Comscore Tracker

Susah Kentut? Coba 5 Gerakan Super Mudah Ini Sampai "Duutt..." Lega!

Jangan ditahan-tahan, kalau tidak ingin penyakitan

Kentut adalah hal yang sangat wajar dan dibutuhkan oleh tubuh. Faktanya pun, setiap orang, mau secantik, seganteng, atau sekaya apa pun, tetap kentut dalam kesehariannya.

Sayangnya, entah mengapa, kentut masih dianggap sebagai sesuatu yang tabu. Kamu juga pasti pernah (atau bahkan masih) berada di dalam fase di mana jangan sampai pernah ketahuan teman atau orang lainnya jika kentut. Bahkan tidak jarang, saking mempertaruhkan gengsi, kentut jadi ditahan dan membuat perut tidak enak.

Nah, kalau kentut akhirnya sudah tidak bisa keluar, kamu pun lantas jadi bingung, kan? Perut yang kembung dan begah akhirnya membuat aktivitas jadi tidak nyaman. Beruntung, ada beberapa gerakan mudah yang bisa kamu lakukan untuk dapat kembali mengeluarkan gas dari sistem pencernaan seperti berikut ini.

1. Child's pose

Susah Kentut? Coba 5 Gerakan Super Mudah Ini Sampai Duutt... Lega!pixabay.com

Pose dasar yoga yang satu ini sangat membantu mengeluarkan gas dalam perut yang mengganjal dengan mudah. Di samping itu, child's pose juga membantu membuat bagian panggul dan punggung bawah yang lelah setelah duduk dalam waktu yang cukup lama.

Duduk berlutut dengan santai, lalu dorong torso dan tangan ke depan sembari menyesuaikan dengan kenyamanan kaki. Sentuhkan dahi ke lantai dan bernapaslah dengan teratur. Tekanan pada perut akan merangsang gas untuk keluar.  

2. Seated forward fold

Susah Kentut? Coba 5 Gerakan Super Mudah Ini Sampai Duutt... Lega!popsugar.com

Pose ini memiliki manfaat lain untuk lebih 'membuka' bagian tulang belakang yang biasanya kaku. Bila dilakukan secara rutin, gerakan ini juga dapat mengimprovisasi kelenturan tubuh.

Duduklah dengan kedua kaki menjulur lurus dan menempel di lantai. Biarkan telapak kaki terbuka selebar bahu. Perlahan-lahan, julurkan tubuh bagian atas ke depan tanpa lutut yang menekuk. Semakin jauh punggung dapat menekuk, semakin besar manfaat yang akan diperoleh. Paling tidak, kontraksi otot-otot di perut dapat membantu pengeluaran gas.Bila memungkinkan, rapatkan kedua kaki dan cobalah mencium lutut.

Baca Juga: 7 Tipe Feses Menurut Bristol Stool Chart, Mana yang Paling Sehat?

3. Knee to chest

Susah Kentut? Coba 5 Gerakan Super Mudah Ini Sampai Duutt... Lega!inlifehealthcare.com

Gerakan ini juga bisa membantu mengaktifkan otot-otot perut tanpa terlalu menyiksa. Agar lebih nyaman, pastikan kamu lebih dulu melakukan pemanasan di bagian leher dan punggung.

Berbaringlah dengan nyaman, lalu angkat dan tekuk kedua kaki hingga paha menyentuh dada. Perlahan-lahan, dengan kekuatan otot perut, angkat kepala, leher, dan punggung bagian atas sehingga tidak lagi menempel pada lantai. Usahakan dahi dapat menempel dengan bagian lutu. Tahan posisi ini sekitar 15 detik sembari bernapas dengan normal.

4. Standing twist

Susah Kentut? Coba 5 Gerakan Super Mudah Ini Sampai Duutt... Lega!medicalnewstoday.com

Gerakan ini luar biasa mudah dan tidak membutuhkan usaha yang besar. Asal dilakukan dengan sungguh-sungguh, benefitnya bisa segara dirasakan.

Berdirilah dengan tegak dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Angkat kedua tangan sejajar dengan dada dan terbuka ke samping. Bergantian, putar tubuh bagian atas ke kanan dengan kedua kaki tetap menempel dan mengarah lurus ke depan. Tahan selama beberapa detik, lalu lakukan hal serupa untuk bagian yang satunya.

5. Squat

Susah Kentut? Coba 5 Gerakan Super Mudah Ini Sampai Duutt... Lega!priyaring.com

Mau yang lebih menantang sekaligus mengencangkan otot paha dan pantat? Jika ya, maka tak ada yang semudah dan seefektif gerakan squat.

Ada banyak variasi squat yang bisa dilakukan, tetapi basic squat juga cukup. Berdirilah dengan kedua kaki sedikit terbuka selebar bahu, lalu perlahan-lahan tekuk lutut dan turunkan tubuh bagian atas dan pantat hingga sejajar. Pastikan bahwa lutut tidak melebihi ujung jari kaki. Lakukan beberapa kali tanpa terburu-buru.

Gampang banget, kan? Kamu bahkan tidak perlu memiliki kemampuan tubuh khusus untuk melakukan gerakan ini. Selamat mencoba!

Baca Juga: Ingin Terbebas dari Kentut Bau Busuk? Kenali 6 Penyebab Utamanya Ini!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Favo Perdana Hadiyanto Saputra
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya