Comscore Tracker

5 Kebiasaan Ini Tingkatkan Resiko Kanker Payudara

Segera hentikan ya!

Kanker payudara merupakan salah satu pembunuh untuk para perempuan. Kanker ini tergolong sulit untuk diobati meskipun kini teknologi kian canggih. Ternyata kanker payudara bisa dipicu oleh kebiasaan kita sehari-hari yang seringnya kita gak sadar. Memang gaya hidup sangat berperan penting dan bisa saja kita setiap harinya memiliki resiko yang tinggi terkena kanker payudara bila 5 kebiasaan berikut ini sering kita lakukan!

1. Paparan cahaya yang banyak saat malam hari

5 Kebiasaan Ini Tingkatkan Resiko Kanker PayudaraPexels/Pixabay

Orang-orang yang bekerja di malam hari memang memiliki resiko kanker payudara lebih tinggi daripada orang-orang yang bekerja di siang hari. Apalagi bila kita sering terpapar cahaya buatan seperti cahaya komputer, tentunya kita makin beresiko. Hal ini disebabkan ketika malam hari sebenarnya tubuh memproduksi hormon melatonin yang mengatur berbagai fungi tubuh dan salah satu fungsinya adalah mengatur siklus tidur. Ketika terpapar cahaya seperti cahaya komputer, produksi melatonin menjadi tidak maksimal dan resiko kanker payudara pun meningkat.

2. Malas berolahraga

5 Kebiasaan Ini Tingkatkan Resiko Kanker PayudaraPexels/Josh Sorenson

Pada dasarnya memang perempuan sering malas berolahraga dan menyebabkan lemak menjadi bertumpuk di dalam tubuh. Kadar lemak yang tinggi tersebut menyebabkan kadar estrogen pun meningkat. Ketika payudara terpapar hormon estrogen secara berlebih kemungkinan resiko kanker payudara pun menjadi meningkat. Nah oleh sebab itu biasakan selalu berolahraga meskipun hanya sebentar saja.

3. Makan makanan yang dibakar

5 Kebiasaan Ini Tingkatkan Resiko Kanker PayudaraPexels/Rawpixel

Berbagai masakan yang dibakar seperti sate, steak dan yang lainnya memang terasa gurih. Tapi ternyata makanan yang dibakar dan menggunakan suhu tinggi seperti ini menyebabkan terbentuknya suatu senyawa policyclic aromatic hydrokarbon dan senyawa ini memicu terjadinya kanker payudara. Oleh sebab itu sebaiknya jangan sering-sering makan makanan yang dibakar ya dan imbangi dengan asupan buah dan sayur yang banyak sebagai antioksidan.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Sepele yang Gak Disangka Ini Dapat Memicu Kanker Payudara

4. Memakai kosmetik dengan kadar senyawa kimia yang tinggi

5 Kebiasaan Ini Tingkatkan Resiko Kanker Payudaraglamlipstick.com/

Jika kamu menyangka kosmetik tidak menyebabkan resiko kanker payudara jelas kamu salah besar. Berbagai kosmetik yang mengandung senyawa paraben dan ftalates ternyata bisa meningkatkan resiko terkena kanker termasuk kanker payudara. Meskipun para ahli masih memperdebatkan hal ini dan membuat ambang batas atau limit penggunaan bagi kedua senyawa ini, tak ada salahnya untuk berhati-hati.

5. Selalu diam dalam ruangan

5 Kebiasaan Ini Tingkatkan Resiko Kanker PayudaraPixabay/firmbee

Biasanya pekerja kantoran memang lebih sering diam dalam ruangan dan kekurangan vitamin D akibat tidak terpapar sinar matahari. Tetapi ternyata vitamin D ini mampu menurunkan resiko terkena kanker payudara bagi perempuan. Oleh sebab itu usahakan untuk menikmati sinar matahari di pagi hari meski hanya beberapa menit saja.

Nah mulai saat ini berhati-hatilah!

Baca Juga: Jangan Lengah, 8 Gejala Kanker Hati yang Harus Diwaspadai Sejak Dini 

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya