Comscore Tracker

Ini Cara Memakai Test Pack yang Benar, Cek Kehamilan secara Akurat!

Ada waktu dan cara tertentu yang sebaiknya kamu ikuti

Salah satu cara mengecek kehamilan yang paling mudah dan terjangkau adalah dengan test pack. Alat pengecekan yang satu ini juga menawarkan akurasi yang tinggi, yaitu 99 persen. Jadi, kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang salah sangatlah kecil.

Akan tetapi, hasil tes kehamilan yang akurat dengan test pack baru bisa diperoleh ketika kamu menggunakannya secara tepat. Kamu harus tahu kapan waktu terbaik untuk cek, cara mengambil sampel, dan mengoperasikan test pack

Nah, agar tidak keliru, berikut ini semua yang harus kamu tahu mengenai cara pemakaian test pack. Simak, yuk!

1. Test pack bekerja dengan cara mendeteksi hormon kehamilan pada urine

Ini Cara Memakai Test Pack yang Benar, Cek Kehamilan secara Akurat!immediate.co.uk

Secara umum, semua tes kehamilan dilakukan dengan mendeteksi keberadaan human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon tersebut diproduksi tubuh ketika sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding uterus. 

Hormon hCG biasanya ditemukan di dalam urine dan darah. Itulah kenapa sampel untuk test pack berupa urine. Sementara sampel tes kehamilan di rumah sakit biasanya menggunakan sampel darah. 

2. Waktu terbaik untuk mengecek kehamilan

Ini Cara Memakai Test Pack yang Benar, Cek Kehamilan secara Akurat!mydreamsymbolism.com

Waktu pengecekan kehamilan dengan test pack memengaruhi akurasi alat tersebut. Lalu, kapan saat yang tepat untuk memakainya? Berikut ini hal yang menandai kamu sebaiknya segera cek kehamilan dengan test pack:

  • Tunggu setidaknya 21 hari setelah kamu berhubungan seksual tanpa kondom dan tidak menggunakan alat kontrasepsi;
  • Kamu sudah telat haid selama beberapa hari;
  • Kamu mengalami kram seperti saat menstruasi, tapi tak ada darah yang keluar;
  • Payudara terasa sakit, membesar, dan tidak nyaman;
  • Muncul gejala seperti mual, tak nafsu makan, sering buang air kecil, dan kelelahan.

Jika kamu terlalu awal mengecek kehamilan, kemungkinan besar hCG belum terbentuk. Ini akan mengakibatkan terjadinya kesalahan tes atau false negative.

3. Beberapa hal yang harus kamu cek sebelum menggunakan test pack

Ini Cara Memakai Test Pack yang Benar, Cek Kehamilan secara Akurat!glamour.com

Nah, sebelum kamu menggunakan test pack, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Melansir laman Verywell Family, berikut ini di antaranya:

  • Belilah test pack dari toko besar yang tepercaya. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan barang baru, bukan yang telah lama ada di toko tersebut;
  • Test pack memiliki tanggal kedaluwarsa. Jadi, kamu harus jeli mengeceknya;
  • Pastikan kamu membaca seluruh petunjuknya dengan baik karena terkadang ada test pack yang cara pemakaiannya berbeda;
  • Siapkan semua peralatan yang kamu butuhkan. Mulai dari stopwatch, tisu, wadah untuk urine, dan lain sebagainya;
  • Sebaiknya lakukan tes di pagi hari setelah bangun tidur. 

Baca Juga: Mitos atau Fakta, 7 Ciri Hamil Anak Perempuan yang Banyak Dipercaya

4. Cara pemakaian test pack yang benar

Ini Cara Memakai Test Pack yang Benar, Cek Kehamilan secara Akurat!insider.com

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, kamu sebaiknya melakukan tes kehamilan setelah bangun tidur. Menurut penjelasan laman Healthline, urine di pagi hari adalah yang paling terkonsentrasi, sehingga kadar hCG lebih tinggi di saat itu. 

Pada umumnya, ada dua cara untuk meletakkan sampel urine pada test pack. Urine bisa ditampung terlebih dahulu di dalam wadah atau kamu langsung mengeluarkannya di atas strip uji.

Jika anjuran pada test pack mengatakan bahwa kamu harus menampung urine terlebih dahulu, teteskan cairan tersebut ke atas strip. Jika tidak tersedia pipet, kamu bisa mencelupkan strip ke dalam urine selama 5-10 detik. 

Jika kamu diinstruksikan untuk buang air kecil secara langsung ke atas strip, yang harus kamu lakukan adalah letakkan alat tersebut di dekat ureter. Keluarkan urine secara perlahan selama 5-10 detik. Pastikan strip benar-benar terkena cairan tersebut. 

Setelah itu, letakkan test pack di permukaan yang datar dengan area indikator menghadap ke atas. Tunggu hasil selama kurang lebih 5-10 menit. 

5. Cara membaca test pack secara tepat

Ini Cara Memakai Test Pack yang Benar, Cek Kehamilan secara Akurat!babygogo.in

Pada umumnya, setiap test pack memiliki indikator hasil yang berbeda. Hasil yang positif biasanya ditunjukkan dengan dua garis merah atau simbol plus (+), sementara hasil negatif ditunjukkan dengan satu garis, tidak ada garis sama sekali, atau simbol (-). 

Namun, terkadang hasil menunjukkan garis yang samar. Jika ini terjadi, sebaiknya ulangi proses pengecekan dengan test pack lain agar kamu tidak salah sangka. 

6. Jika hasil positif...

Ini Cara Memakai Test Pack yang Benar, Cek Kehamilan secara Akurat!wexnermedical.osu.edu

Apa yang harus dilakukan jika hasil menunjukkan bahwa kamu positif hamil? Kamu sebaiknya langsung konsultasi ke dokter untuk mengonfirmasi hasil sekaligus untuk mengecek kandungan.

Dokter akan memberikanmu anjuran serta pantangan yang sebaiknya dilakukan saat hamil. Mulai dari cara mengatasi morning sickness, peringatan gejala apa saja yang kemungkinan akan timbul, anjuran makan, olahraga, dan lain sebagainya.

7. Jika hasil negatif...

Ini Cara Memakai Test Pack yang Benar, Cek Kehamilan secara Akurat!plussizebirth.com

Jika hasil test pack menunjukkan bahwa kamu tidak hamil, kamu sebaiknya menunggu selama 3-5 hari setelahnya. Kalau kamu tak kunjung menstruasi, sebaiknya lakukan tes ulang atau coba periksa ke dokter. Sebab, ada kemungkinan terjadinya false negative di tes pertama. 

Seperti itu cara pemakaian test pack secara tepat agar hasil yang didapatkan lebih akurat. Proses ini sering kali membuat perasaanmu campur aduk. Jadi, jika kamu tak sanggup melakukannya sendirian, ajaklah pasangan, teman, atau keluarga untuk menemanimu. 

Baca Juga: 10 Cara Alami Tes Kehamilan, Mudah dan Murah Tanpa Test Pack

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya