Comscore Tracker

Para Ahli Telah Sukses Membalikkan Proses Penuaan Sel Manusia di Lab

Bisakah manusia hidup selamanya?

Manusia pasti menua. Sepanjang sejarah, manusia melawan penuaan dengan beragam cara, mulai dari mencegah, hingga menjalani prosedur operasi. Namun kenyataannya manusia tetap menua.

Para ilmuan pun selama bertahun-tahun mencari cara untuk menghentikan penuaan atau membalikkannya. Berita baiknya, baru-baru ini ada keberhasilan kecil dalam studi yang dilakukan para peneliti. Berikut ulasannya selengkapnya!

1. Para peneliti mampu membalikkan proses penuaan sel manusia dengan mengirim molekul spesifik ke mitokondria manusia

Para Ahli Telah Sukses Membalikkan Proses Penuaan Sel Manusia di Labmitochondrialdiseasenews.com

Dilansir dari iflscience.com, para peneliti telah bisa membalikkan proses penuaan dari beberapa sel lama manusia dengan mengirimkan molekul spesifik ke mitokondria, sebagai struktur di dalam sel yang menghasilkan energi.

Adapun, pendekatannya dengan menghentikan sel-sel menua, suatu titik saat sel gak bisa menduplikasi. Beberapa peneliti percaya bahwa akumulasi sel dalam organ ini adalah kunci proses penuaan.

2. Kerusakan DNA, peradangan, dan kerusakan molekul kromosom yang menyebabkan penuaan

Para Ahli Telah Sukses Membalikkan Proses Penuaan Sel Manusia di Labunsplash.com/Jaddy Liu

Dilansir dari The Conversation, para peneliti masih belum sepenuhnya memahami kenapa sel-sel menua seiring bertambahnya usia. Mereka berpendapat bahwa penyebabnya adalah kerusakan DNA, peradangan dan kerusakan molekul kromosom (telomere). Ada kemungkinan, penuaan terjadi saat gen gak mampu aktif dan nonaktif di saat yang tepat.

Baca Juga: Supaya Muka Gak Cepat Kelihatan Tua, Terapkan 7 Cara Sederhana Ini

3. Adapun, cara membuat sel-sel tua mendapatkan kembali kemampuannya untuk membagi sel-sel yang lebih muda dengan cara mengirimkan hidrogen sulfida ke mitokondria

Para Ahli Telah Sukses Membalikkan Proses Penuaan Sel Manusia di Labwikimedia.org

Menurut jurnal Aging, pengiriman hidrogen sulfida secara langsung ke mitokondria memungkinkan sel-sel tua mendapatkan kembali kemampuannya untuk membagi sel-sel yang lebih muda. Hidrogen sulfida adalah senyawa yang membuat bau telur busuk.

Senyawa ini berbahaya dalam dosis tinggi, namun terbukti bermanfaat pada dosis rendah. Dengan mengirimkannya di tempat yang dibutuhkan, risikonya pun akan turun.

4. Adanya molekul di mitokondria akan meningkatkan jumlah protein yang akan mengaktifkan dan menonaktifkan gen

Para Ahli Telah Sukses Membalikkan Proses Penuaan Sel Manusia di Labelitedaily.com

Para peneliti percaya bahwa adanya molekul di mitokondria akan meningkatkan jumlah protein yang akan mengaktifkan dan menonaktifkan gen. Ada sekitar 300 protein sejenis yang jumlahnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Adapun, peran hidrogen sulfida yang mengurangi mekanisme penuaan manusia.

5. Para peneliti berusaha menggunakan alat-alat molekuler untuk menghapus sel-sel tua pada orang yang masih hidup

Para Ahli Telah Sukses Membalikkan Proses Penuaan Sel Manusia di Labhuffingtonpost.com

Para peneliti berharap dengan menggunakan alat-alat molekuler ini dapat menghapus sel-sel tua pada orang yang masih hidup. Dengan begitu, akan mencegah beberapa penyakit yang berkaitan dengan usia. Itu masih dalam tahap rencana yang ingin direalisasikan di masa yang akan datang.

Di masa yang akan datang mungkin para peneliti akan bisa menemukan cara ampuh untuk menghentikan atau membalikkan penuaan. Namun benarkah hal itu bisa mencegah kematian? Yuk, bagi pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga: Kenapa Kamu Merasa Lelah Setiap Saat?

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You