Comscore Tracker

8 Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Bawah Secara Cepat dan Efektif 

Sakit punggung dapat mengganggu aktivitasmu

Sakit punggung bagian bawah adalah masalah yang cukup umum terjadi. Para pekerja kantoran dan mereka yang sering beraktivitas dengan duduk pasti mengalaminya. Bahkan menurut statistik dari Science Daily, sakit punggung adalah penyebab terbanyak ke-5 kenapa orang pergi ke dokter.

Apakah kamu sedang mengalami hal yang serupa? Ada sejumlah cara yang bisa kamu coba untuk meredakan rasa sakit dan nyeri yang kamu alami. Yuk, simak berikut ini! Jangan lupa diterapkan, ya!

1. Gunakan kompres dingin dan panas

8 Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Bawah Secara Cepat dan Efektif express.co.uk

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengompres area yang terasa sakit dengan kompres dingin dan panas. Dilansir dari Healthline, metode ini ampuh untuk mengurangi inflamasi yang terjadi di bagian dalam.

Namun kamu harus memerhatikan caranya. Ketika rasa sakit pertama muncul, sebaiknya kompres dengan es untuk mencegah radang semakin menyebar. Keesokan harinya, gunakan kompres panas agar punggung terasa lebih nyaman.

2. Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium

8 Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Bawah Secara Cepat dan Efektif wehaacdn.com

Masalah sakit punggung sering disebabkan oleh tulang atau otot yang kurang ternutrisi. Atau bisa juga karena kita salah posisi saat duduk, berdiri, dan tidur. Salah satu cara untuk memperbaiki kondisi tersebut adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya kalsium.

Zat tersebut memang bisa membantu memperkuat tulang dan gigi. Ia akan memperbarui sel-sel tulang yang rusak. Bukan hanya kalsium, kamu juga sebaiknya banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan fosfor dan vitamin D. contohnya, susu, yogurt, keju, cod liver oil, salmon, dan lain-lain.

3. Perhatikan posturmu saat tidur

8 Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Bawah Secara Cepat dan Efektif thewirecutter.com

Salah posisi tidur adalah salah satu penyebab dari sakit punggung. Uniknya, ini akan membentuk siklus yang tidak mengenakkan. Sakit punggung akan membuat kita sulit untuk tidur. Lalu, kekurangan tidur akan memperparah kondisi kita.

Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara tidur yang baik ketika masalah tersebut menghampiri. WebMD menyarankan agar kita meletakkan bantal yang tidak terlalu tebal di bawah lutut. Dengan begitu, tulang belakang kita akan berada di posisi netral. 

Posisi tidur lain yang bisa kamu coba adalah miring. Namun kamu harus meletakkan bantal di antara kedua lututmu agar punggung terasa lebih nyaman. 

4. Gunakan alas kaki yang nyaman

8 Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Bawah Secara Cepat dan Efektif npr.org

Penyebab lain dari sakit punggung adalah terlalu sering menggunakan alas kaki yang tidak nyaman. Kasus yang sering terjadi adalah pemakaian high heels yang terlalu lama. Studi tahun 2015 dari PSG Institute of Medical Science and Research menemukan hubungan yang kuat antara keduanya. 

Kenapa ini dapat terjadi? Ternyata high heels dapat memicu kesalahan postur tulang belakang karena tekanan kaki terhadap tanah tidak seimbang. Maka dari itu, jika kamu sedang mengalami sakit punggung, sebaiknya istirahatkan high heels-mu dan gunakan alas kaki yang lebih nyaman. 

Baca Juga: 5 Posisi Tidur yang Bagus untuk Punggung dan Terasa Nyaman, Coba deh!

5. Hindari duduk terlalu lama

8 Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Bawah Secara Cepat dan Efektif rehabaccess.com

Duduk di meja kerja dalam waktu berjam-jam akan memperbesar risiko cedera punggung. Masalah ini banyak dialami oleh pekerja kantoran dan mahasiswa. Untuk menghindarinya, sebisa mungkin berikan waktu istirahat pada tubuhmu setiap beberapa jam. Gunakan waktu tersebut untuk berjalan-jalan, stretching, atau bahkan merebahkan tubuh.

6. Ubah area kerja agar kita duduk dengan nyaman

8 Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Bawah Secara Cepat dan Efektif hcah.in

Cara berikutnya adalah dengan mengevaluasi area kerja dan cara duduk. Sering kali kita tidak sadar bahwa meja dan kursi yang kita tempati membuat postur tubuh berubah. Misalnya, meja terlalu rendah atau tinggi, kursi terlalu keras, dan lain sebagainya. 

Posisi yang pas untuk duduk adalah meja tidak membuat kita menunduk atau menengadah. Layar laptop atau komputer berada lurus di depan mata. Benda-benda juga berada di dekat tangan, tidak terlalu jauh. Coba amati area kerjamu, apakah sudah seperti itu?

7. Lakukan stretching

8 Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Bawah Secara Cepat dan Efektif Berbagai Sumber

Ada beberapa cara stretching yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit punggung. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Child’s pose;
  • Posisi pull-up (sphinx);
  • Bridges;
  • Plank, dan lain-lain.

Untuk mengetahui cara melakukannya dengan jelas, kamu bisa lihat gambar di atas. Pastikan untuk mempraktikkan gerakan tersebut dengan rutin, ya. Cukup luangkan waktu 30 menit hingga satu jam per harinya.

8. Minum obat untuk mengurangi gejala

8 Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Bawah Secara Cepat dan Efektif rd.com

Metode terakhir ini tidak direkomendasikan untuk sehari-hari. Namun jika memang sakit punggung telah sangat parah dan mengganggu, minumlah obat pereda nyeri. Misalnya ibuprofen, antidepresan, dan nonsteroid anti-inflammatory drugs (NSAID). 

Itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit dan nyeri punggung. Jika semua cara tidak mempan, ada baiknya untuk periksa ke dokter, ya. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan terapi yang lebih tepat sasaran.  

Baca Juga: Penyebab Sakit Punggung Bagian Bawah Bisa Jadi karena Gangguan Saraf

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya