Comscore Tracker

5 Olahraga Kardio Ini Bakar Lemak Lebih Cepat, Body Goals Bukan Mimpi

Olahraga ringan sampai berat rela dijalani demi body goals

Hampir semua orang ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal. Pada akhirnya berbagai cara akan dilakulan demi mencapai tujuan tersebut. Meski banyak cara instan yang ditawarkan, orang yang paham dengan kesehatan biasanya akan memilih cara tanpa efek samping, seperti berolahraga. Mulai dari olahraga ringan sampai yang berat akan rela dijalani demi mewujudkan body goals.

Salah satu latihan yang sering dilakukan, terutama oleh wanita, adalah olahraga kardio. Selain karena tergolong 'low impact' yang tidak akan membuat badan pegal setelah berolahraga, efek pembakaran lemaknya pun ternyata lebih cepat. Apa saja olahraga kardio yang membakar lemak dengan cepat itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Seal jack

https://www.youtube.com/embed/ZGImwG23V1k

Olahraga yang merupakan variasi dari jumping jack ini dilakukan dengan cara lompatan kedua kaki dan tangan yang melebar. Biasanya gerakan ini diawali dengan membuat posisi kedua tangan sejajar dengan bahu dan kedua kaki rapat. Usahakan mempertahankan tubuh dalam posisi yang tidak tegang. Saat melompat, kedua kaki melebar dan tangan menepuk lalu kembali ke posisi semula.

2. Modified mountain climber

https://www.youtube.com/embed/Ku7pUYOkYyE

Meski memakai istilah climber, gerakan ini tidak perlu benar-benar memanjat atau bahkan dilakukan di lantai. Cukup menggunakan kursi sebagai alat bantuan. Caranya, letakkan kedua tangan di kursi dan posisikan diri seperti akan melakukan push up. Tekuk kaki bergantian seperti akan berlari. Ulangi beberapa kali dan percepat.

Baca Juga: 4 Olahraga yang Bagus untuk Kesehatan Mental, Wajib Dicoba Nih!

3. Squat

https://www.youtube.com/embed/_0w1W2qDBJ4

Squat biasanya dilakukan dengan tujuan membakar lemak sekaligus untuk mengencangkan otot paha dan bokong. Cukup dengan melakukan gerakan seperti akan duduk yang dimulai dengan berdiri, merentangkan tangan ke depan, dan tekuk tubuh ke bawah lalu kembali ke posisi awal. Untuk hasil maksimal, lakulan gerakan ini 5 menit setiap hari.

4. Bicycle crunch

https://www.youtube.com/embed/_HcLg_s4-QA

Melakukan gerakan ini cukup dengan membaringkan tubuh dan kedua tangan di belakang leher. Selanjutnya angkat paha dalam posisi seperti mengayuh sepeda sambil tekuk sedikit tubuh kita ke depan. Saat mengayuh, tarik siku ke arah samping kanan dan kiri secara bergantian. Ulangi gerakan ini selama 5 menit.

5. Wall sit

https://www.youtube.com/embed/-cdph8hv0O0

Olahraga yang satu ini bisa dibilang yang paling mudah karena kita hampir tidak melakukan gerakan apapun. Cukup sandarkan tubuh ke dinding dan buat posisi seperti duduk. Tekukan dari lutut kitalah yang akan menjadi penopang berat tubuh. Usahakan untuk menahan posisi ini selama 2 menit.

Nah, itu tadi beberapa gerakan olahraga kardio yang dapat membakar lemak tubuh dengan lebih cepat. Ada yang sudah pernah mencobanya?

Baca Juga: 5 Tips Olahraga Skipping, Bermanfaat untuk Turunkan Berat Badan

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You