Comscore Tracker

8 Manfaat Jujube, Kurma Korea Blasteran Asia Selatan yang Kaya Nutrisi

Yuk, ganti camilan!

Di Korea Selatan, buah satu ini sering menjadi campuran kudapan manis yang bernama yaksik. Mulanya buah ini banyak ditemukan di wilayah Asia Selatan seperti India. Itulah sebab jujube atau kurma Korea ini masih blasteran dengan Asia Selatan.

Buah satu ini memiliki banyak manfaat lho, salah satunya adalah mengurangi stres. Wah! Cocok banget nih dijadikan sebagai camilan sehat. Ingin tahu manfaat lainnya dari buah jujube? Simak, ulasan berikut ini yang dikutip melalui laman Organic Facts.

1. Membantu mengatur lancarnya sirkulasi darah

8 Manfaat Jujube, Kurma Korea Blasteran Asia Selatan yang Kaya Nutrisihiveminer.com

Kurang zat besi atau anemia, solusinya adalah banyak mengonsumsi makanan yang mengandung fosfor dan zat besi. Buah jujube memiliki keduanya, bahkan buah ini adalah sumbernya dua kandungan tersebut. Zat besi dan fosfor yang terkandung dalam buah jujube membantu dalam mengatur lancarnya sirkulasi darah, sehingga memberi oksigen pada sistem organ dengan efektif. 

2. Tulang menjadi kuat

8 Manfaat Jujube, Kurma Korea Blasteran Asia Selatan yang Kaya Nutrisihealthline.com

Seiring bertambahnya usia, cenderung menderita osteoporosis dan kondisi tulang lainnya yang merosot, menyantap buah jujube dengan rutin dapat meminimalisir berbagai penyakit seputar tulang. Kaya akan zat besi, fosfor, dan kalsium, buah jujube dapat meningkatkan kekuatan tulang kita.

3. Mengontrol bertambahnya berat badan

8 Manfaat Jujube, Kurma Korea Blasteran Asia Selatan yang Kaya Nutrisihiveminer.com

Makan buah dan sayuran adalah saran umum untuk orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan alias diet. Jujube adalah makanan lain yang dapat dengan mudah ditambahkan ke daftar makanan sehatmu.

Rendah kalori, berprotein, dan mengandung serat yang tinggi, jujube dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu. Selain itu, mengonsumsi jujube membuatmu selalu merasa kenyang dan dapat mencegahmu ngemil sembarangan yang bikin berat badan semakin bertambah.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

8 Manfaat Jujube, Kurma Korea Blasteran Asia Selatan yang Kaya Nutrisinaturalfoodseries.com

Jujube memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, termasuk vitamin C, vitamin A, dan berbagai senyawa dan asam organik. Antioksidan mampu menetralkan radikal bebas, yang bertanggung jawab atas berbagai penyakit kronis dan penyakit dalam tubuh. Vitamin C juga merangsang produksi sel darah putih, lini pertama pertahanan sistem kekebalan tubuh kita.

Baca Juga: Si Mungil Penangkal Radikal Bebas, Ini 5 Manfaat Buah Dewandaru

5. Baik untuk kesehatan kulit

8 Manfaat Jujube, Kurma Korea Blasteran Asia Selatan yang Kaya Nutrisiparenting.firstcry.com

Jus dan ekstrak jujube telah digunakan secara topikal untuk mengobati berbagai iritasi dan radang kulit seperti psoriasis, eksim, dan jerawat. Kamu dapat mengonsumsi buah jujube untuk mendapatkan efek yang sama. Baik untuk kesehatan kulit, buah jujube membantu mengurangi keriput, bekas luka, serta menjaga kulit tetap berenergi dengan darah yang mengandung oksigen.

6. Mengatur kualitas tidur menjadi baik

8 Manfaat Jujube, Kurma Korea Blasteran Asia Selatan yang Kaya Nutrisiblog.nurserylive.com

Bagi orang yang menderita insomnia atau gelisah, jujube adalah buah sekaligus obat yang baik untuk mengatasinya. Sifat menenangkan dari senyawa organik yang terkandung dalam buah bermanfaat ini dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Jika kamu punya masalah tidur yang kurang baik, selesaikan dengan mengonsumsi buah jujube.

7. Membantu Mencegah Kanker

8 Manfaat Jujube, Kurma Korea Blasteran Asia Selatan yang Kaya Nutrisibaag.com.au

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menyebutkan jika, buah jujube dapat membantu membunuh sel-sel tumor berbahaya. Meskipun mekanisme yang tepat dan hubungan spesifik antara jujube dan kanker masih diteliti. Hasil awal menunjukkan korelasi positif antara senyawa bioaktif di jujube dan pengurangan penyebaran sel kanker.

Sedangkan, sebuah studi review yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menegaskan bahwa keberadaan senyawa bioaktif seperti asam triterpenik dan polisakarida yang ada dalam buah jujube menunjukkan efek antikanker dan antiproliferatif pada berbagai lini sel kanker.

8. Baik untuk pencernaan

8 Manfaat Jujube, Kurma Korea Blasteran Asia Selatan yang Kaya Nutrisiagric.wa.gov.au

Buah jujube juga dikaitkan dengan meningkatkan proses pencernaan dalam tubuh. Hal ini terutama disebabkan oleh kandungan seratnya, tetapi saponin dan triterpenoid juga berperan dalam hal ini dengan mengoptimalkan penyerapan nutrisi dan mempromosikan pergerakan makanan yang sehat melalui usus.

Itulah sebab buah jujube dapat membantu mencegah sembelit, kram, kembung, dan perut kembung yang berlebihan, serta kondisi pencernaan yang parah lainnya.

Itulah tadi delapan manfaat yang terkandung dari buah jujube, kurma Korea blasteran Asia Selatan yang kaya nutrisi. Karena sudah mengetahui manfaatnya yang baik untuk tubuh. Yuk, ganti camilan! Biar tubuh kita makin sehat dan bugar.

Baca Juga: Jarang diketahui, Ini 5 Manfaat Buah Kemang yang Mulai Langka

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You