Comscore Tracker

Bablas Tidur Tanpa Bersihkan Makeup? Ini 5 Hal yang Akan Terjadi

Jangan pernah lupa membersihkan wajah sebelum tidur

Karena aktivitas yang padat dan kelelahan, sering kali kita tidur tanpa membersihkan wajah dari makeup yang masih menempel. Jika sering melakukan ini, segera ubah kebiasaan tersebut.

Tidur dengan makeup lama-lama bisa merusak kulit wajah, apalagi bila kamu pakai serangkaian produk rias wajah dari pagi sampai malam tanpa membersihkannya sama sekali.

Bisa dipastikan kulit wajah kita dan bagian sekitarnya seperti rambut, mata, dan bibir akan mengalami efek buruk karena kebiasaan tersebut. Berikut ini adalah dampak buruk yang akan kamu alami bila sering tidur tanpa membersihkan wajah dari makeup.

1. Kulit wajah menjadi kusam

Bablas Tidur Tanpa Bersihkan Makeup? Ini 5 Hal yang Akan Terjadipexels.com/@chloe-amaya-1047565

Membiarkan rias wajah menempel di kulit wajah dalam waktu yang lama akan membuat kulit tampak kusam. Ini terjadi karena aktivitas kita seharian membuat kulit terpapar debu, polusi lingkungan, dan serta kandungan dalam produk makeup yang tidak baik jika dibiarkan dalam waktu lama.

Akibatnya, kulit terlihat tidak fresh saat bangun pagi karena kusam. Bila kebiasaan ini tidak dihentikan, jangan kaget bila timbul garis-garis halus di wajah.

2. Pori-pori wajah tersumbat

Bablas Tidur Tanpa Bersihkan Makeup? Ini 5 Hal yang Akan Terjadipexels.com/Andrea Piacquadio

Melansir The List, tidur dengan riasan wajah yang masih menempel tidak baik untuk pori-pori kulit kita.

Produk makeup dengan kandungan silikon dan akrilik menjadi penyebab pori-pori wajah tersumbat. Selain dua kandungan tersebut, kombinasi keringat, minyak, bakteri, dan sel kulit mati yang menempel pada wajah juga akan meningkatkan penyumbatan pori-pori bila kamu tidak membersihkannya pada malam hari sebelum tidur.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengecilkan Pori-pori yang Besar di Wajah

3. Menyebabkan penuaan dini

Bablas Tidur Tanpa Bersihkan Makeup? Ini 5 Hal yang Akan Terjadifreepik.com/user15285612

Seperti penjelasan pada poin pertama, makeup yang masih menempel setelah beraktivitas seharian biasanya bercampur dengan polusi udara, debu, kotoran, atau racun yang berbahaya untuk kulit wajah.

Kebiasaan tidak membersihkan wajah dari makeup sebelum tidur perlahan akan menimbulkan garis halus dan itu adalah salah satu tanda penuaan dini. Bisa juga menimbulkan iritasi pada kulit yang dapat memecah kolagen yang berperan dalam peremajaan kulit.

4. Bibir pecah-pecah

Bablas Tidur Tanpa Bersihkan Makeup? Ini 5 Hal yang Akan Terjadifreepik.com/wirestock

Selain wajah, bibir juga akan terkena dampaknya. Lipstik yang masih menempel saat tidur akan membuat bibir jadi kering dan pecah-pecah. 

Melansir Sleep Sugar, lipstik punya banyak waktu untuk membuat bibir kering pada saat tidur. Hal ini terjadi karena kita tidak menggunakan bibir kita untuk makan dan minum seperti saat kita beraktivitas.

Beberapa lipstik dengan kualitas rendah juga memiliki kandungan yang membuat bibir kering dan pecah-pecah bila digunakan terlalu lama, apalagi bila tidak dibersihkan.

5. Infeksi mata

Bablas Tidur Tanpa Bersihkan Makeup? Ini 5 Hal yang Akan Terjadipexels.com/@kseniachernaya

Melansir Bright Side, tidur tanpa membersihkan makeup akan menyebabkan infeksi mata. Hal ini karena produk riasan mata mengandung bahan-bahan yang membuat iritasi mata, seperti formaldehida dan logam berat yang terdapat pada beberapa kosmetik. 

Melansir sebuah studi kasus yang dilakukan oleh American Academy of Ophthalmology, riasan pada mata seperti maskara harus dibersihkan secara teratur karena dapat menyebabkan peradangan pada mata bila menempel sepanjang hari.

Meskipun aktivitas yang kamu punya cukup padat, menghapus makeup sebelum tidur wajib kamu lakukan. Membiarkannya bukan hanya merusak kulit wajah tetapi juga berbahaya bagi kesehatan mata. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah membersihkan muka sebelum tidur agar tidak menimbulkan dampak buruk seperti kelima hal di atas.

Baca Juga: 7 Risiko Kesehatan akibat Malas Membersihkan Makeup

Lois Maria Andries Photo Verified Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya