Comscore Tracker

Catat, Ini 7 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Maag Saat Puasa

#RamadanMasaKini Konsumsilah untuk mendukung lancarnya puasa

Saat puasa, tubuh kita memang memerlukan asupan makanan yang memiliki serat dan vitamin dengan kadar lebih tinggi. Gunanya untuk membuat tubuh kita tahan berpuasa walaupun beraktivitas seharian seperti biasanya.

Nah, salah satu makanan yang wajib kamu konsumsi saat puasa adalah buah. Sayangnya, bagi penderita maag gak semua buah bisa dikonsumsi. Kamu mesti lebih hati-hati nih dalam memilih buah yang kamu makan saat puasa. Soalnya, kalo kamu sembarangan puasa kamu bakalan gak lancar.

Nah, berikut ini ulasan 7 buah yang aman kamu konsumsi saat puasa.

1. Apel

Catat, Ini 7 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Maag Saat Puasapixabay.com/pasja1000

Buah pertama yang aman dikonsumsi bagi penderita maag adalah apel. Buah bernama latin Malus domestica ini memang memiliki serat yang cukup tinggi serta berbagai vitamin baik buat tubuh. Gak cuma itu, apel juga memiliki zat bernama pektin yang berfungsi untuk melindungi dan melapisi lambung dari gangguan bakteri jahat penyebab asam lambung.

Selain itu zat pektin yang terdapat dalam apel juga ampuh untuk melancarkan pencernaan. Eits, tapi kamu perlu ingat, pilihlah apel yang bercita rasa manis alias jangan yang asam. Soalnya, kadar asam pada buah yang cukup tinggi bakalan memicu naiknya asam lambung kamu.

2. Pisang

Catat, Ini 7 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Maag Saat Puasashutterstock.com/ch_ch

Buah kedua yang aman dikonsumsi penderita maag adalah pisang. Buah yang memiliki tekstur lembut ini juga memiliki serat yang cukup tinggi serta antioksidan.

Sama seperti apel, pisang juga mengandung zat pektin yang bagus banget buat melindungi lambung dari kerusakan dan juga bisa melancarkan pencernaan. So, buat kamu yang susah BAB, buah ini sangat direkomendasikan.

3. Semangka

Catat, Ini 7 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Maag Saat Puasapixabay.com/ExplorerBob

Buah yang memiliki cita rasa manis dan segar ini bisa melindungi lambung dari gangguan asam lambung lho. Semangka yang memiliki serat dan kadar air yang cukup tinggi juga dipercaya ampuh mengurangi peradangan pada lambung saat asam lambung menyerang.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan membuatnya menjadi jus, agar perutmu  lebih mudah mencernanya. Tapi kamu harus ingat, kamu mesti mengonsumsi secukupnya mengingat kadar airnya yang tinggi bakalan bisa membuat perut kembung kalo berlebihan mengonsumsinya.

Baca Juga: 6 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Makin Sehat

4. Pepaya

Catat, Ini 7 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Maag Saat Puasashutterstock.com/saschanti17

Pepaya merupakan salah satu buah tropis yang kaya akan vitamin dan zat baik lainnya. Salah satu zat baik yang terkandung dalam pepaya adalah enzim papain. Nah,  enzim papain ini berguna untuk mengurangi berbagai penyakit pencernaan, salah satunya maag, sembelit bahkan iritasi pada usus besar.

Gak cuma itu, pepaya juga mengandung vitamin C dan zat likopen  yang berguna untuk melindungi kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Hebat banget kan khasiat buah yang satu ini.

5. Avokad

Catat, Ini 7 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Maag Saat Puasashutterstock.com/KarepaStock

Buah yang sering dikonsumsi dalam bentuk jus ini juga aman lho dikonsumsi bagi penderita maag. Buah avokad emang memilki kandung zat baik, salah satunya lemak nabati.

Gak cuma itu, alasan kenapa avokad aman dikonsumsi bagi penderima maag karena avokad mengandung serat yang cukup tinggi serta bersifat antimikroba. Sehingga buah yang lembut satu ini membuat lambung tetap terlindungi dari asam lambung.

Selain itu, avokad juga mengandung asam folat yang bagus banget dikonsumsi bagi ibu hamil. Soalnya, asam folat yang terkandung dalam avokad bisa mencegah cacat pada janin. 

6. Kelapa muda

Catat, Ini 7 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Maag Saat Puasashutterstock.com/HereAsia

Selanjutnya ada kelapa muda nih. Buah yang satu ini emang menjadi favorit saat berbuka puasa, karena rasa airnya yang segar serta daging buahnya yang manis dan lembut.

Nah, selain segar, ternyata air kelapa muda mengandung zat tanin dan asam laurat yang bersifat antibakteri lho. Sehingga lambung kamu bakal terlindungi dari asam lambung saat berpuasa.

Gak cuma itu, daging buahnya juga tinggi serat sehingga bakalan membuat kamu kenyang lebih lama dan bagus banget dikonsumsi bagi yang sedang diet nih.

7. Buah beri

Catat, Ini 7 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Maag Saat Puasashutterstock.com/IgorNormann

Terakhir, buah yang aman dikonsumsi bagi penderita maag saat puasa adalah buah dari keluarga beri-berian. Yups, buah yang memiliki bentuk imut ini memang sudah terkenal dengan segala khasiatnya bagi tubuh, tak terkecuali bagi kesehatan pencernaan.

Buah beri begitu kaya akan serat dan antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan kulit dan saluran pencernaan, bahkan mampu mengurangi pendarahan di saluran pencernaan (gastrointestinal).

Gak cuma itu, jika kamu rutin mengonsumsi buah beri, bakalan meningkatkan sistem kerja pencernaan, meningkatkan kinerja memori otak, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. 

Nah, sudah tahu kan buah apa aja yang aman bagi kamu yang menderita maag? Semoga informasi tersebut berguna bagi kamu penderita maag yang akan berpuasa.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Ocha Lubis Photo Community Writer Ocha Lubis

I like food so iam interesting for cooking. Iam simple how about u ☺☺☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You