Comscore Tracker

Penting! 5 Area ini Tidak Boleh Terlewatkan Saat Mencuci Tangan

Cuci tangan bagian dari pencegahan virus corona loh!

World Health Organization (WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah memberikan informasi mengenai cara pencegahan virus corona salah satunya dengan sering mencuci tangan. Mencuci tangan yang baik dan benar dapat menjadi salah satu pencegahan yang preventif.

Namun, masyarakat masih banyak yang belum melakukan prosedur mencuci tangan menurut WHO dan CDC. Bahkan, beberapa area penting sering terlewatkan saat mencuci tangan. Alhasil meskipun telah mencuci tangan, virus dan bakteri tetap tidak hilang. Nah, agar hasilnya maksimal kamu tidak boleh melewatkan area-area berikut ini saat mencuci tangan.

1. Telapak tangan adalah bagian utama yang harus dibersihkan

Penting! 5 Area ini Tidak Boleh Terlewatkan Saat Mencuci Tanganpixabay/Couleur

Bagian tangan yang paling sering bersentuhan langsung dengan benda-benda di sekitar adalah bagian telapak tangan. Saat bersalaman misalnya, area yang menyentuh tangan orang lain adalah bagian  telapak tangan. Sehingga, bakteri dan virus lebih banyak menempel pada area ini. Oleh karena itu, bagian ini amat sangat penting untuk dibersihkan.

2. Area punggung dan sela-sela jari tangan

Penting! 5 Area ini Tidak Boleh Terlewatkan Saat Mencuci Tanganunsplash.com/melissa

Pada area punggung dan sela-sela jadi tangan tidak boleh dilewatkan loh! Pasalnya, sering kali kita tidak menyadari jika area ini juga menyentuh benda-benda di sekeliling kita. Sehingga area punggung dan sela-sela jari tangan juga wajib dicuci hingga bersih. Caranya yaitu dengan menggosok bagian punggung dan sela-sela jari tangan secara bergantian.

Baca Juga: 5 Fakta Ignaz Semmelweis, Dokter Pelopor Cuci Tangan yang Benar

3. Ibu jari tangan juga penting untuk dicuci

Penting! 5 Area ini Tidak Boleh Terlewatkan Saat Mencuci Tanganpexels/Anna Shvets

Saat mencuci tangan terkadang hanya pada area telapak tangan dan sela-sela jari tangan saja. Padahal ibu jari tangan juga perlu dicuci dengan bersih. Cara mencuci tangan area ini yaitu dengan menggenggam area ibu jari, kemudian memutar-mutar genggaman pada ibu jari dengan telapak tangan secara penuh.

4. Area bawah kuku paling sering terlewatkan

Penting! 5 Area ini Tidak Boleh Terlewatkan Saat Mencuci Tanganunsplash/purzlbaum

Siapa yang suka lupa mencuci area ini? Bagian bawah kuku sering menjadi area yang terlupakan. Karena merasa sudah bersih saat mencuci area telapak tangan. Jangan lupa, bagian ini sangat penting untuk dicuci karena bakteri dan virus bisa bersembunyi di area ini. Cara mencucinya yaitu dengan menggosok-gosokkan area  bawah kuku pada telapak tangan secara bergantian.

5. Terakhir, area pergelangan tangan

Penting! 5 Area ini Tidak Boleh Terlewatkan Saat Mencuci Tanganunsplash.com/melissa

Bagian terakhir saat mencuci tangan adalah area pergelangan tangan. Area ini juga harus ikut dicuci bersih agar bakteri dan virus tidak mempunyai celah untuk bersembunyi. Cara mencucinya yaitu dengan menggenggam pergelangan tangan kemudian digosok memutar. Lakukan secara bergantian bagian kanan dan kiri.

Itulah 5 area di tangan yang tidak boleh terlewatkan saat mencuci tangan. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun agar hasilnya maksimal. Yuk, mulai mencuci tangan dengan benar sebagai salah satu bentuk pencegahan virus corona.

Baca Juga: Waspada Corona, 6 Artis Dunia Ini Bikin Video Ajakan Cuci Tangan

Imas Nuraeni Photo Writer Imas Nuraeni

"Ingat! Suatu hal besar dimulai dari hal terkecil. Jadi, mulailah dengan hal hal kecil termasuk dalam berkarya"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya