Comscore Tracker

Hobi Berkebun? Ini 5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

Tetap sehat dari rumah, yuk!

Semenjak pandemik COVID-19 melanda, kesehatan menjadi begitu berarti. Banyak masyarakat berusaha mencari hobi yang menyenangkan sekaligus membawa manfaat bagi kesehatan mental maupun fisik. Salah satu hobi yang tren belakangan ini ialah berkebun.

Kegiatan berkebun sebenarnya cukup ringan dan mudah dilakukan di rumah. Bahkan jika kamu tidak punya pekarangan, kamu bisa memanfaatkan berbagai media seperti pot. Walau termasuk kegiatan ringan, namun berdasarkan beberapa penelitian, berkebun terbukti banyak memberi manfaat untuk kesehatan kamu, baik secara fisik dan mental. 

Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk baca lima manfaat berkebun untuk kesehatanmu. 

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Hobi Berkebun? Ini 5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkanilustrasi orang berkebun (unsplash.com/Sandie Clarke)

Kegiatan berkebun tentunya membuat tanganmu kotor, namun hal tersebut ternyata baik untuk kesehatan lho. Sebab, bakteri yang dikandung tanah dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Dalam penelitian University of Copenhagen juga mengungkapkan bahwa berkebun dapat mencegahmu terkena alergi dan mengurangi derajat keparahan karena alergi. 

Selain itu, karena berkebun dilakukan di ruang terbuka maka sinar matahari terutama di pagi hari secara tidak langsung akan memberi vitamin D bagi kulitmu yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Vitamin D juga bermanfaat untuk menambah kalsium yang berguna untuk kekuatan tulang-tulangmu.

2. Membantu mengurangi stres

Hobi Berkebun? Ini 5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkanilustrasi orang berkebun (unsplash.com/Filip Urban)

Jika kamu sedang jenuh karena rutinitas kamu yang sibuk dan membosankan, maka kamu harus mempertimbangkan kegiatan satu ini untuk membantu mengurangi stres yang kamu alami. Saat berkebun, pikiran menjadi fokus dan tenang. Kamu bisa lupa sejenak pada aktivitas padat yang kamu lalui. 

Berkebun mampu menciptakan suasana hati dan pikiran yang lebih damai. Hal itu ada keterkaitan aktifnya sensorik manusia terhadap nuansa alam sekitar mereka.

Kamu juga akan merasa puas serta bangga ketika dapat merawat dan menikmati hasil kebun yang kamu tanam sendiri, apalagi jika kamu berbagi hasil tanam tersebut dengan orang-orang sekitarmu.

Baca Juga: Hiburan di Masa Pandemik, 9 Seleb Pria Ini Hobi Berkebun

3. Menjaga berat badan

Hobi Berkebun? Ini 5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkanilustrasi orang berkebun (unsplash.com/Priscilla Du Perez)

Mulai dari mencabut rumput liar, memindahkan tanaman ke dalam pot, menggali tanah, memupuk tanaman, sampai menyiram tanaman. Kegiatan berkebun akan mendorong seseorang untuk terus bergerak aktif membuat kalori dalam tubuh terbakar. Meskipun termasuk gerakan ringan, namun badan akan dibuat lebih bugar juga meningkatkan koordinasi pada tubuh.  

Dalam jurnal yang dikeluarkan oleh American Journal of Public Health, berkebun dapat membantu mengurangi berat badan 5-7 kilogram. Penelitian yang lain oleh Westminster University menyatakan seseorang yang aktif merawat tanaman di kebun memiliki BMI (Body Mass Index) dibanding mereka yang tidak berkebun. Kamu juga bisa menikmati makanan yang sehat dari hasil kebunmu tanpa takut kalori!

4. Menjaga kesehatan otak dan mental

Hobi Berkebun? Ini 5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkanilustrasi orang berkebun (instagram.com/phsgardening)

Bukan hanya kesehatan fisik, ternyata berkebun juga dapat menjaga kesehatan otak dan mencegah demensia di masa tua lho. 

Dilansir CNN, dalam penelitian Journal of Alzheimer's Disease menyatakan berkebun dapat melindungi kesehatan kognitif, meningkatkan volume otak, meningkatkan retensi memori jangka pendek, dan menurunkan risiko alzheimer hingga 50%.

Joel Flagrel, seorang profesor terapi holtikultura dari Rutgers University mengungkapkan bahwa berkebun dapat mempercepat pemulihan dan meningkatan suasana hati yang membuat masa inap lebih pendek di fasilitas kesehatan mental dan rumah sakit.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung dan gangguan saluran pernapasan

Hobi Berkebun? Ini 5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkanilustrasi orang berkebun (unsplash.com/CDC)

Dilansir Hello Sehat, berkebun dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung hingga 30% berdasarkan penelitian yang dikeluarkan oleh The British Journal of Sports

Fungsi pernapasanmu juga akan lebih baik, karena tumbuhan yang kamu tanam akan memberikan kualitas udara yang sehat. Hal itu akan menurunkan risiko terkena gangguan pernapasan. 

Nah, karena kamu sudah membaca kelima manfaat berkebun di atas, apakah kamu tertarik untuk memulainya? 

Baca Juga: 13 Potret Hobi Baru Anjasmara, Berkebun dan Koleksi Tanaman 

Yona Ziolina Photo Writer Yona Ziolina

Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional yang suka memasak dan membuat journal.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya