Comscore Tracker

Selama Pandemik Asupan Vitamin E Wajib Dipenuhi, Ini 5 Alasannya!

Selama pandemik kebutuhan vitamin E juga harus kamu penuh

Jakarta, IDN Times - Vitamin E selama ini dikenal sebagai vitamin yang dapat menjaga kesehatan kulit. Salah satu sebabnya karena vitamin E ini kaya akan antioksidan yang dapat meremajakan kulit dan dapat melawan dampak buruk dari lingkungan misalnya dari paparan polusi yang kamu temui setiap hari dan sebagainya.

Dari hal ini gak heran jika selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa Vitamin E hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Padahal vitamin E juga punya manfaat lain nih buat tubuh, apalagi di masa pandemik seperti sekarang, salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Gak hanya itu, ternyata vitamin E juga masih menyimpan manfaat lainnya lho. Apa saja? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Vitamin E kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas

Selama Pandemik Asupan Vitamin E Wajib Dipenuhi, Ini 5 Alasannya!Shutterstock/Sushiman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vitamin E ini mengandung banyak antioksidan. Tapi gak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit saja, vitamin E juga bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh kamu, terutama dari radikal bebas. 

Nah, buat kamu yang belum tahu, radikal bebas ini gak hanya bisa didapat dari luar tubuh seperti misalnya saat kita terpapar polusi, asap rokok atau zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh lainnya. Radikal bebas ini merupakan sebutan lain dari sel-sel rusak yang juga terbentuk dari hasil pembakaran oksigen dalam tubuh. Untuk itu, kita butuh cukup antioksidan nih untuk mencegah banyak radikal bebas yang beredar dalam tubuh. 

Baca Juga: Menyehatkan Kulit hingga Jantung, Ini 6 Manfaat Konsumsi Vitamin E 

2. Vitamin E mampu mencegah terbentuknya hasil oksidasi yang toksik

Selama Pandemik Asupan Vitamin E Wajib Dipenuhi, Ini 5 Alasannya!Shutterstock/newroadboy

Oksidasi merupakan proses pemanfaatan oksigen dalam tubuh. Bayangkan saja saat kita menghirup oksigen, saat itu pula kita memasukan oksigen ke dalam tubuh, kemudian oksigen beredar dalam darah dan digunakan untuk melakukan proses metabolisme tubuh. Hasil metabolisme salah satunya adalah radikal bebas yang sifatnya toksik atau beracun bagi tubuh.

Sebagai antioksidan, Vitamin E bisa mencegah proses oksidasi oleh radikal bebas yang berasal dari sinar Ultraviolet dari matahari, polusi, debu, AC maupun asap kendaraan bermotor terhadap sel-sel kulit. Nah, vitamin E dapat menangkap radikal bebas peroxyl yang merupakan hasil peroksidasi asam lemak tidak jenuh. Selain itu vitamin E juga berfungsi menjaga stabilitas dan integritas membran sel-sel kulit serta melindungi komponen-komponennya dari toksisitas berbagai macam obat, logam berat dan zat kimia lain yang akan membentuk radikal bebas.

3. Pelindung terhadap sinar matahari

Selama Pandemik Asupan Vitamin E Wajib Dipenuhi, Ini 5 Alasannya!Shutterstock/theshots.co

Masih dengan peran antioksidan yang dimiliki vitamin E, vitamin yang satu ini juga dapat melindungi kamu dari paparan sinar matahari lho. Seperti yang kita tahu, sinar matahari mengandung sinar UV A dan UV B yang dapat merusak kesehatan kulit. 

Nah, vitamin E ini dapat menyerap sinar UV dari matahari. Dengan vitamin E yang kita konsumsi, peningkatan efek Photoprotective yang dihasilkannya membuat tubuh kita dapat meminimalisasi kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Hal ini dapat membantu mencegah terbentuknya bintik hitam dan juga kerutan.Namun, walau kamu sudah mengonsumsi vitamin E secara rutin, tetap usahakan untuk gak terpapar matahari secara langsung ya!

