Comscore Tracker

5 Rekomendasi Buah yang Dapat Bantu Atasi Tekanan Darah Rendah

Perbanyak konsumsinya agar terhindar dari hipotensi

Tekanan darah rendah atau juga dikenal hipotensi adalah kondisi ketika tekanan darah berada di bawah angka yang seharusnya. Kondisi ini ditandai dengan hasil pemeriksaan tekanan darah yang kurang dari 90/60 mmHg.

Menurut keterangan dari laman WebMD, seseorang yang mengalami hipotensi juga akan merasakan pusing seperti berkunang-kunang, lemas, bahkan jatuh pingsan. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa pun dan disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya saja, kehamilan, ketidakseimbangan hormon, efek obat-obatan tertentu, hingga penyakit jantung.

Jangan khawatir dulu jika kamu yang mengalami masalah kesehatan tersebut. Sebab, ada beberapa buah segar dan nikmat yang dapat bantu mengatasi hipotensi. Dirangkum dari Medicine Net, Healthline, dan Mayo Clinic, berikut ini daftar lengkapnya!

1. Semangka

5 Rekomendasi Buah yang Dapat Bantu Atasi Tekanan Darah Rendahilustrasi semangka (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dehidrasi sering kali menjadi penyebab hipotensi yang tak disadari. Padahal, ketika tubuh kekurangan asupan cairan maka volume darah juga ikut berkurang. Hal inilah yang nantinya berdampak pada menurunnya tekanan darah.

Salah satu buah yang dapat membantu mengatasi hipotensi adalah semangka. Pasalnya, daging buah yang masih satu kerabat dengan mentimun tersebut mengandung lebih dari 90 persen air. Oleh sebab itulah, buah ini cocok dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah.

2. Pisang

5 Rekomendasi Buah yang Dapat Bantu Atasi Tekanan Darah Rendahilustrasi pisang (pexels.com/Aleksandar Pasaric)

Kaya akan karbohidrat, pisang dapat menjadi sumber energi yang sekaligus tinggi serat sehingga memberikan efek kenyang yang lebih lama. Tak heran jika buah berwarna kuning ini sering masuk ke dalam menu diet.

Terutama, buah pisang juga mengandung kalium dan asam folat. Kedua nutrisi ini diketahui mampu membantu mengontrol tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung. Kandungan B6 di dalamnya pun dapat mengurangi rasa mual saat hamil.

Baca Juga: 5 Mitos tentang Tekanan Darah Tinggi yang Perlu Kamu Tahu

3. Alpukat

5 Rekomendasi Buah yang Dapat Bantu Atasi Tekanan Darah Rendahilustrasi alpukat (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Berkat kandungan vitamin B12 serta asam folat yang melimpah, buah alpukat mampu mengontrol tekanan darah serta membantu mengatasi anemia. Perlu kamu ketahui jika kedua nutrisi ini dapat membantu pembentukan sel darah merah.

Sebab, tekanan darah yang rendah dapat dipicu oleh kurangnya sel darah merah atau anemia. Nah, cara paling disukai banyak orang saat mengonsumsi alpukat adalah dalam bentuk jus. Namun, tetap perhatikan takaran gula tambahan yang akan diberikan ke dalam minumanmu

4. Jeruk

5 Rekomendasi Buah yang Dapat Bantu Atasi Tekanan Darah Rendahilustrasi jeruk (pexels.com/Pixabay)

Rasanya yang manis segar ataupun sedikit masam membuat jeruk menjadi salah satu buah yang paling banyak dicari. Apalagi, buah yang masuk dalam kelompok sitrus ini juga mengandung tinggi vitamin C yang dapat menurunkan risiko anemia.

Hal ini karena vitamin C mampu membantu penyerapan dan penyimpanan zat besi sehingga akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Ditambah lagi, buah jeruk mengandung antioksidan jenis flavonoid sehingga bisa meningkatkan sistem imun.

5. Pepaya

5 Rekomendasi Buah yang Dapat Bantu Atasi Tekanan Darah Rendahilustrasi pepaya (pexels.com/Any Lane)

Sama halnya dengan semangka, pepaya yang dikenal kaya akan serat ini juga mengandung tinggi asam folat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika nutrisi tersebut mampu mendukung pembentukan sel darah merah sehingga dapat membantu mencegah anemia.

Belum lagi, kandungan enzim papain, vitamin A serta vitamin C yang dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, buah yang rendah kalori ini juga kaya akan antioksidan sehingga ampuh menangkal radikal bebas.

Untuk membantu mengatasi tekanan darah rendah, kamu dapat mengonsumsi buah-buahan di atas. Namun, jangan lupa menerapkan pola hidup lainnya seperti istirahat cukup, olahraga teratur, memenuhi kebutuhan cairan, serta membatasi minuman berkafein. Jika masalah kesehatan ini masih sering dialami maka segeralah konsultasikan ke dokter.

Baca Juga: 7 Penyebab Tekanan Darah Rendah atau Hipotensi Secara Umum

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya