Comscore Tracker

Air Kelapa Menetralkan Efek Samping Vaksin COVID-19? Ini Faktanya!

Minum air kelapa tidak berpengaruh pada efek vaksin

Vaksinasi menjadi salah satu upaya untuk menekan penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Hingga saat ini, vaksinasi COVID-19 telah mencapai 300 juta dosis per 18 Januari 2022 dan masih terus dilakukan hingga mencapai target yang telah ditentukan, yaitu 416,4 juta suntikan.

Namun belakangan, beredar kabar yang mengatakan bahwa sebelum atau setelah vaksinasi, masyarakat disarankan minum air kelapa. Beberapa orang menganggap minum air kelapa dapat menetralkan efek samping vaksin. Benarkah begitu? Yuk, simak uraian berikut ini sampai habis!

1. Kabar air kelapa dapat menetralkan vaksin

Air Kelapa Menetralkan Efek Samping Vaksin COVID-19? Ini Faktanya!ilustrasi air kelapa (unsplash.com/Meimei Ismail)

Kabar mengenai air kelapa dapat menetralkan efek vaksin sudah terdengar bahkan awal sejak tahun lalu. Hal tersebut semakin ditekankan oleh seorang joki vaksin yang mengaku selalu minum air kelapa sebelum dan setelah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Vaksin dianggap mempunyai efek negatif seperti menyebabkan efek samping oleh sebagian masyarakat. Gak heran jika sebagian orang mempunyai anggapan “racun” dari vaksin dapat dinetralkan oleh air kelapa. Namun, hal ini ternyata tidak benar.

2. Bagaimana kebenarannya?

Air Kelapa Menetralkan Efek Samping Vaksin COVID-19? Ini Faktanya!ilustrasi hoaks (pixabay.com/viarami)

Informasi tentang air kelapa dapat menjadi penawar atau menetralkan vaksin adalah tidak benar alias hoaks. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di laman resminya pada tanggal 19 Januari 2021. Menurut keterangannya, hingga kini tidak ada penelitian yang membuktikan air kelapa dapat menetralkan vaksin.

Hal senada dijelaskan pada laman National Geographic yang mengatakan bahwa peneliti belum melakukan pengujian tentang efek meminum air kelapa terhadap vaksin, apakah mempengaruhi antibodi atau respons imun lainnya. Jadi, hingga kini, tidak ada bukti ilmiah minum air kelapa dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan efek samping vaksin.

Baca Juga: Mengapa Vaksin Booster Diberikan Kombinasi Vaksin yang Berbeda?

3. Kandungan air kelapa

Air Kelapa Menetralkan Efek Samping Vaksin COVID-19? Ini Faktanya!ilustrasi air kelapa (unsplash.com/Xiaoyu Li)

Ada kepercayaan di masyarakat, keracunan makanan dapat dinetralkan dengan air kelapa. Saat keracunan makanan, umumnya akan mengeluhkan mual, muntah, hingga diare. Air kelapa bermanfaat untuk mengatasi banyaknya cairan dan elektrolit yang keluar dari tubuh. 

Air kelapa mengandung berbagai elektrolit yang dibutuhkan tubuh terutama saat dehidrasi. Cairan tersebut mengandung potasium, sodium, dan magnesium yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Jika dilihat dari sini, kandungan air kelapa tidak ada hubungannya dengan vaksin. Meskipun begitu, meminum air kelapa sebelum atau sesudah vaksin tetap dipersilakan dengan tujuan melegakan dahaga, kecuali pada kondisi medis tertentu seperti gagal ginjal kronis. 

4. Mengapa muncul efek samping setelah vaksin?

Air Kelapa Menetralkan Efek Samping Vaksin COVID-19? Ini Faktanya!ilustrasi setelah vaksinasi (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Menurut keterangan Badan Kesehatan Dunia (WHO), vaksin mengandung mikroorganisme, seperti virus yang telah dimatikan atau telah dilemahkan, sehingga sebenarnya tidak akan membuat kita sakit. Namun karena ia berisi “benda asing”, tubuh akan bereaksi dengan membentuk antibodi untuk melawannya. Reaksi imun ini dapat menimbulkan keluhan pada sebagian orang dan merupakan hal normal.

Pada beberapa orang setelah vaksinasi akan mengeluhkan reaksi lokal, seperti nyeri atau bengkak pada lokasi suntikan. Ada pula yang mengeluhkan reaksi sistemik, seperti sakit kepala, demam, atau nyeri otot setelah vaksinasi.

5. Cara mengatasi efek samping setelah vaksin

Air Kelapa Menetralkan Efek Samping Vaksin COVID-19? Ini Faktanya!ilustrasi minum (pexels.com/Artem Podrez)

Berbagai efek yang muncul setelah vaksin adalah hal yang normal. Keluhan yang muncul bukan disebabkan oleh vaksin, tapi disebabkan reaksi tubuh dalam membentuk antibodi. Keluhan tersebut akan hilang dengan sendirinya beberapa hari.

Untuk mengatasi reaksi lokal seperti nyeri atau bengkak pada area suntikan, kamu dapat mengompresnya dengan kain yang dibasuh air dingin. Jika merasakan keluhan sistemik, seperti demam, nyeri otot, maupun rasa kelelahan, atasi dengan memperbanyak minum air putih. Apabila keluhan dirasa sangat mengganggu, maka obat pereda nyeri dapat menjadi pilihan untuk mengurangi rasa nyeri atau demam.

Kabar mengenai air kelapa dapat menghilangkan efek samping dari vaksin adalah hoaks. Pasalnya, hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut. Meskipun begitu, meminum air kelapa sebelum atau sesudah vaksin tetap diperbolehkan, kecuali pada kondisi medis tertentu seperti gagal ginjal kronis.

Baca Juga: Ini Manfaat Vaksin Booster Menurut Ahli Mikrobiologi Sumsel

Dewi Purwati Photo Verified Writer Dewi Purwati

Health enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya