Comscore Tracker

7 Tips Mengatasi Diare yang Mudah dan Tepat, Jangan sampai Keliru!

Ternyata banyak bahan alami yang bisa kamu pakai lho...

Pada umumnya, diare terjadi akibat konsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh kuman, kotoran, maupun racun. Diare pun bisa menimbulkan sejumlah gejala yang mengganggu, mulai dari mulas, kembung, serta keinginan untuk buang air besar terus menerus.

Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk mengatasi diare sesegera mungkin. Nah, berikut ini beberapa cara yang mudah dan tepat untuk mengatasi diare yang dapat kamu lakukan.

1. Minum teh hitam manis

7 Tips Mengatasi Diare yang Mudah dan Tepat, Jangan sampai Keliru!businessinsider.sg

Teh hitam manis yang ditambahkan dengan gula ternyata dapat membantu mengatasi diare. Hal ini karena air panas yang digunakan sebagai seduhan teh dapat membantu tubuh melakukan rehidrasi. Selain itu, kandungan astringen tanin dalam teh hitam dapat membantu mengurangi peradangan usus yang merupakan salah satu penyebab munculnya diare.

2. Makan bubur wortel

7 Tips Mengatasi Diare yang Mudah dan Tepat, Jangan sampai Keliru!kiwilimon.com

Wortel merupakan salah satu bahan pangan yang menjadi sumber pektin dan bermanfaat baik bagi tubuh. Untuk meredakan diare dengan wortel, kamu bisa menghaluskannya dan kemudian memasakanya menjadi bubur atau sup. Konsumsi satu perempat hingga setengah mangkuk setiap jamnya hingga diare benar-benar hilang.

3. Makan blackberry

7 Tips Mengatasi Diare yang Mudah dan Tepat, Jangan sampai Keliru!medicalnewstoday.com

Blackberry merupakan salah satu obat diare yang cukup umum untuk dikonsumsi karena kandungannya yang kaya akan tanin. Selain memakannya secara langsung, kamu juga bisa menyeduhnya menjadi teh atau langsung mengonsumsi teh rasa blackberry atau raspberry.

Baca Juga: 7 Cara Cepat dan Efektif Mencegah serta Meredakan Sakit Maag Kambuhan

4. Minum banyak cairan

7 Tips Mengatasi Diare yang Mudah dan Tepat, Jangan sampai Keliru!bustle.com

Selama diare tubuh akan kehilangan banyak cairan dan mineral. Oleh karena itu, saat kamu terserang diare sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan minum 2-3 liter air putih per harinya. Selain itu, kamu juga bisa mendapat asupan cairan dari makanan dan minuman lain, seperti sup, kaldu, dan jus buah.

5. Konsumsi yoghurt

7 Tips Mengatasi Diare yang Mudah dan Tepat, Jangan sampai Keliru!Pixabay.com/ponce_photography

Ternyata mengonsumsi yoghurt merupakan salah satu solusi yang efektif untuk mengatasi diare. Sebab, bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt dapat melawan bakteri jahat penyebab infeksi usus.

Akan tetapi, bagi kamu yang tidak cocok atau memiliki alergi dengan yoghurt sebaiknya hindari mengonsumsinya ya. Karena hal tersebut justru dapat membuat diare menjadi semakin parah.

6. Minum air rebusan daun jambu biji

7 Tips Mengatasi Diare yang Mudah dan Tepat, Jangan sampai Keliru!philnews.ph

Air rebusan daun jambu biji terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri e.coli dan staphylococcus aureus yang merupakan penyebab diare. Selain itu, air rebusan daun jambu biji ini juga dapat menjadi obat herbal yang membantu memadatkan kotoran. Minum rebusan air daun jambu yang sudah dibersihkan tiga kali sehari hingga diare benar-benar terasa hilang.

7. Konsumsi oralit

7 Tips Mengatasi Diare yang Mudah dan Tepat, Jangan sampai Keliru!stylecraze.com

Oralit merupakan obat alami yang umum dikonsumsi untuk mengatasi diare. Sebab, oralit dapat menggantikan garam dan cairan yang hilang dalam feses. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya konsumsi oralit sedikit demi sedikit untuk memberi kesempatan pada usus agar dapat menyerap cairan oralit.

Itu dia beberapa cara mudah dan tepat mengatasi diare yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Namun, jika diare masih belum berhenti setelah beberapa hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar kamu mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Baca Juga: Ini 7 Cara Ampuh Tidur Nyenyak Saat Terserang Diare yang Menyakitkan

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya