Comscore Tracker

7 Karakteristik Orang yang Suka Selingkuh, Bisa Dikenali!

Jauhi orang-orang seperti ini

Semua orang di dunia ini membenci perselingkuhan. Bayangkan betapa sakitnya, kita telah melakukan yang terbaik untuk pasangan, tetapi ia justru selingkuh dengan orang lain.

Bagaimana caranya kita tahu seseorang punya potensi untuk berselingkuh atau tidak? Mereka punya karakteristik khas. Inilah beberapa karakteristik orang yang suka selingkuh yang bisa kamu kenali.

1. Memiliki kepribadian narsistik

Orang yang suka selingkuh biasanya memiliki kepribadian narsistik, yang ditandai dengan sifat egois, serakah, kurangnya empati, dan hanya memikirkan diri sendiri.

Mengutip Paired Life, ini membuat mereka bisa selingkuh tanpa penyesalan atau merasa bersalah. Mereka juga menuntut kesetiaan dari pasangannya, tetapi dirinya sendiri berkhianat.

2. Sering berbohong

Tidak berlebihan jika orang yang suka selingkuh disebut sebagai pembohong profesional. Mereka tahu bagaimana caranya berbohong yang baik, bahkan pandai memilih bahasa dan gestur tubuh yang tepat.

Kebohongan itu bermacam-macam bentuknya. Misalnya, mengaku lembur padahal kenyataannya pergi kencan dengan selingkuhannya, atau tidak membalas chat karena "ketiduran" padahal asyik sleep call dengan orang lain.

3. Curiga atau cemburu berlebihan

7 Karakteristik Orang yang Suka Selingkuh, Bisa Dikenali!ilustrasi pasangan berdebat (pixabay.com/Javaistan)

Pepatah "cemburu adalah tanda cinta" tidak sepenuhnya benar. Bagi orang yang suka selingkuh, kecemburuan dan kecurigaan adalah bentuk proyeksi.

Menurut Karen R. Koenig, M.Ed, LCSW dalam laman Healthline, proyeksi adalah mengambil sifat yang tidak disukai dari diri kita lalu menghubungkannya dengan orang lain secara tidak sadar. Contoh, menuduh pasangan selingkuh, padahal dirinya yang tidak setia.

4. Merasa tidak aman atau insecure

Dilansir WebMD, insecurity adalah perasaan tidak mampu atau tidak cukup baik tentang diri sendiri. Ini menimbulkan kecemasan akan hubungan yang sedang dijalani.

Seseorang yang selingkuh akan mencari validasi atas tindakan mereka. Menurut pakar hubungan Susan Winter dalam laman Insider mengatakan bahwa mereka menggunakan orang baru untuk meningkatkan kepercayaan diri sendiri.

Yang paling banyak terjadi adalah seseorang insecure dengan pendidikan, jabatan, atau kekayaan pasangannya. Mereka merasa dirinya tidak layak. Kemudian, mereka selingkuh dengan orang yang status sosialnya setara atau lebih rendah.

Baca Juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh dan Otak ketika Patah Hati? Ini Kata Ahli!

5. Menyukai tantangan

Percaya atau tidak, hubungan romansa yang stabil dan datar-datar saja dianggap membosankan oleh sebagian orang. Akhirnya, mereka mencari tantangan dengan cara yang salah, yaitu selingkuh.

Ketakutan dan kebohongan membuatnya dibanjiri adrenaline rush. Mengutip Healthline, adrenalin merupakan hormon fight or flight yang dikeluarkan ketika kita menghadapi situasi berbahaya, mengancam, atau penuh tekanan. Anehnya, mereka justru mencandu sensasi ini.

6. Sering melakukan gaslighting

Istilah gaslighting wara-wiri di timeline media sosial belakangan ini. Gaslighting merujuk pada bentuk manipulasi psikologis yang melibatkan penyajian informasi palsu ketika lawan bicara didesak atau dipaksa untuk mengakui bahwa informasi itu benar.

Bentuk emotional abuse ini digunakan oleh pelaku untuk mengontrol pasangannya dan menutupi kebohongan atau perselingkuhan. Misalnya menuduh pasangan bereaksi berlebihan, terlalu sensitif, atau dramatis. Contohnya adalah:

  • Menyangkal perasaan pasangan: "Gak usah nangis, masalah kecil aja dibesar-besarkan."
  • Menyangkal kenyataan: "Dari dulu aku selalu pulang kerja jam segini. Aku gak kemalaman, kamu aja yang berlebihan."
  • Mengatakan sesuatu, kemudian mengaku tidak pernah mengatakannya: "Aku gak pernah janji nganterin kamu ke rumah ibumu. Mungkin kamu aja yang lupa."

7. Cenderung tertutup dan terlihat menyembunyikan sesuatu

7 Karakteristik Orang yang Suka Selingkuh, Bisa Dikenali!ilustrasi ponsel yang terkunci (wikigain.com)

Sebenarnya, privasi dalam suatu hubungan menunjukkan bahwa kita dan pasangan menghormati batasan (boundaries) masing-masing. Akan tetapi, jika seseorang terlalu tertutup pada pasangannya, mungkin saja ia sedang menyembunyikan sesuatu.

Rahasia peselingkuh bisa terungkap lewat daftar panggilan, history pesan teks atau instant messaging, atau folder rahasia di ponselnya. Bahkan, mereka mungkin menggandakan aplikasi (cloning) supaya bisa berkomunikasi dengan selingkuhannya.

Itu merupakan tanda bahwa pasangan tidak ingin kita melihat aktivitas pribadi mereka dan sengaja mengecualikan kita dari kehidupan mereka.

Nah, itulah beberapa karakteristik orang yang suka selingkuh. Tingkatkan kewaspadaan supaya tidak tertipu oleh mereka!

Baca Juga: 7 Penjelasan Ilmiah tentang Selingkuh, Kenapa Orang Bisa Melakukannya

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya