Comscore Tracker

Cuma Pakai Jari, Ternyata Ini Trik Paling Mudah Agar BAB Kita Lancar

Kalau kamu gak bisa BAB dalam waktu lama, bahaya lho...

Kalau ditanya, apakah yang kalau kita kehilangannya malah kita bersyukur, mungkin jawaban yang tepat adalah buang air besar (BAB). Ngaku deh, rasanya kalau pagi-pagi belum menuntaskan 'ibadah' yang satu itu, seharian bawaannya ada yang mengganjal di hati. Apalagi kalau terdesak dan buru-buru minta 'keluar' padahal situasi gak memungkinkan.

Lain halnya dengan kondisi kala si BAB justru ngambek dan gak mau keluar dengan lancar dan rutin. Duh, harus diapain ya? Begini caranya!

1. Sebenarnya makan sayur dan buah bisa melancarkan BAB, tapi ada cara yang lebih efektif

Cuma Pakai Jari, Ternyata Ini Trik Paling Mudah Agar BAB Kita Lancarremediesforme.com

Biasanya saat sembelit menyerang, makan sayur dan buah-buahan adalah cara yang dilakukan untuk melancarkannya. Tetapi tentu butuh waktu setidaknya 30 menit agar pencernaan bisa mencerna serat yang kita makan. Ada cara yang diklaim efektif, yaitu dengan pijatan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Astronaut Buang Air Besar di Luar Angkasa? Ini Jawabannya!

2. Ada pijatan khusus yang bisa melancarkan BAB

Cuma Pakai Jari, Ternyata Ini Trik Paling Mudah Agar BAB Kita Lancarverywell.com

Berdasarkan studi yang dimuat dalam Journal of General Internal Medicine yang ditulis oleh Women Health, ada sebuah teknik pijatan yang mampu melancarkan BAB tanpa sedikitpun efek samping. Caranya: pijat area perineum (area di antara kelamin dan anus). Bagian itu ternyata mengandung titik tekanan yang jika dipijat dengan tepat, mampu melancarkan sembelit.

3. Hampir semua responden penelitian menyatakan bahwa cara ini efektif mengatasi sembelit

Cuma Pakai Jari, Ternyata Ini Trik Paling Mudah Agar BAB Kita Lancarwhyyoudonttrythis.com

Percaya atau tidak, dari 100 orang subyek penelitian yang mengalami sembelit parah, 82 persen mengaku bebas dari belenggu sembelit dan menjadi lebih lancar BAB berkat teknik pijatan perineum tersebut. Bahkan, ibu hamil juga disarankan melakukan pijatan lembut ini untuk membantu relaksasi dan mencegah luka sobekan saat melahirkan.

Nah, jika ada cara yang aman, tanpa efek samping sekaligus cepat ini, kenapa tidak mulai mencobanya dari sekarang? Lakukan secara privat ya!

Baca Juga: 5 Hal Mengerikan yang Akan Terjadi Padamu Kalau Gak BAB Berhari-hari! 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya