Comscore Tracker

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Pusar bagi Tubuh Kita yang Sebenarnya!

Siapa bilang cuma untuk jalur makan saat masih janin dulu?

Pusar (umbilicus) atau juga dikenal dengan nama udel merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang terdapat di bagian perut depan. Setiap orang pun memiliki pusar yang berbeda-beda tergantung pada saat proses kelahirannya. Meski memiliki bentuk yang kecil, ternyata pusar memiliki manfaat besar bagi manusia yang jarang diketahui. Berikut ini beberapa di antaranya yang terpenting!

1. Titik penanda dalam proses operasi

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Pusar bagi Tubuh Kita yang Sebenarnya!medicalnewstoday.com

Dalam proses operasi atau bedah biasanya pusar dijadikan sebagai titik penanda dalam menentukan bagian tubuh yang hendak diopeasi. Hal ini karena posisi pusar yang ada di bagian tengah tubuh dapat dijadikan patokan dalam mengetahui serat otot yang ada dalam tubuh manusia.

2. Sebagai pengatur pergerakan hormon

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Pusar bagi Tubuh Kita yang Sebenarnya!medium.com

Ternyata, pusar memiliki fungsi mengatur pergerakan hormon manusia. Di mana hormon itu sendiri merupakan salah satu kandungan yang bermanfaat dan memengaruhi kesehatan.

3. Mengatur kinerja kelenjar pankreas

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Pusar bagi Tubuh Kita yang Sebenarnya!trendintech.com

Kelenjar pankreas merupakan kelenjar ludah dalam perut, yang berada tepat di belakang lambung. Dengan membantu mengatur kelenjar pankreas, pusar juga sekaligus membantu sistem kerja organ yang ada dalam tubuh karena saling berkaitan.

4. Mengatur energi panas dan dingin

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Pusar bagi Tubuh Kita yang Sebenarnya!istockphoto.com

Nyatanya, pusar memiliki unsur elemen api sehingga perlu dilindungi agar tubuh tidak mudah masuk angin, lelah, dan kembung. Sebab, pusar mampu mengubah energi panas tersebut menjadi energi dingin. Oleh karena itu, orang-orang yang sedang masuk angin kerap mengatasinya dengan mengoleskan minyak kayu putih di sekitar pusar.

Baca Juga: Hanya Lewat Pusar, 7 Penyakit Ini Bisa Diobati Secara Alami

5. Mengatur organ hati

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Pusar bagi Tubuh Kita yang Sebenarnya!everydayhealth.com

Salah satu fungsi pusar yang tidak bisa dianggap remeh adalah mengatur organ hati agar tidak ada gangguan di dalamnya. Hal ini karena organ hati biasanya membantu dalam pemecahan beberapa senyawa yang bersifat racun. Pusar akan mengatur kapasitas organ hati tersebut agar tidak terjadi keracunan.

6. Mengatur kelenjar adrenalin yang terkait dengan otot di sekitar perut

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Pusar bagi Tubuh Kita yang Sebenarnya!pixabay/Pexels

Kelenjar adrenalin termasuk sebagai salah satu kelenjar yang memiliki peran penting bagi tubuh. Di mana fungsi kelenjar adrenalin ialah menghasilkan hormon adrenalin yang menghasilkan energi bagi tubuh. Pusar akan membantu kerja kelenjar adrenalin ketika sedang menyangkut otot di sekitaran perut.

7. Mengatur kinerja lambung dengan baik

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Pusar bagi Tubuh Kita yang Sebenarnya!hellosehat.com

Lambung memiliki empat lapisan dengan fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pusar dapat berfungsi untuk mengatur agar tiap-tiap lapisan di lambung tetap bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.

8. Mengatur kondisi kantung empedu

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Pusar bagi Tubuh Kita yang Sebenarnya!healthline.com

Kantung empedu merupakan salah satu faktor penyebab munculnya batu empedu yang diakibatkan oleh pengerasan kolesterol yang tertimbun pada cairan empedu. Dalam hal ini, pusar memiliki peran untuk mengatur kantung empedu agar tidak mengalami gangguan.

Menjaga kesehatan pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai hal. Tidak terkecuali dengan mengidentifikasinya lewat bagian tubuh yang kecil, seperti pusar. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan remehkan hal-hal kecil yang ada pada dirimu.

Baca Juga: Apa Guna Rambut di Sekitar Pusar dan Penis? Hati-hati saat Mencukurnya

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 17:30:05

Progress: 768.639 dari 813.350 TPS (94.50286%)

Just For You