Comscore Tracker

Inilah 8 Hal yang Bisa Sebabkan Kamu Masuk Angin, Yuk Cegah supaya Fit

Penyakit yang paling sering diderita oleh semua kalangan

Masuk angin merupakan penyakit umum yang pernah dirasakan oleh hampir semua orang di Indonesia, tidak terbatas pada jenis kelamin dan usia. Masuk angin merupakan suatu kondisi yang mana jumlah angin dalam tubuh terlalu banyak akibat beberapa faktor. Sudah tahu kah kamu apa saja faktor-faktornya? Yuk, cari tahu dari ulasan di bawah ini!

1. Membiarkan perut kosong dalam waktu yang cukup lama

Inilah 8 Hal yang Bisa Sebabkan Kamu Masuk Angin, Yuk Cegah supaya Fitunsplash.com

Pekerjaan yang terlalu banyak sering kali membuat kita mengabaikan waktu istirahat, makan dan minum. Kita cenderung untuk menyelesaikan tugas hingga selesai, sehingga tubuh dipaksa untuk terus bekerja keras tanpa adanya pasokan energi.

Saat tubuh membutuhkan energi tetapi tubuh tidak mampu menyediakan itu maka ruangan kosong tersebut akan diisi oleh angin. Jumlah angin yang berlebihan dipercaya dapat mengganggu metabolisme tubuh, tertutama peredaran darah.

2. Terlalu lama beraktivitas di ruangan ber-AC

Inilah 8 Hal yang Bisa Sebabkan Kamu Masuk Angin, Yuk Cegah supaya Fitfupping.com

Jika kalian termasuk orang yang memiliki aktivitas dominan di ruangan ber-AC dan duduk di depan laptop selama berjam-jam, kalian wajib memperhatikan kesehatan tubuhmu. Pasalnya riset dari International Journal Epidemiology tahun 2004 menyatakan bahwa kegiatan seperti itu dapat menurunkan sistem imun, karena terganggunya kondisi saluran pernafasan, yang sangat berpengaruh terhadap imun. Hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya tubuh mudah masuk angin.

3. Kehujanan di kala daya tahan tubuh sedang lemah

Inilah 8 Hal yang Bisa Sebabkan Kamu Masuk Angin, Yuk Cegah supaya Fitcommons.wikipedia.org

Saat kedinginan tubuh dipaksa untuk mengeluarkan energi panas untuk menyeimbangkan suhu. Energi yang dikeluarkan secara berlebihan lambat laun menurunkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan terganggu. Lebih jauh lagi bisa mengalami masuk angin. 

4. Kurang tidur

Inilah 8 Hal yang Bisa Sebabkan Kamu Masuk Angin, Yuk Cegah supaya Fitunsplash.com

Tidur dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, sebab tubuh akan mengistirahatkan fungsi organ dalam beberapa jam. Tetapi jika kita melakukan hal yang sebaliknya, organ-organ tersebut akan bekerja melampaui kapasitasnya dan  mengakibatkan antibodi menurun. Hal ini mampu menyebabkan kita mudah terserang penyakit, salah satunya masuk angin.

Baca Juga: Benarkah Mandi Malam Bikin "Masuk Angin"? Ini Cara Mencegahnya, Guys!

5. Penyempitan pembuluh darah

Inilah 8 Hal yang Bisa Sebabkan Kamu Masuk Angin, Yuk Cegah supaya Fitcountrysidedogcamppa.com

Penyempitan pembuluh darah umumnya terjadi saat berada pada lingkungan yang cukup dingin. Penyempitan ini memiliki fungsi untuk menjaga agar tidak terjadi pengeluaran kalori yang berlebihan dari tubuh dan penurunan suhu drastis atau hipotemia. Namun, dampak yang tidak menyenangkan, aliran darah menjadi kurang lancar dan mengganggu metabolisme tubuh, terutama asam laktat.

6. Tidak suka berolahraga

Inilah 8 Hal yang Bisa Sebabkan Kamu Masuk Angin, Yuk Cegah supaya Fitunsplash.com

Orang yang cenderung menghindari olahraga memiliki daya tahan dan stamina yang kurang baik. Akibatnya, ukuran pembuluh darah yang dimiliki menjadi kecil.

Dengan pembuluh darah yang kecil, akan memungkinkan seseorang lebih cepat masuk angin, karena aliran darah yang kurang lancar. Padahal dengan rajin berolahraga, pembuluh darah akan berukuran jauh lebih besar dan bisa mendorong udara yang mengendap di pembuluh darah ke luar.

7. Stres pikiran yang berlebihan

Inilah 8 Hal yang Bisa Sebabkan Kamu Masuk Angin, Yuk Cegah supaya Fitfiveelementscholistichealth.com

Orang yang stres pada umumnya lupa untuk mengurus kesehatan dirinya sendiri. Dia menjadi lupa makan, minum, istirahat atau berolahraga. Dengan melupakan hal-hal yang sangat diperlukan tubuh, menyebabkan sistem pertahanan tubuh melemah dan rentan terhadap penyakit serta perubahan lingkungan sekitar.

8. Sering pergi pada malam hari

Inilah 8 Hal yang Bisa Sebabkan Kamu Masuk Angin, Yuk Cegah supaya Fitconcreateplayground.com

Suhu udara semakin malam semakin menurun beberapa derajat. Saat seperti ini, selaput lendir dan rambut pada hidung akan mengalami penurunan fungsi, sehingga rentan terhadap flu.

Flu membuat orang menjadi malas makan, karena semua makanan terasa pahit dan menjadikan terkena maag. Ini membuat perut terasa kembung akibat dipenuhi oleh gas. Kondisi inilah yang menyebabkan masuk angin.

Dan itulah tadi beberapa faktor yang ternyata bisa menyebabkan masuk angin. Faktor nomor berapa nih yang kamu sadar sering menjadi penyebabmu masuk angin?

Baca Juga: 7 Penyebab Paling Umum Perut Kembung, Apa Masuk Angin Salah Satunya?

Topic:

  • Nisa Widya Amanda
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You