Comscore Tracker

5 Jenis Nutrisi yang Bisa Atasi Masalah Rambut, Gak Perlu ke Salon!

Gak perlu melakukan perawatan rambut mahal deh!

Perawatan rambut biasanya hanya terdiri dari sampo atau yang paling lengkap beserta kondisioner. Jika terjadi masalah seperti rambut rontok, rambut kering dan rambut bercabang, kita kerap kali kebingungan bagaimana cara mengatasinya selain mengandalkan dua barang tadi. Padahal guys, sebenarnya masalah rambut bisa diatasi dengan makanan lho. 

Caranya dengan rajin mengonsumsi 5 jenis makanan di bawah ini. Jadi kamu gak perlu repot perawatan di salon atau berkecil hati karena kondisi rambut yang gak sehat. 

1. Kulit kepala terkelupas

5 Jenis Nutrisi yang Bisa Atasi Masalah Rambut, Gak Perlu ke Salon!wideopenspaces.com

Kulit kepala yang terkelupas membuat iritasi yang kerap kali menimbulkan rasa perih di permukaan kulit kepala. Kondisi ini dapat diselesaikan dengan rajin mengonsumsi makanan yang mengandung zinc. Zinc atau zat seng ini banyak ditemui dalam daging, yoghurt atau kacang-kacangan. 

2. Kerontokan rambut

5 Jenis Nutrisi yang Bisa Atasi Masalah Rambut, Gak Perlu ke Salon!more.com

Kerontokan rambut juga menjadi salah satu kondisi serius yang butuh perawatan tepat. Jika tidak kerontokan ini dapat menyebabkan bagian kepala yang botak. Dan salah satu penyebab kerontokan rambut yang perlu kamu tahu adalah kekurangan zat besi.

Agar tidak terus terjadi, cegah kerontokan rambut dengan rajin konsumsi brokoli, kacang merah atau delima yang banyak mengandung zat besi di dalamnya.

Baca Juga: 7 Dampak yang Akan Kamu Rasakan Saat Berhenti Mencuci Rambut, Jorok!

3. Rambut kusam

5 Jenis Nutrisi yang Bisa Atasi Masalah Rambut, Gak Perlu ke Salon!botoxforhair.net

Memiliki rambut hitam berkilau menjadi impian banyak orang, karena rambut dinilai sebagai mahkota indah yang bisa menunjang penampilan. Tapi kalau rambutmu kusam dan memiliki warna hitam yang kurang nyata, coba konsumsi makanan kaya asam lemak omega 3.

 Asam lemak omega 3 ini dapat memperbaiki warna rambut dan menjaga kesehatan rambut. Salmon, alpukat, kacang kenari, dan sayuran hijau termasuk ke dalam jenis makanan yang kaya asam lemak omega 3.

4. Warna rambut abu-abu sebelum waktunya

5 Jenis Nutrisi yang Bisa Atasi Masalah Rambut, Gak Perlu ke Salon!healthline.com

Ketika masuk usia senja warna hitam rambut perlahan akan tergantikan oleh warna putih keabuan dan hal itu merupakan kondisi yang wajar. Namun jika kamu masih muda dan sudah memiliki warna rambut abu-abu sebelum waktunya, tandanya ada sesuatu yang salah misalnya kurangnya konsumsi vitamin B12. Ada banyak makanan kaya vitamin B12, diantara lain ikan, susu, telur atau suplemen vitamin B12.

5. Rambut tipis

5 Jenis Nutrisi yang Bisa Atasi Masalah Rambut, Gak Perlu ke Salon!melissa-salons.com

Berbeda dengan keadaan rambut tipis karena kerontokkan, beberapa orang mengalami masalah rambut tipis yang cukup mengganggu penampilan. Namun ada cara mudah untuk mengatasi rambut tipis, yaitu rutin mengonsumsi makanan kaya protein.

Makanan kaya protein akan meningkatkan proses pertumbuhan rambut. Seperti yang banyak diketahui, makanan tinggi protein mudah ditemukan misalnya daging ayam, makanan laut, atau biji-bijian. 

Selain mengatasi masalah rambut dengan makanan di atas tadi, kamu pun dapat merawatnya dengan bahan alami seperti minyak zaitun dan masker rambut alami yang murah meriah dan mudah dicoba di rumah. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Ketombe pada Rambut Berhijab, Cewek Wajib Tahu!

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You