4. Vitamin E dapat memelihara kesehatan kulit

Selama Pandemik Asupan Vitamin E Wajib Dipenuhi, Ini 5 Alasannya!Shutterstock/paulaphoto

Kalau tadi manfaat-manfaat Vitamin E yang banyak gak diketahui orang, sekarang waktunya kita bahas manfaat vitamin E yang sering banget disebut bahkan sejak kita masih ada di bangku sekolah dasar nih, guys. Apalagi kalau bukan soal memelihara kesehatan kulit.

Vitamin E bisa memelihara kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat pada vitamin E dapat menjaga kelembaban kulit, karena di setiap lapisan kulit mengandung vitamin E yang mencegah agar gak terjadi penguapan air berlebihan dari kulit, sehingga dapat mencegah kulit kering deh.

5. Vitamin E juga dapat menjaga daya tahan tubuh atau imunitas

Selama Pandemik Asupan Vitamin E Wajib Dipenuhi, Ini 5 Alasannya!IDN Times/Natur-E

Last but not least, ini nih yang gak terduga, ternyata vitamin E juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh atau imunitas kita. Apalagi di momen pandemi seperti sekarang ini tubuh tentu harus lebih kuat agar gak mudah ‘tumbang’ karena virus, bakteri, dan pencetus lainnya. 

Hal ini dikarenakan vitamin E punya fungsi menjaga keutuhan struktur kulit, mengaktifkan sistem imunitas tubuh seperti meningkatkan aktivitas antibodi, dan mencegah kerusakan sel-sel daya tahan tubuh dari radikal bebas. 

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin E, kamu bisa menemukannya di beberapa jenis makanan. Namun, vitamin E di sumber makanan ini gak serta-merta memenuhi kebutuhanmu akan vitamin E. Makanya kamu butuh tambahan asupan Vitamin E dengan konsumsi suplemen seperti Natur-E. Natur-E merupakan suplemen dengan kandungan utama vitamin E  yang berasal dari bahan alami seperti minyak biji gandum dan minyak biji bunga matahari. 

Selama Pandemik Asupan Vitamin E Wajib Dipenuhi, Ini 5 Alasannya!IDN Times/Natur-E

Buat kamu yang ingin mengonsumsi vitamin E, ada aturan dosis berdasarkan usia dan kondisi kulit nih. Vitamin E dengan dosis 100 IU(Internal Units) direkomendasikan untuk kamu yang punya masalah kulit seperti kusam, berjerawat yang biasa dialami pada usia di bawah 25 tahun. Kamu bisa mengonsumsi Natur-E 100.

Untuk kamu yang punya masalah kulit mudah kering dengan berbagai macam kegiatan di dalam atau luar ruangan, dianjurkan mengonsumsi Vitamin E dengan dosis 300 IU per hari. Ini biasa terjadi pada kamu yang berusia di atas 25 tahun. Tapi bisa kamu atasi dengan mengonsumsi Natur-E 300.

Sementara untuk kamu yang berusia di atas 35 tahun, kamu bisa menggunakan Natur-E Advanced yang dapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus. Selain itu, ada juga varian Natur-E White Suplemen yang membantu merawat dan menutrisi kulit dari dalam agar kulit sehat dan lebih cerah secara alami. Oh iya, Natur-E White ini juga ada produk perawatan kulit yang lengkap mulai dari Hand & Body Serum, Face Wash, Brightening Serum, Day Cream dan Night Cream. Oh iya, nggak perlu khawatir, Natur-E ini halal dan aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Untuk tahu informasi selengkapnya, langsung klik di sini ya!

Nah, itu tadi ulasan seputar manfaat dari vitamin E yang ternyata gak hanya sebatas menjaga kesehatan kulit saja. Jadi, kamu sudah cukup mengonsumsi vitamin E belum hari ini, guys? (CSC)

Baca Juga: Selain Vitamin C, 6 Mikronutrien Ini Juga Bagus untuk Sistem Imun

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya