, membaca memang benar-benar dapat meningkatkan kecerdasan. Sebab, kegiatan ini merangsang setiap bagian otak bersama dengan koneksi saraf di antaranya.

Membaca juga akan melatih beberapa fungsi kognitif seperti perhatian, memprediksi, memori kerja, memori penyimpanan jangka panjang, penalaran abstrak, pemahaman, dan pemrosesan visual huruf. Dampak positif dari membaca juga cenderung bermanfaat untuk jangka panjang.

6. Tidak pernah berhenti belajar

11 Cara Meningkatkan Kecerdasan, Sudah Terbukti!ilustrasi belajar daring (pexels.com/Julia M Cameron)

Terus belajar bukan berarti kamu terus-terusan mengenyam pendidikan formal. Kegiatan apa pun yang dapat menambah pengetahuan baru juga bisa meningkatkan kinerja otak dan menjaga fungsi serta kesehatan otak untuk jangka panjang.

Belajar bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti mendengarkan siniar, video edukasi, mencoba berbagai hobi dan kegiatan baru, belajar bahasa baru, membaca buku atau sumber pengetahuan lain, dan masih banyak lagi. Intinya, terus belajar dalam bentuk apa pun bisa berdampak positif bagi kesehatan otak.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal BMJ Open tahun 2019, terus belajar dapat meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi otak dari berbagai masalah kesehatan seperti demensia.

Studi lainnya dalam jurnal Psychological Science tahun 2018 juga menyatakan bahwa seseorang dengan durasi dan jenjang pendidikan yang lebih tinggi cenderung memiliki kecerdasan yang lebih tinggi pula.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 7 Hal Sederhana Ini Memengaruhi Kondisi Otak

7. Bersosialisasi

11 Cara Meningkatkan Kecerdasan, Sudah Terbukti!ilustrasi bersosialisasi (pixabay.com/StockSnap)

Sebagai makhluk sosial, bersosialisasi merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Selain dapat meningkatkan kebugaran mental, sosialisasi juga dapat merangsang pikiran dan kemampuan kognitif.

Bila kamu tergolong sulit menjalin hubungan yang baru, kamu bisa mencoba menjadi sukarelawan, bergabung dengan komunitas dan/atau organisasi tertentu, menghubungi teman lama, atau mengikuti kursus atau kelas tertentu yang bisa mendorong terjadinya komunikasi dan sosialisasi.

Laporan berjudul “Social isolation, cognitive reserve, and cognition in healthy older people” dalam jurnal PLOS One tahun 2018 menunjukkan bahwa seseorang yang terisolasi secara sosial dapat memiliki fungsi kognitif yang buruk di masa tua. Karenanya, bersosialisasi sangat penting selama hidup untuk melindungi diri dari penurunan fungsi kognitif.

8. Bermain gim video

11 Cara Meningkatkan Kecerdasan, Sudah Terbukti!Ilustrasi Bermain Game (IDN Times/Mardya Shakti)

Memainkan gim video dapat meningkatkan perhatian dan memori otak. Dilansir Healthy Gamer, beberapa penelitian telah menemukan berbagai manfaat dari main gim video.

Dalam satu studi, dikatakan bahwa orang yang bermain gim video aksi memiliki memori penyimpanan otak yang lebih tinggi dibanding non-gamer atau orang yang tidak bermain gim. Selain itu, memori jangka pendek orang yang memainkan gim tersebut juga dilaporkan lebih baik.

Studi lainnya menunjukkan bahwa bermain gim video dapat meningkatkan akurasi memori visual karena dapat membuat pemainnya menjadi lebih peka terhadap tanda-tanda visual.

Penelitian lain juga menemukan bahwa bermain gim video dapat melatih otak untuk memperbarui dan menambah informasi baru. Oleh karena itu, main gim juga bisa meningkatkan kapasitas memori.

Peneliti dari University of California, Amerika Serikat, juga menyebut bahwa bermain gim video 3D dapat meningkatkan pembentukan ingatan dan meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta meningkatkan waktu reaksi seseorang.

9. Minum kopi dalam jumlah sedang

11 Cara Meningkatkan Kecerdasan, Sudah Terbukti!ilustrasi minum kopi (pixabay.com/Pexels)

Minum kopi ternyata dapat meningkatkan kemampuan belajar dan kinerja mental. Kafein dalam kopi dapat menghalangi adenosin, zat kimia otak yang menghentikan pelepasan zat perangsang di otak. Karenanya, kafein dapat memberi dorongan energi.

Sebuah studi dalam The Journal of Nutrition tahun 2014 menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan perhatian dan fokus, membuat seseorang bisa lebih baik dalam menerima berbagai informasi baru. Akan tetapi, konsumsi kopi yang berlebihan tidak baik, sebab kafein juga dapat menimbulkan kecemasan dan gelisah bila dikonsumsi terlalu banyak.

10. Minum teh hijau

11 Cara Meningkatkan Kecerdasan, Sudah Terbukti!ilustrasi teh hijau (pixabay.com/dungthuyvunguyen)

Selain kopi, teh hijau juga dapat meningkatkan fungsi otak karena memiliki kandungan kafein dalam jumlah kecil. Teh hijau juga kaya akan kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat memfasilitasi pertumbuhan akson dan dendrit di neuron. Akson dan dendrit sendiri memiliki fungsi untuk berkomunikasi dan menyelesaikan tugas kognitif.

Berdasarkan hasil temuan penelitian berjudul “Green tea effects on cognition, mood and human brain function: A systematic review” dalam jurnal Phytomedicine tahun 2017, teh hijau ditemukan dapat memengaruhi gejala psikopatologis, misalnya mengurangi kecemasan, memengaruhi kognisi dengan meningkatkan memori dan perhatian, serta meningkatkan fungsi otak seperti meningkatkan aktivasi memori kerja. Efek ini didapatkan bukan karena zat tunggal tertentu, tetapi dari kombinasi komponen bermanfaat dalam teh hijau.

11. Makan makanan yang kaya akan nutrisi

11 Cara Meningkatkan Kecerdasan, Sudah Terbukti!ilustrasi diet pescatarian (freepik.com/rawpixel.com)

Mengonsumsi makanan yang bernutrisi bagi otak juga dapat meningkatkan kesehatan serta fungsi otak. Dilansir Healthline, makanan yang baik bagi kinerja otak adalah makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, flavonoid, dan vitamin K.

Omega-3 merupakan salah satu komponen utama dari struktur otak. Makanan yang kaya akan omega-3 dapat berupa ikan yang berlemak, kerang, rumput laut, alpukat, dan kacang-kacangan.

Senyawa flavonoid juga merupakan kandungan pada makanan yang sangat bermanfaat bagi otak. Dalam suatu penelitian, flavonoid dapat memberikan dampak kognitif yang positif, seperti peningkatan fungsi eksekutif dan kinerja memori. Senyawa ini biasa ditemukan di berbagai tanaman seperti aneka buah beri, teh, kedelai, biji cokelat, dan sebagainya.

Selanjutnya, vitamin K juga baik bagi otak karena berperan dalam kelangsungan hidup sel otak dan kinerja kognitif. Vitamin ini banyak ditemukan di sayuran hijau seperti kubis, bayam, dan collard.

Menjadi cerdas bukan berarti harus lebih banyak tahu daripada orang lain, akan tetapi mencerdaskan yang diperoleh lewat beberapa kegiatan di atas terkait pada rangsangan otak, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan memori, dan kemampuan mempelajari hal-hal yang baru.

Melakukan beberapa kegiatan di atas secara bijak dapat meningkatkan kesehatan otak dan kecerdasan dari waktu ke waktu. Hanya saja, pada beberapa kegiatan seperti memainkan alat musik, belajar, dan membaca misalnya, diperlukan niat dan keinginan yang kuat agar memperoleh efek positif yang maksimal.

Baca Juga: Mengejutkan, Ini Perubahan yang Terjadi pada Otakmu Saat Diet

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya