Comscore Tracker

7 Gerakan Terbaik untuk Mengatasi Leher Pegal, Gak Terasa Sakit Lagi!

Gerakan ini bisa kamu praktikkan di rumah

Berada di depan layar komputer selama berjam-jam membuat lehermu pegal? Berdasarkan rekomendasi dari American Chiropractic Association (ACA), kamu harus beristirahat dan melakukan peregangan setiap 30 menit atau 1 jam sekali. Fungsinya adalah agar leher tidak kaku dan sakit.

Lantas, gerakan seperti apa yang bisa mengatasi leher pegal dan kaku? Mari coba dan praktikkan gerakan berikut ini di rumah! Dijamin manjur!

1. Menengok ke samping, lalu tahan

7 Gerakan Terbaik untuk Mengatasi Leher Pegal, Gak Terasa Sakit Lagi!massagemag.com

Pandang ke depan dengan posisi rileks dan santai. Sebelum mulai menengok, tarik napas dalam-dalam lalu buang. Setelahnya, putar kepala ke sebelah kanan, tahan selama 15 detik dan kembali memandang ke depan. Ulangi lagi, tapi ganti ke sebelah kiri dan tahan selama 15 detik. Lakukan ini selama 2-3 kali, saran laman The Health Journal.

2. Tundukkan kepala ke bawah, lalu tahan

7 Gerakan Terbaik untuk Mengatasi Leher Pegal, Gak Terasa Sakit Lagi!wurf.com

Pertama-tama, buatlah bahu jadi rileks dan tatap ke depan. Tarik napas dalam-dalam dan tundukkan kepala saat kamu mengeluarkan napas. Untuk membuat peregangan jadi semakin dalam, letakkan tangan di atas kepala untuk membuat kepala semakin menunduk. Tahan posisi ini selama 30 detik dan kembali ke posisi awal.

3. Tarik kepala ke samping, lalu tahan

7 Gerakan Terbaik untuk Mengatasi Leher Pegal, Gak Terasa Sakit Lagi!ergolink.com

Berbeda dengan posisi pertama, atur kepalamu dengan posisi tegak, lalu tarik dengan satu tangan ke arah samping. Biarkan telinga kanan menyentuh bahu kanan. Tahan posisi ini selama 30 detik, lalu ulangi gerakan di posisi sebelah kiri. Agar leher semakin rileks, lakukan gerakan ini berulang-ulang selama 2-3 kali.

4. Tarik kepala ke belakang, lalu tahan

7 Gerakan Terbaik untuk Mengatasi Leher Pegal, Gak Terasa Sakit Lagi!brocku.ca

Gerakan ini adalah lawan dari gerakan nomor 2. Pertama-tama, kepala harus dalam posisi tegak dan rileks, lalu perlahan-lahan tarik ke arah belakang. Tarik hingga kepala menyentuh punggung bagian atas. Tekan dahi dengan tangan untuk membuat peregangan semakin dalam. Tahan selama 15-30 detik, lalu ulangi selama 2-3 kali.

Baca Juga: 6 Manfaat Peregangan Pagi bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!

5. Putar kepala secara diagonal ke arah dada

7 Gerakan Terbaik untuk Mengatasi Leher Pegal, Gak Terasa Sakit Lagi!youtube.com

Setelah melakukan gerakan ke depan, belakang dan samping, kini coba posisi yang berbeda. Bukan sembarang gerakan, posisi ini menempatkan kepala secara diagonal (miring) ke arah dada. Agar peregangan semakin dalam, gunakan tangan untuk menarik kepala dengan lembut. Tahan selama 30 detik dan ulangi selama 2-3 kali.

6. Dorong dagu ke leher dengan jari

7 Gerakan Terbaik untuk Mengatasi Leher Pegal, Gak Terasa Sakit Lagi!youtube.com

Masih ada gerakan lain yang bisa kamu coba. Pertama-tama, letakkan jari telunjuk di dagu dan dorong ke dalam hingga dagu menyentuh leher. Posisi ini akan membuat leher bagian belakang jadi rileks. Tahan posisi ini selama 30 detik lalu kembali ke posisi semula. Agar maksimal, lakukan hingga 2-3 kali, jelas laman The Health Journal.

7. Putar kepala searah jarum jam

7 Gerakan Terbaik untuk Mengatasi Leher Pegal, Gak Terasa Sakit Lagi!verywellhealth.com

The last one, kamu bisa memutar kepala seiring arah jarum jam. Awali dengan posisi yang rileks dan santai. Lalu, putar kepala secara melingkar dari atas, kanan, bawah, kiri dan kembali ke atas, sesuai dengan jarum jam. Lakukan ini selama 5-10 kali, lalu putar kepala dengan gerakan melawan jarum jam.

Nah, itulah 7 gerakan terbaik untuk mengatasi leher pegal dan kaku. Coba lakukan di rumah, niscaya rasa pegal akan sirna!

Baca Juga: 5 Gerakan Sederhana Ringankan Sakit Punggung dan Leher di Kantor

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya