Comscore Tracker

Manfaat Memakai Baju Olahraga yang Tepat saat Workout, Bikin Semangat!

Pakaian olahraga yang tepat akan menunjang performa fisik

Mayoritas orang tidak terlalu memerhatikan baju yang dipakainya untuk berolahraga. Asalkan ada kaus atau jersey dan celana training, workout pun siap untuk dimulai. Bahkan tidak sedikit orang yang mengandalkan baju seadanya yang ada di tumpukan paling atas dalam lemari. 

Sebenarnya hal ini tidak ada salahnya kok. Namun apa yang kita kenakan saat berolahraga bisa menjadi penunjang motivasi dan performa fisik, lho. Berikut ini sejumlah manfaat yang akan kamu dapatkan ketika memakai baju olahraga yang tepat saat workout!

1. Baju olahraga yang tepat dan nyaman akan menunjang performa fisik

Manfaat Memakai Baju Olahraga yang Tepat saat Workout, Bikin Semangat!Dok. Miniletics

Ketika berolahraga, kita pasti akan mengeluarkan banyak keringat. Di sinilah pemilihan pakaian menjadi begitu penting. Baju yang terlalu tebal akan membuat badanmu berat untuk bergerak. Sementara baju dengan bahan terlalu tipis akan membuatmu tak nyaman karena tampak transparan saat terkena keringat. 

Melalui konferensi pers pada Selasa (9/2/2021), Billy Handoyo, founder local brand sportswear bernama Miniletics menerangkan beberapa indikator pakaian olahraga yang dapat menunjang performa kita. Ia menyebutkan bahwa baju harus terbuat dari bahan yang ringan, lentur, menyerap keringat namun tetap breathable, serta stretch

Ia menambahkan bahwa bahan yang terlalu menyerap keringat seperti katun tidak disarankan karena akan membuat baju terasa berat. Gerakan pun menjadi tak bebas sehingga efektivitas olahraga menurun. Sementara bahan yang sama sekali tak menyerap keringat seperti polyester akan membuat tubuh kita kedinginan dan akhirnya masuk angin. 

"Nilon adalah bahan yang menyerap keringat tapi juga cepat keringnya. Jadi dia tidak berat. Ini akan sangat memengaruhi performa teman-teman saat berolahraga. Sementara spandex dibutuhkan agar pakaian stretch sehingga membuat kita nyaman," kata Billy. 

2. Untuk perempuan, pemakaian sport bra sangat disarankan

Manfaat Memakai Baju Olahraga yang Tepat saat Workout, Bikin Semangat!Dok. Miniletics

Selanjutnya, pemakaian sports bra juga sangat disarankan untuk perempuan yang ingin berolahraga. Sebab aktivitas fisik dapat membuat payudara bergerak ke atas dan ke bawah. Hal ini akan membuat area tersebut terasa sakit dan tidak nyaman. 

Sports bra hadir untuk menjadi solusi dari masalah tersebut. Jenis bra yang satu ini akan mengurangi gerakan payudara saat berolahraga. Dalam jangka panjang, pemakaiannya juga bisa mengurangi risiko payudara yang mengendur. 

Billy melanjutkan bahwa perempuan harus mengenakan sports bra dengan ukuran yang benar-benar pas. Begitu pula dengan pemilihan bahannya. Carilah sports bra yang nyaman dikenakan dan benar-benar mampu memeluk tubuh bagian atas dengan sempurna.

Baca Juga: 7 Makanan Pengganti Nasi Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

3. Pakaian olahraga yang tepat akan bikin kita makin semangat

Manfaat Memakai Baju Olahraga yang Tepat saat Workout, Bikin Semangat!Dok. Miniletics

Lebih lanjut, pemakaian baju olahraga yang tepat juga berpengaruh terhadap motivasi kita. Sebenarnya hal ini bekerja seperti sugesti. Dengan memakai baju olahraga, tubuh akan terdorong untuk benar-benar workout. Lain halnya ketika kita berolahraga sambil mengenakan piyama atau baju rumahan. 

"Most of the time, orang-orang salah memilih pakaian olahraga seperti pakai kaus dan lain-lain. Ini bisa membuat kita malas nantinya. Tapi kalau kita punya pakaian yang sesuai, akan terasa lebih semangat," terang Billy. 

4. Indikator pakaian olahraga yang tepat

Manfaat Memakai Baju Olahraga yang Tepat saat Workout, Bikin Semangat!Dok. Miniletics

Sebagai founder brand sportswear, Billy mengemukakan beberapa indikator pakaian olahraga yang tepat untuk menunjang performa dan motivasi kita. Berikut ini di antaranya:

  • Nyaman dipakai sehingga gerakan tubuh bisa lebih bebas;
  • Menyerap keringat sekaligus cepat kering;
  • Terbuat dari bahan yang stretch atau lentur;
  • Ringan dan pas di badan.

Seperti itulah manfaat yang akan kamu dapatkan jika menggunakan pakaian yang tepat untuk berolahraga. Performa fisik semakin meningkat, kamu juga jadi lebih semangat. 

Baca Juga: Mandi Air Hangat vs Air Dingin, Mana yang Lebih Sehat?

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya