Comscore Tracker

9 Tanda-tanda Umum Penyandang Autisme yang Patut Diwaspadai

Di balik kelemahannya, mereka adalah orang berbakat!

Autisme adalah salah satu gangguan perkembangan otak yang banyak ditemui pada anak-anak maupun orang dewasa. Pastinya sudah tak asing lagi kan di telinga kita? Menurut American Psychiatric Association (Asosiasi Kejiwaan Amerika) dalam buku Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5), seorang penyandang Autisme memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain; memiliki perilaku repetitif dan minat yang terbatas; serta berbagai gejala yang menyulitkannya dalam dunia sekolah, kerja, dan lainnya. 

Seringkali gejala-gejala autisme tak disadari sejak dini, sehingga banyak penderita yang tak mendapat penanganan secara tepat serta kerap mendapat diskriminasi. Berikut adalah tanda-tanda umum bagi penyandang autisme sebagaimana dilansir dari National Institute of Mental Health (NIHM), sebuah lembaga riset kesehatan jiwa di Amerika Serikat. Apabila ditemukan tanda-tanda ini, bisa jadi orang tersebut penderita autisme. 

1. Menghindari kontak mata dengan orang lain

9 Tanda-tanda Umum Penyandang Autisme yang Patut Diwaspadaiworkingmother.com

Penyandang autisme cenderung menghindari kontak mata dengan orang lain. Mereka merasa kurang nyaman ketika menatap mata orang. Hal ini membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman. Janganlah kaget ketika kamu bertemu mereka. Mereka menghindar bukan karena rasa benci atau jijik, melainkan karena kurang nyaman aja kok!

2. Memiliki respon lambat apabila dipanggil namanya

9 Tanda-tanda Umum Penyandang Autisme yang Patut Diwaspadaithenextweb.com

Kontak mata yang minim dan gangguan komunikasi menyebabkan penyandang autisme tidak merespon ketika dipanggil atau diajak berbicara. Seolah-olah mereka tidak mendengar, melihat, atau memperhatikan keberadaan orang di sekitatnya. Mereka asyik dalam dunianya sendiri. Bagaimana cara memanggil mereka ya?

3. Memiliki keterlambatan atau menurunnya kemampuan berbicara

9 Tanda-tanda Umum Penyandang Autisme yang Patut Diwaspadaiautism.org.uk

Anak-anak penyandang autisme pada umumnya terlambat dalam berbicara. Gejala ini mulai terlihat antara umur 18-24 bulan. Ada yang belum bisa berbicara, ada juga yang mengalami kemunduran berbica pada rentang umur tersebut. Wah, para orangtua harus waspada nih!

4. Kurangnya ekspresi wajah dan kesulitan dalam memahami orang lain (emosi dan gerak tubuh)

9 Tanda-tanda Umum Penyandang Autisme yang Patut Diwaspadaimyautism.org

Penyandang autisme kesulitan dalam mengungkapkan emosi. Hal ini menyebabkan mereka memiliki ekspresi wajah yang cenderung datar, sehingga sulit dibedakan emosinya dalam kondisi normal. Selain itu, penyandang autisme sulit dalam memahami humor, sarkasme, dan kata-kata kiasan. Apabila emosi mereka tersulut, mereka dapat bertindak agresif, entah berteriak, menangis, atau merusak barang-barang. Hal ini tentu menghambat interaksi mereka dengan orang lain.

Baca Juga: Seperti Inilah Seorang Penderita Autisme Melihat Dunia

5. Nada suara cenderung datar seperti robot

9 Tanda-tanda Umum Penyandang Autisme yang Patut Diwaspadaiautism.org.uk

Penyandang autis cenderung memiliki suara datar. Kalau terdengar mungkin seperti suara robot. Nada yang datar membuat lawan bicara kehilangan minat dalam berkomunikasi. Hal ini semakin membuatnya kesulitan dalam mendapat teman, sahabat, maupun pasangan.

6. Memiliki kebiasaan repetitif, yaitu melakukan sesuatu secara berulang-ulang

9 Tanda-tanda Umum Penyandang Autisme yang Patut Diwaspadaihttp://allerestaurantsin.biz

Biasanya, penyandang autisme memiliki kebiasaan repetitif, yaitu kebiasaan yang dilakukan secara berulang. Misalnya saja menggoyangkan badan, mengepakkan tangan, berputar, mengulang kata-kata tertentu, dan sebagainya. Selain itu, mereka juga punya kebiasaan rutin seperti makan makanan khusus, menonton acara TV pada jam tertentu, dan sebagainya. Mereka merasa terganggu apabila kebiasaan tersebut dilanggar.

7. Memiliki gangguan motorik (gerak)

9 Tanda-tanda Umum Penyandang Autisme yang Patut Diwaspadaiindependent.co.uk

Gangguan otak juga memengaruhi kemampuan motorik penyandang autisme. Seringkali mereka memiliki gerakan yang 'aneh' seperti gerakan tubuh yang kaku, sikap canggung, berjalan menggunakan tumit, kesulitan mengikat tali sepatu, dan sebagainya. Kemampuan motorik dan komunikasi yang terganggu menyebabkan mereka menjadi sasaran perundungan (bully). 

8. Memiliki sensitivitas yang tinggi pada sesuatu, namun tidak sensitif pada hal lainnya

9 Tanda-tanda Umum Penyandang Autisme yang Patut Diwaspadaiinpublicsafety.com

Pada umumnya, penyandang autisme memiliki sensitivitas tinggi terhadap sesuatu, seperti suara, penglihatan, sentuhan, cahaya, bau, dan sebagainya. Tak jarang, hal ini menjadi kelebihan yang mereka miliki. Namun, mereka juga tidak peka seperti rasa sakit, suhu, dan sebagainya. Wah, keren juga kemampuan mereka!

9. Memiliki minat tinggi terhadap sesuatu yang sekaligus menjadi bakat alami mereka

9 Tanda-tanda Umum Penyandang Autisme yang Patut Diwaspadaiautism.org.uk

Apabila penyandang autis memiliki minat, mereka akan senang hati menekuninya. Mereka bersemangat membicarakannya kepada orang lain, meskipun orang lain tidak tertarik. Minat tersebut dapat berupa benda, musik, makanan, hobi, atau bidang ilmu tertentu. Tak jarang minat tersebut merupakan bakat alami yang mereka miliki. 

Dalam film, banyak penyandang autisme yang berbakat. Misalnya saja, Dr. Murphy  di bidang kedokteran (The Good Doctor), Temple Grandin yang ahli menganalisa perilaku hewan (Temple Grandin) atau Gym yang jago bermain bulutangkis (Project S The Series : Side by Side). Selain itu, banyak pula tokoh dunia yang menderita autisme, seperti Temple Grandin (Ilmuwan), Albert Einstein (Ilmuwan), Wolfgang Amadeus Mozart (Pemusik), Susan Boyle (Penyanyi), Nikola Tesla (Penemu), Dan Aykyord (Komedian), Hans Christian Andersen (Penulis), dan sebagainya.

Itulah 9 tanda-tanda umum penyandang autisme. Apabila ditemukan gejala-gejala tersebut, harap konsultasikan ke psikolog, dokter anak, atau psikiater (dokter jiwa) untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Harapannya, para penyandang autisme dapat hidup mandiri dan bermasyarakat.

Sudah tanggal 2 April nih, selamat Hari Kesadaran Autisme Sedunia! Semoga para penyandang autisme semakin diperhatikan dan dapat menjalani kehidupannya lebih baik lagi. Ingat, penyandang autisme adalah manusia yang sama seperti kita!

Baca Juga: Ternyata Inilah 7 Alasan Mengapa Orang dengan Autisme Biasanya Genius

Syah Deva Ammurabi Photo Community Writer Syah Deva Ammurabi

Mencerdaskan, menginspirasi, dan mencerahkan masyarakat melalui tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 17:30:04

Progress: 755.552 dari 813.350 TPS (92.89383%)

Just For You