Comscore Tracker

7 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D, Jangan Sampai Keburu Kena Gangguan

Ada banyak penyakit yang berakar dari kekurangan vitamin D

Di antara semua vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, vitamin D adalah salah satu yang sering kali terabaikan. Kita selalu berusaha untuk mencukupi kebutuhan vitamin A, B, C, dan E, tapi jarang berbicara soal vitamin D.

Padahal sebenarnya zat tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk hidup kita. Tak seperti yang lain, vitamin D berfungsi seperti hormon. Setiap sel tubuh pasti memiliki reseptor untuknya. Inilah salah satu alasan kenapa zat tersebut sangat penting. 

Nah, kira-kira apakah kamu sudah mencukupi kebutuhan vitamin D? Yuk, kenali tanda-tanda kita kekurangan zat tersebut di sini!

1. Sering terserang penyakit atau infeksi

7 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D, Jangan Sampai Keburu Kena Gangguankeckmedicine.org

Tanda pertama yang menunjukkan bahwa kita kekurangan vitamin D adalah sering terserang penyakit atau infeksi. Kenapa seperti itu? Menurut penelitian yang diterbitkan HHS Public Access tahun 2012, salah satu peran penting vitamin D adalah memperkuat sistem imun kita.

Maka tak heran jika kita tak mendapatkan asupan tersebut, sistem imun terus melemah. Penyakit yang biasanya menyerang adalah flu, demam, batuk, bronkitis, atau bahkan pneumonia.

2. Terus merasa lelah

7 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D, Jangan Sampai Keburu Kena Gangguandocfr.doc-media.fr

Selain terserang penyakit, kita akan terus merasa lelah jika tidak mendapatkan vitamin D dengan cukup. Dilansir dari Healthline, biasanya tubuh akan terasa lemah, pusing, dan sulit untuk bangun di pagi hari.

Ini terjadi karena pengaruh vitamin D terhadap sistem imun. Ketika imun lemah, siklus tidur kita pun terganggu. Akhirnya, tubuh terasa lelah dan lemas di siang hari.

3. Punggung terasa sakit

7 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D, Jangan Sampai Keburu Kena Gangguanmindful.org

Vitamin D juga berperan penting dalam kesehatan otot dan tulang. Zat tersebut membantu proses penyerapan kalsium untuk digunakan oleh tubuh. Maka dari itu, ketika kita kekurangan vitamin D, salah satu keluhan yang dirasakan adalah sekujur tubuh terasa sakit dan nyeri. Khususnya pada bagian punggung.  

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Kamu Butuh Sinar Matahari untuk Asupan Vitamin D

4. Kerontokan rambut

7 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D, Jangan Sampai Keburu Kena Gangguanendocrineweb.com

Pada umumnya, orang menganggap bahwa rambut rontok disebabkan oleh stres. Memang tak salah, tapi terdapat sebab lain yang mungkin terjadi. Salah satunya adalah kekurangan vitamin D.

Menurut studi tahun 2011 dari Stanford University School of Medicine, kekurangan vitamin D berhubungan erat dengan penyakit alopecia aerata. Ini merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan rambut rontok hingga pasien mengalami kebotakan. 

5. Sulitnya luka untuk sembuh

7 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D, Jangan Sampai Keburu Kena Gangguancpcmg.net

Saat ada bagian yang terluka dan berdarah, tubuh akan bekerja keras untuk menutupnya dengan cara menumbuhkan jaringan. Hal ini akan sulit untuk dilaksanakan tanpa bantuan dari sistem imun. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kekuatan imun bergantung pada kadar vitamin D dalam tubuh kita. Jika kita kekurangan zat tersebut, maka penyembuhan luka dan bekas operasi akan memakan waktu lebih lama.

6. Depresi

7 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D, Jangan Sampai Keburu Kena Gangguangq-magazine.co.uk

Vitamin D ternyata juga memiliki hubungan dengan kondisi mood kita. Dilansir dari Healthline, setidaknya 65 persen studi menemukan bahwa kekurangan vitamin D dapat memicu kerentanan depresi. Khususnya pada orang lanjut usia. Namun sayangnya, para peneliti masih belum bisa menemukan apa penyebab dari fenomena tersebut.

7. Tanpa tanda sama sekali

7 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D, Jangan Sampai Keburu Kena Gangguanthesports.physio

Kondisi di atas memang bisa menjadi tanda kurangnya kadar vitamin D. Namun sering kali, tubuh kita tidak menampakkan reaksi apa pun dalam jangka waktu yang lama. Jangan senang dulu. Justru ini adalah hal yang buruk. 

Jika ini yang terjadi, kita tidak bisa mengantisipasinya karena merasa baik-baik saja. Nantinya secara tiba-tiba muncullah berbagai komplikasi karena kekurangan vitamin D.Contohnya, berbagai penyakit autoimun, osteoporosis, penyakit jantung, dan lain sebagainya. 

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, ada berbagai cara yang bisa kita lakukan. Pertama, dengan mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup. Kemudian, kita juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari berbagai makanan. Contohnya, susu, hati sapi, jeruk, cumi-cumi, udang, sereal, dan lain-lain.

Pastikan kamu mendapatkan dosis vitamin D yang cukup, ya! Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir mengenai berbagai penyakit yang mungkin timbul karenanya. 

Baca Juga: Berkenalan dengan 8 Jenis Vitamin B, Vitamin Penting untuk Tubuh

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya