Comscore Tracker

5 Manfaat Susu Kuda, Kurang Populer tapi Khasiatnya Banyak!

Susu kuda bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan

Susu merupakan minuman yang tidak asing untuk dikonsumsi. Bahkan, sejak bayi manusia sudah diberikan air susu ibu (ASI). Biasanya, susu yang umum dikonsumsi berasal dari hewan ternak seperti sapi atau kambing. Namun, ada pula susu dari hewan lainnya yang tak kalah menyehatkan, yaitu susu dari kuda betina alias susu kuda. 

Walaupun tidak sepopuler susu sapi dan kambing, tetapi susu kuda mengandung segudang manfaat kesehatan, lo! Dilansir Milks and Health, susu kuda sudah dikonsumsi dan digunakan selama ribuan tahun oleh masyarakat Mongol, Asia tengah, dan Indo-Eropa.

Biasanya, susu kuda diolah dalam bentuk minuman fermentasi yang disebut dengan minuman kumis dan kefir. Susu kuda juga sering menjadi pengganti susu sapi pada abad ke-19. Apa saja, sih, manfaat susu kuda bagi kesehatan kita? Intip jawabannya di bawah ini, ya!

1. Lebih mudah dicerna dan rendah kalori

5 Manfaat Susu Kuda, Kurang Populer tapi Khasiatnya Banyak!ilustrasi sarapan dengan susu (pexels.com/August de Richelieu)

Perlu diketahui, susu kuda bukanlah alternatif yang aman untuk orang dengan intoleransi laktosa. Ini karena kandungan laktosa dalam susu kuda yang lebih tinggi daripada susu sapi. Di sisi lain, kandungan kasein (protein) dalam susu kuda lebih rendah dari susu sapi. Inilah yang membuat susu kuda lebih mudah atau lebih ringan dicerna.

Kalori dalam susu kuda juga lebih rendah bila dibandingkan dengan susu sapi. Dalam 7 ons susu kuda, total kalorinya hanya sekitar 88 kalori. Sementara itu, dalam berat yang sama, susu sapi mengandung sekitar 130 kalori.

Tidak hanya rendah kalori, susu kuda juga rendah kandungan lemaknya sebab sebagian besar lemak susu kuda merupakan lemak tak jenuh tunggal.

2. Kandungan gizi susu kuda

5 Manfaat Susu Kuda, Kurang Populer tapi Khasiatnya Banyak!ilustrasi susu kuda (pixabay.com/Couleur)

Susu kuda memiliki komponen nutrisi seperti vitamin A, B, C, dan E yang lebih tinggi daripada susu sapi. Terdapat pula kandungan potasium atau kalium, zat besi, kalsium, dan magnesium yang penting untuk tubuh.

Tidak hanya itu, susu kuda juga kaya akan lisozim, enzim yang berfungsi sebagai antimikroba. Susu kuda juga kaya akan laktoferin, suatu glikoprotein yang membantu penyerapan zat besi oleh tubuh guna memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sebagai hewan dengan lambung tunggal, kuda menghasilkan susu yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu mengurangi low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat dalam tubuh.

Vitamin C dan D dalam susu kuda juga dapat berperan dalam pencegahan kanker dan diabetes. Kemudian, kandungan kasein dan beta-laktoglobulin yang rendah juga membuat tingkat alergi terhadap susu kuda menjadi rendah.

Baca Juga: 5 Alasan Susu Kambing Gak Kalah Sehat dari Susu Sapi

3. Susu kuda bisa jadi alternatif ASI

5 Manfaat Susu Kuda, Kurang Populer tapi Khasiatnya Banyak!ilustrasi bayi minum susu (unsplash.com/Rainier Ridao)

Kualitas nutrisi dan komposisi susu kuda yang baik ternyata dikatakan paling mirip dengan ASI dibanding susu dari hewan lain. Ini karena struktur organ manusia dan kuda yang juga mirip, terutama pada kesamaan sebagai makhluk berlambung tunggal. Tentu ini berbeda dengan sapi yang memiliki empat kantong lambung yang berbeda-beda.

Selain itu, kuda dan manusia juga mengasimilasi berbagai komponen makanan dengan cara yang serupa, sehingga susu yang dihasilkan menjadi serupa pula. Oleh karenanya, untuk kurun waktu yang lama, susu kuda digunakan sebagai pengganti susu untuk bayi yang baru lahir. Namun, akibat Perang Dunia II, susu kuda sudah tidak digunakan lagi untuk bayi di Prancis dan lama-lama konsumsinya semakin menurun.

4. Susu kuda juga punya manfaat untuk kesehatan kulit

5 Manfaat Susu Kuda, Kurang Populer tapi Khasiatnya Banyak!ilustrasi perawatan kulit (pexels.com/Gustavo Fring)

Tidak cuma menyehatkan untuk dikonsumsi, tetapi susu kuda juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Ini berkat laktoferin dalam susu kuda yang memiliki manfaat melembapkan, regenerasi, serta memperlambat penuaan kulit.

Komponen antibakteri dalam susu kuda juga bermanfaat untuk kulit berjerawat dan mengatasi berbagai kondisi kulit seperti eksem, psoriasis, dan neurodermatitis. Karena khasiatnya bagi kulit ini, susu kuda juga bisa ditemukan dalam bentuk suplemen makanan, krim, atau sabun.

5. Khasiat susu kuda untuk berbagai masalah kesehatan

5 Manfaat Susu Kuda, Kurang Populer tapi Khasiatnya Banyak!ilustrasi susu kuda (pixabay.com/Couleur)

Susu kuda ternyata banyak direkomendasikan untuk berbagai masalah kesehatan. Dilansir Organic Facts, beberapa manfaatnya antara lain:

  • Meredakan iritasi kulit. Mencampur susu kuda dengan lidah buaya atau minyak kelapa dipercaya dapat meredakan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh eksem, psoriasis, rosasea, atau iritasi kulit lainnya. Campuran tersebut dioleskan ke bercak peradangan pada kulit.
  • Baik untuk mengatasi masalah pencernaan. Susu kuda dapat mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti sembelit, perut kembung, dan gangguan gangguan lainnya karena antibodi dalam susu kuda yang dapat menyeimbangkan flora usus.
  • Meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan mineral susu kuda yang lebih tinggi dibandingkan susu lain seperti susu sapi dapat membantu mencegah osteoporosis, serta membantu fungsi metabolisme tetap normal dan baik seiring bertambahnya usia.
  • Mengurangi tekanan darah. Tingkat potasium dalam susu kuda dapat bermanfaat sebagai vasodilator. Hal ini berguna untuk mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri, serta menurunkan risiko aterosklerosis, stroke, dan serangan jantung.
  • Detoksifikasi. Susu kuda juga dapat membantu tubuh mengeluarkan racun secara lebih efektif karena dapat meningkatkan kerja organ hati. Detoksifikasi yang efektif akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Hebat, ya, manfaat kesehatan susu kuda? Sayangnya, susu kuda masih kalah populer dibanding susu dari produk hewan lainnya seperti sapi atau kambing. Di Indonesia sendiri, ada beberapa wilayah yang memproduksi susu kuda. Salah satunya adalah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 5 Jenis Susu Vegan yang Bisa Dicoba untukmu yang Alergi Susu Sapi

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya