Comscore Tracker

Sering Mengantuk? Waspada 5 Penyakit yang Siap Mengancam Ini!

Jangan disepelekan, ya!

Mengantuk merupakan hal yang sangat wajar, apalagi kalau kurang tidur. Tapi secara ilmiah, terlalu sering mengantuk merupakan tanda-tanda munculnya penyakit. Apakah kamu pernah merasakannya? Kalau pernah, kamu harus lebih waspada ya! Lima penyakit ini mungkin sedang mengintaimu.

1. Jantung

Sering Mengantuk? Waspada 5 Penyakit yang Siap Mengancam Ini!unsplash.com/Christian Fregnan

Pernah mengantuk di siang hari? Mungkin jam tidurmu kurang baik dalam beberapa hari belakangan. Tapi jika rasa kantuk yang dialami berlebihan, kamu harus waspada terhadap risiko penyakit jantung atau bahkan stroke.  

2. Diabetes

Sering Mengantuk? Waspada 5 Penyakit yang Siap Mengancam Ini!unsplash.com/Ali Soltani

Tingginya kadar glukosa di dalam darah menimbulkan risiko penyakit diabetes, lho! Tak heran kalau kamu jadi lebih sering mengantuk. Coba kurangi konsumsi makanan manis untuk menstabilkan glukosa dalam darah.

3. Anemia

Sering Mengantuk? Waspada 5 Penyakit yang Siap Mengancam Ini!unsplash.com/Kyle Glenn

Anemia disebabkan karena kurang darah. Dan kurang darah disebabkan karena kurangnya pasokan zat besi, sehingga pengangkutan oksigen di dalam tubuh kurang maksimal. Jika tidak segera ditangani, maka kamu akan mudah merasa lemas dan ujung-ujungnya menjadi mudah mengantuk.

Baca Juga: Sering Mengantuk Saat Beraktivitas? Ini 5 Tips Untuk Mengatasinya!

4. Beta amyloid

Sering Mengantuk? Waspada 5 Penyakit yang Siap Mengancam Ini!unsplash.com/Adrian Swancar

Kamu yang sering mengantuk kemungkinan besar terkena risiko penyakit beta amyloid. Penyakit ini bisa dikatakan cukup serius karena ada hubungannya dengan otak. Dibutuhkan penanganan medis lebih lanjut untuk bisa disembuhkan.

5. Hipotiroid

Sering Mengantuk? Waspada 5 Penyakit yang Siap Mengancam Ini!unsplash.com/Kevin Grieve

Waktu tidurmu sudah cukup tapi masih sering mengantuk? Mungkin kamu terkena gejala hipotiroid, dimana hormone tiroid di dalam tubuhmu menurun. Akibatnya, tubuh menjadi gampang lesu dan akhirnya mengantuk deh!

Ketika kamu menemukan tanda-tanda yang agak mencurigakan karena mengantuk, lebih baik periksakan kondisi kesehatanmu ke dokter. Toh, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Baca Juga: Ini Alasan Biologis Kenapa Semilir Angin Membuat Kita Mengantuk

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You