Comscore Tracker

Si Mungil Penangkal Radikal Bebas, Ini 5 Manfaat Buah Dewandaru

Pernah coba?

Memiliki nama latin Eugenia uniflora, buah dewandaru yang berasal dari Brasil ini memang masih terdengar asing di telinga masyarakat di Nusantara. Meski demikian, banyak orang memanfaatkan buah dewandaru sebagai puding, kue, jus atau olahan makanan dan minuman lain. Berwarna menggoda, buah dewandaru banyak memiliki khasiat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh.

Mengandung vitamin A, C, karotenoid, flavanoid, dan senyawa fenolik, gak heran kalau buah dewandaru berkhasiat untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan berikut ini.

1. Membantu menjaga daya tahan tubuh

Si Mungil Penangkal Radikal Bebas, Ini 5 Manfaat Buah Dewandaruislampos.com

Daya tahan tubuh yang sehat sudah pasti akan membuat kesehatanmu terjaga dengan baik. Namun, seiring dengan banyaknya aktivitas, daya tahan tubuh bisa saja ambruk jika kamu tidak pandai-pandai menjaga kesehatan. Saat daya tahan tubuh sudah berada di titik terendah, kamu bisa mengonsumsi buah dewandaru dengan berbagai olahannya yang beragam.

2. Mengatasi rasa sakit akibat reumatik

Si Mungil Penangkal Radikal Bebas, Ini 5 Manfaat Buah Dewandaruktar.com

Penyakit reumatik dewasa ini tak hanya menjangkiti orang tua saja, lho. Meski masih muda, kamu bisa saja terjangkit penyakit tersebut jika melalaikan kesehatanmu sehari-hari.

Ketika kamu mulai menderita gejala reumatik, kamu bisa menggunakan buah dewandaru sebagai pengobatan. Kandungan dewandaru dipercaya bisa menurunkan rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh akibat gejala reumatik.

Baca Juga: 7 Resep Salad Buah Tanpa Mayonaise dan Susu Kental Manis, Sehat Abis! 

3. Anti kanker dan tumor

Si Mungil Penangkal Radikal Bebas, Ini 5 Manfaat Buah Dewandarunhs.uk

Buah dewandaru juga dipercaya sebagai obat pencegah kanker dan tumor yang belakangan mulai menyerang banyak orang. Dalam kasus yang lebih ekstrem, kanker dan tumor bisa berakibat fatal pada kesehatan.

Sebelum hal buruk tersebut terjadi, mengonsumsi berbagai olahan buah dewandaru bisa membantu mencegah terjadinya kanker dan tumor.

4. Ampuh mengobati diare

Si Mungil Penangkal Radikal Bebas, Ini 5 Manfaat Buah Dewandaruhealthline.com

Selain daun jambu klutuk, biji buah dewandaru juga sudah terbukti berkhasiat sebagai pereda diare sejak dulu. Dikonsumsi secara teratur, biji buah dewandaru sangat efektif mengatasi diare yang membuat keseharianmu terganggu. Diare berkepanjangan yang tidak ditangani dengan tepat akan membuat saluran pencernaanmu terganggu.

5. Membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Si Mungil Penangkal Radikal Bebas, Ini 5 Manfaat Buah DewandaruPixabay.com/RobinHiggins

Di tengah gaya hidup dan pola makan yang tak sehat seperti sekarang ini, banyak orang bisa dengan mudah terjangkiti kolesterol tinggi. Akibatnya, tekanan darah menjadi meningkat dan penyakit lain bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuhmu. Untuk mengatasi kolesterol dan tekanan darah tinggi, buah dewandaru menjadi salah satu solusi untuk mengobatinya.

Biasa disebut sebagai ceremai Belanda yang memiliki banyak khasiat, masih ragukah kamu untuk mengonsumsinya?

Baca Juga: 6 Kandungan Dalam Buah Nanas yang Baik Untuk Tubuh, Kaya Manfaat!

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya