Comscore Tracker

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannya

Masukkan ke dalam menu makan harianmu, ya!

Stres adalah bagian dari kehidupan. Meskipun stres terkadang sulit dihindari, tetapi kamu bisa mengendalikannya. Bila stres terjadi berkepanjangan atau kronis, maka itu bisa berdampak serius pada kesehatan fisik dan emosional.

Melansir Healthline, stres dapat meningkatkan risiko terjadinya depresi dan penyakit jantung. Karena itu, penting untuk mengetahui pereda stres yang efektif untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Menariknya, stres bisa diredakan lewat pola makan. Ada makanan dan minuman tertentu yang punya kualitas untuk menurunkan stres.

Apa saja makanan dan minuman yang punya kemampuan meredakan stres? Simak sampai habis, ya!

1. Bubuk matcha 

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannyapixabay.com/dungthuyvunguyen

Bubuk matcha populer di kalangan penggiat pola makan sehat karena kandungannya yang kaya akan L-theanine, asam amino non-protein dengan sifat pereda stres yang kuat.

Melansir Healthlinematcha adalah sumber asam amino yang lebih baik daripada jenis teh hijau lainnya, karena terbuat dari daun teh hijau yang ditanam di tempat teduh. Proses ini meningkatkan kandungan senyawa tertentu, termasuk L-theanine.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Biological Psychology tahun 2006, disebutkan bahwa asupan oral L-theanine dapat menyebabkan efek anti stres melalui penghambatan eksitasi neuron kortikal.

2. Cokelat hitam  

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannyapixabay.com/StockSnap

Cokelat telah terbukti memiliki efek positif yang kuat pada suasana hati dan umumnya meningkatkan perasaan menyenangkan sekaligus mengurangi ketegangan.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Proteome Research tahun 2009, jenis cokelat dark chocolate mampu mengurangi ekskresi hormon stres kortisol dan katekolamin melalui urine, serta menormalkan sebagian perbedaan terkait stres dalam metabolisme energi (glisin, sitrat, trans-akonit, prolin, beta-alanin) dan aktivitas mikroba usus (hippurate dan p-cresol sulfate) .

Akan tetapi, cokelat memiliki sisi negatif yang lebih bersifat psikologis daripada fisiologis. Mungkin beberapa orang akan merasa bersalah setelah makan cokelat saat diet untuk menurunkan berat badan, karena cokelat mengandung lemak jenuh dan kalori yang tinggi. Jadi berlatih mengontrol porsi adalah suatu keharusan.

Baca Juga: 3 Faktor Utama Penyebab Stres di Indonesia, Pernah Mengalaminya?

3. Ubi jalar 

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannyapixabay.com/Beverly Buckley

Ubi jalar adalah salah satu pengganti bahan makanan pokok seperti nasi dan jagung. Ubi jalar mudah didapatkan dan diolah. Meskipun terkenal sebagai sumber karbohidrat, ada berbagai manfaat ubi jalar bagi kesehatan.

Seperti yang dijelaskan di laman Healthline, makanan sumber karbohidrat yang kaya akan nutrisi utuh seperti ubi jalar dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol.
Meskipun kadar kortisol diatur dengan ketat, stres kronis dapat menyebabkan disfungsi kortisol dan dapat menyebabkan peradangan, nyeri, serta efek samping lainnya.

Ubi jalar merupakan makanan utuh yang menjadi pilihan karbohidrat yang sangat baik. Mereka dikemas dengan nutrisi yang penting untuk respons stres, seperti vitamin C dan kalium.

4. Alpukat 

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannyapixabay.com/Joseph Mucira

Melansir Livestrong, alpukat kaya akan glutathione, zat yang secara khusus menghalangi penyerapan lemak tertentu di usus yang menyebabkan kerusakan oksidatif dan berguna saat menangani radikal bebas yang dipicu oleh stres.

Alpukat menawarkan antioksidan lutein, beta-karoten, dan vitamin E, serta banyak vitamin B seperti folat yang bila kadarnya rendah dalam tubuh berhubungan dengan suasana hati tertekan.

Rachel Begun, M.S., RDN, seorang ahli gizi kuliner, mengatakan bahwa orang mungkin tidak menyadari bahwa alpukat adalah sumber potasium yang baik, kunci nutrisi mineral dalam menjaga tekanan darah yang sehat dan dapat melonjak pada saat stres.

5. Telur 

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannyapixabay.com/Jill Wellington

Telur sering disebut sebagai "multivitamin alami" karena profil nutrisinya yang mengesankan. Melansir Healthline, telur utuh mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk respons stres yang sehat.

Telur utuh juga diketahui mengandung tinggi kolin. Kolin terbukti memainkan peran penting dalam kesehatan otak dan dapat melindungi dari stres.

6. Kerang

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannyapixabay.com/joakant

Kerang mengandung asam amino tinggi seperti taurin, yang dapat meningkatkan mood. Taurin dan asam amino dibutuhkan untuk menghasilkan neurotransmiter seperti dopamin, yang mana ini penting untuk mengatur respons stres.

Berdasarkan sebuah laporan dalam jurnal Advances in Experimental Medicine and Biology tahun 2012, disimpulkan bahwa suplementasi taurin memiliki efek seperti antidepresan dan kemampuan untuk mengubah kaskade persinyalan terkait depresi di hipokampus.

Selain hal itu, kerang juga mengandung vitamin B12, seng, tembaga, mangan, dan selenium, yang semuanya dapat membantu meningkatkan mood.

7. Jahe 

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannyapixabay.com/congerdesign

Mengutip dari Livestrong, jahe merupakan makanan dengan sifat antiinflamasi yang kuat. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh ataupun mencampurkannya ke dalam masakanmu.

Stres menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, dan peradangan adalah pendahulu dari hampir semua kondisi kronis yang ingin kita hindari, termasuk penyakit kardiovaskular, kanker, dan gangguan autoimun.

8. Ikan berlemak 

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannyapixabay.com/Hilde Stockmann

Dijelaskan di laman Healthline bahwa ikan berlemak seperti makerel, haring, salmon, dan sarden sangat kaya akan lemak omega-3 dan vitamin D, nutrisi yang telah terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga dapat membantu tubuh dalam menangani stres. Asupan omega-3 yang rendah dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan depresi. Selain itu, Vitamin D juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental dan regulasi stres. 

Baca Juga: 9 Cara Melepas Stres dengan Cepat dan Mudah, Hitungan Menit!

9. Biji bunga matahari 

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannyapixabay.com/Natthapat Aphichayananthanakul

Biji bunga matahari merupakan sumber yang kaya vitamin E. Vitamin yang larut dalam lemak ini bertindak sebagai antioksidan kuat dan penting untuk kesehatan mental. Asupan rendah nutrisi ini dikaitkan dengan perubahan suasana hati dan depresi.

Biji bunga matahari juga tinggi akan nutrisi penurun stres lainnya, termasuk magnesium, mangan, selenium, seng, vitamin B, dan tembaga.

10. Brokoli 

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannyapixabay.com/silviarita

Brokoli adalah sayuran yang terkenal akan manfaat kesehatannya. Sayuran jenis cruciferous seperti brokoli merupakan sumber makanan terkonsentrasi dari beberapa nutrisi, termasuk magnesium, vitamin C, dan folat yang telah terbukti dapat melawan gejala depresi.

Brokoli juga kaya akan sulforaphane, senyawa sulfur yang memiliki sifat pelindung saraf dan mungkin menawarkan efek menenangkan dan antidepresan.

11. Teh chamomile  

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannyapixabay.com/congerdesign

Teh chamomile adalah salah satu teh herbal yang banyak dikonsumsi. Teh ini terbuat dari bunga chamomile yang telah dikeringkan.

Mengutip Livestrong, teh chamomile dapat membantu meredakan sakit perut dan terbukti efektif melawan kecemasan. Hal ini dikarenakan chamomile mengandung fitokimia yang tampaknya meningkatkan relaksasi dan mengurangi pembengkakan akibat peradangan, meskipun bahan kimia yang tepat belum diidentifikasi.

12. Blueberry 

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannyapixabay.com/Comfreak

Blueberry dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk peningkatan mood.
Seperti yang dijelaskan di laman Healthline, buah berry ini kaya akan antioksidan flavonoid yang memiliki efek antiinflamasi dan pelindung saraf yang kuat. Mereka dapat membantu mengurangi peradangan terkait stres dan melindungi dari kerusakan sel yang berhubungan dengan stres.

Terlebih lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya akan flavonoid, seperti blueberry, dapat melindungi diri dari depresi dan meningkatkan suasana hati.

Merujuk pada sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of The American Dietetic Association tahun 2009, makanan yang kaya flavonoid dan antioksidan telah dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, penyakit jantung koroner, marker inflamasi, serta stres oksidatif. Marker inflamasi dan stres oksidatif adalah prediktor risiko penyakit jantung koroner.

13. Teh putih 

Sedang Stres? 13 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakannyapexels.com/NIKOLAY OSMACHKO

Tanaman Camellia sinensis telah terbukti memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk varietas teh hitam, oolong, hijau dan putih.

L-theanine, senyawa yang ditemukan dalam teh, telah terbukti meningkatkan kadar dopamin kimiawi otak yang menenangkan. Selain itu, teh dapat membantu meningkatkan perhatian, fokus dan mood secara keseluruhan.

Teh juga mengandung kafein yang terbukti meningkatkan kecemasan. Kamu dapat memilih teh putih, sebab jenis teh ini memiliki kandungan kafein yang paling sedikit dan memiliki rasa yang paling lembut, sehingga mudah dinikmati.

Itulah 13 jenis makanan dan minuman yang dapat meredakan stres secara alami. Namun, apabila stres yang dialami berkepanjangan dan memunculkan gejala fisik maupun psikis yang lebih luas, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter maupun ahli kejiwaan seperti psikolog atau psikiater untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: 8 Gejala Kesehatan di Tubuh Ini Ternyata Tanda Kamu Stres

Heni Candra Kirana Photo Verified Writer Heni Candra Kirana

Keep up the spirit and don't give up

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya