Comscore Tracker

7 Penyebab Kamu Sering Kesemutan, Ketahui dan Segera Kurangi Risikonya

Kesemutan terlalu lama juga bikin gak nyaman

Kesemutan (tingling sensation) yang dalam istilah medisnya disebut parestesia adalah sensasi geli atau mati rasa yang dibarengi dengan perasaan seperti sedang tertusuk jarum kecil-kecil. Kesemutan sendiri dapat terjadi kapan pun dengan penyebab yang beragam.

Selain itu, ternyata terdapat dua macam kesemutan, yakni yang bersifat sementara dan berkepanjangan. Lalu, apa saja penyebab terjadinya kesemutan? Dilansir dari berbagai sumber riset, simak info berikut ini.

1. Aliran darah terhambat

7 Penyebab Kamu Sering Kesemutan, Ketahui dan Segera Kurangi Risikonyafamilydoctor.org

Tidak hanya dapat terjadi pada lengan atau kaki saja, nyatanya kesemutan juga dapat dialami oleh anggota tubuh lain. Hal ini disebabkan adanya tekanan dalam waktu yang lama, sehingga membuat aliran darah ke saraf di daerah tersebut menjadi terhambat.

2. Adanya gejala raynaud syndrome

7 Penyebab Kamu Sering Kesemutan, Ketahui dan Segera Kurangi Risikonyarheumatologyadvisor.com

Penyakit raynaud adalah kondisi di mana bagian tubuh tertentu mengalami kekurangan aliran darah akibat penyempitan pembuluh darah di arteri. Akibatnya, anggota tubuh yang terserang penyakit ini akan sensitif terhadap respon layaknya saat sedang kesemutan.

3. Kondisi kesehatan yang buruk

7 Penyebab Kamu Sering Kesemutan, Ketahui dan Segera Kurangi Risikonyard.com

Kesemutan yang terjadi dalam jangka panjang ternyata dapat menandakan bahwa kondisi kesehatan sedang tidak dalam keadaan baik. Beberapa gejala penyakit yang dapat menimbulkan kesemutan, misalnya: diabetes, gangguan ginjal, penyakit hati, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Penting, 10 Makanan Ini Dipercaya Ampuh Meredakan Kesemutan

4. Mengonsumsi obat-obatan

7 Penyebab Kamu Sering Kesemutan, Ketahui dan Segera Kurangi Risikonyamedicalnewstoday.com

Untuk menyembuhkan suatu penyakit yang menyerang tubuh, maka biasanya dokter akan memberikan saran untuk meminum obat. Akan tetapi, ternyata mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti antibiotik, justru bisa memicu munculnya kesemutan. 

5. Terpapar zat beracun

7 Penyebab Kamu Sering Kesemutan, Ketahui dan Segera Kurangi Risikonyalolwot.com

Zat-zat yang beracun memang sudah jelas berbahaya bagi tubuh. Namun tidak hanya itu, paparan zat-zat beracun seperti merkuri, talium, timbal, arsenik, dan beberapa bahan kimia industri lainnya ternyata dapat menimbulkan kesemutan pada anggota tubuh. 

6. Malnutrisi

7 Penyebab Kamu Sering Kesemutan, Ketahui dan Segera Kurangi Risikonyaparenting.firstcry.com

Salah satu penyebab kesemutan yang terjadi berkepanjangan adalah malnutrisi. Malnutrisi merupakan kondisi di mana tubuh tidak mendapatkan gizi yang cukup akibat pola makan yang buruk.

7. Melakukan gerakan berulang

7 Penyebab Kamu Sering Kesemutan, Ketahui dan Segera Kurangi Risikonyawww.popsci.com

Gerakan berulang seperti terlalu banyak mengetik nyatanya dapat berakhir dengan tertekannya saraf di pergelangan tangan. Akibatnya, hal ini akan menyebabkan kesemutan di bagian tangan. Tidak hanya itu, kondisi tersebut juga dapat menandakan bahwa kamu mengalami Carpal Tunnel Syndrome.

Itu dia hal-hal yang bisa saja menjadi penyebab kamu sering kesemutan. Mulai dari sekarang, sebaiknya lebih peka dengan kondisi kesehatanmu ya!

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Mengurangi Kesemutan, Sudah Pernah Coba?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You