Comscore Tracker

Dari Sisi Kesehatan, Ini Tips Menjadi Pemain Badminton Hebat

Cobalah dan buktikan sendiri!

Badminton atau bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang digemari di Indonesia. Tak sedikit pula yang memainkannya di sela-sela kesibukan. Akan tetapi, pernahkah kamu merasa skill bulu tangkismu terlalu medioker dan butuh peningkatan?

Jika iya, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Dari sisi kesehatan, inilah beberapa tips menjadi pemain badminton hebat. Check this out!

1. Lakukan pemanasan dan pendinginan rutin

Dari Sisi Kesehatan, Ini Tips Menjadi Pemain Badminton Hebatilustrasi pemanasan sebelum memulai olahraga (unsplash.com/Gabin Vallet)

Sepenting apa melakukan pemanasan dan pendinginan? Dilansir Mayo Clinic, pemanasan (warmup) membantu mempersiapkan tubuh untuk aktivitas aerobik.

Pemanasan secara bertahap akan meningkatkan sistem kardiovaskular dengan menaikkan suhu tubuh serta meningkatkan aliran darah ke otot. Selain itu, pemanasan membantu mengurangi nyeri otot dan risiko cedera.

Sementara itu, pendinginan (cooling down) memulihkan detak jantung dan tekanan darah secara bertahap. Dipercaya, pendinginan membantu mengurangi kekakuan dan nyeri otot setelah berolahraga.

2. Memperhatikan pola gerak kaki

Dari Sisi Kesehatan, Ini Tips Menjadi Pemain Badminton Hebatilustrasi bulu tangkis (badmintonskills.net)

Banyak orang mengabaikan pola gerak kaki (footwork pattern) dan menganggapnya tidak penting. Padahal, gerak kaki adalah keterampilan penting yang harus dikuasai oleh setiap pemain bulu tangkis. Mengapa?

Dilansir Master Badminton, gerak kaki yang efektif dan terorganisir memberikan kecepatan dan kelincahan luar biasa yang memungkinkan pemain sigap mengembalikan setiap shuttlecock. Seperti yang kita ketahui, shuttlecock bisa bergerak sangat cepat dan kita harus lebih cepat untuk menangkisnya.

Karena gerak kaki yang cepat, terkadang kita kesulitan mempertahankan keseimbangan. Cara menjaga keseimbangan ialah membiarkan tangan lain terbuka lebar, sementara tangan satunya memegang raket.

3. Menguasai teknik servis dengan baik

Dari Sisi Kesehatan, Ini Tips Menjadi Pemain Badminton Hebatilustrasi bulu tangkis (unsplash.com/Salman Hossain Saif)

Penting bagi kita untuk melakukan servis yang baik. Sebab, servis yang lemah menciptakan peluang bagi lawan untuk menyerang balik. Bagaimana cara melakukan servis yang baik agar kita tidak kehilangan poin?

Basically, ada dua metode servis bulu tangkis, yaitu servis tinggi (high serve) dan servis rendah (low serve). Servis tinggi dilakukan jika kita ingin shuttlecock mendarat di bagian belakang lapangan lawan.

Sedangkan, servis rendah dilakukan jika kita ingin shuttlecock mendarat di bagian depan lapangan (depan lawan). Servis rendah yang baik akan membuat shuttlecock terbang tepat di atas net.

Untuk melakukan servis tinggi, pegang shuttlecock dengan kepala menghadap ke bawah, lalu berdiri menyamping dengan sisi tubuh menghadap net. Lepaskan shuttlecock, ayunkan raket ke atas, dan kaki belakang harus terangkat secara alami.

Untuk melakukan servis rendah, pegang bulu shuttlecock dengan kepala menghadap ke bawah dan posisikan raket di belakang shuttlecock. Ketika kita melepaskan shuttlecock, kibaskan raket dengan ringan sembari mendorong ibu jari ke depan. Kekuatan datang dari dorongan ibu jari dan jentikan pergelangan tangan.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Latihan Beban Terlalu Keras, Berhentilah Sejenak

4. Jangan lupakan latihan fleksibilitas dan mobilitas

Dari Sisi Kesehatan, Ini Tips Menjadi Pemain Badminton Hebatilustrasi latihan fleksibilitas (unsplash.com/Alora Griffiths)

Pemain bulu tangkis hebat selalu melatih fleksibilitas dan mobilitas mereka. Ini penting karena ada banyak gerakan menerjang dan melompat di bulu tangkis sehingga tubuh kita harus fleksibel, mengutip Badmintons Best.

Dilansir Stretch Zone, pelatihan fleksibilitas bertujuan untuk meregangkan otot-otot hingga mengendur dan tubuh menjadi lentur. Dengan melakukan latihan fleksibilitas teratur, kita akan memiliki lebih banyak kebebasan bergerak.

Sementara itu, latihan mobilitas bertujuan untuk meningkatkan jangkauan gerak, stabilisasi, dan kontrol otot-otot yang mengelilingi setiap sendi. Mengutip Men's Journal, mobilitas menggabungkan fleksibilitas dan kekuatan supaya kita bisa mendorong lebih keras atau melompat lebih tinggi.

5. Terakhir, maksimalkan kekuatanmu

Dari Sisi Kesehatan, Ini Tips Menjadi Pemain Badminton Hebatilustrasi bulu tangkis (unsplash.com/Siora Photography)

The last one, maksimalkan kekuatanmu supaya bisa melakukan smash yang dahsyat. Kita perlu latihan kekuatan yang optimal untuk meningkatkan kecepatan dan kekuatan di lapangan.

Dilansir Shuttle Smash, hampir semua otot tubuh digunakan dalam bulu tangkis. Namun, otot-otot yang dominan adalah yang digunakan untuk memegang raket, seperti trisep, bisep, lengan bawah, dada, punggung, bahu, dan inti.

Tak kalah penting, kita juga harus melatih otot tubuh bagian bawah, seperti paha depan, paha belakang, gluteus maximus, dan otot betis. Lantas, latihan kekuatan apa yang bisa dicoba?

Mengutip SportsRec, lunges (forward, sideway, dan backward) dengan atau tanpa beban bisa mengembangkan kekuatan tubuh bagian bawah. Begitu pula dengan latihan lain seperti squat, leg extension, leg curl, dan leg press. Untuk meningkatkan kecepatan dan kemampuan melompat vertikal, lakukan squat jump dan split squat jump.

Nah, itulah sedikit tips menjadi pemain badminton hebat dari sisi kesehatan. Semoga membantu dan kemampuan bermainmu jadi meningkat!

Baca Juga: 7 Cedera Paling Umum pada Olahraga Bulu Tangkis, Cek di Sini!

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya