Comscore Tracker

8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Konsumsi Sayur Pakcoy

Pakcoy dapat mencegah kanker lho!

Pakcoy (Brassica rapa L.) atau lebih dikenal dengan sebutan sawi sendok merupakan tanaman yang berasal dari Benua Asia yaitu Tiongkok dan Asia Timur. Pakcoy merupakan salah satu varietas tanaman yang satu keluarga dengan tanaman sawi putih dan sawi hijau.

Pakcoy memiliki banyak kandungan nutrisi yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, asam folat, protein, karbohidrat, serat, kalium, kalsium, magnesium dan zat besi. Penasaran apa saja manfaat dari mengonsumsi pakcoy? Yuk simak guys.

1. Kekebalan tubuh meningkat

8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Konsumsi Sayur Pakcoyunsplash.com/Ben White

Cuaca tak menentu dapat menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit, untuk menghindari hal tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi sayur pakcoy. Pakcoy memiliki manfaat dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan pakcoy memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C berperan sebagai anti oksidan alami yang berperan sebagai penjaga kekebalan tubuh. 

2. Kesehatan jantung meningkat

8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Konsumsi Sayur Pakcoyunsplash.com/Robina Weermeijer

Penyakit jantung merupakan penyakit mematikan nomor satu di dunia. Pakcoy dapat menjaga kesehatan jantung karena pakcoy mengandung vitamin B6 dan asam folat yang berfungsi dalam menekan hemosostein asam amino di dalam darah. Hal ini dapat merendahkan kadar hemosostein yang dapat memicu risiko penyakit kardiovaskular. 

3. Mata menjadi lebih sehat

8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Konsumsi Sayur Pakcoyunsplash.com/Vanessa Bumbeers

Pakcoy merupakan salah satu tanaman hijau yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Selain itu pakcoy juga mengandung zat lutein, zea xhantin dan beta karoten yang berguna untuk kesehatan retina mata. Karotenoid pada pakcoy berperan dalam memperbaiki penglihatan di malam hari, mencegah katarak dan menghambat degradasi mocular. 

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Ulat Pada Sayuran, Praktis dan Mudah

4. Tulang menjadi kuat dan terhindar dari osteopoporosis

8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Konsumsi Sayur Pakcoyunsplash.com/Clique Images

Kekuatan tulang akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Pakcoy mengandung banyak vitamin K. Vitamin K berfungsi dalam proses metabolisme tulang dengan menaikkan pertumbuhan tulang. Pakcoy juga mengandung mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium dan zink yang menjadikan tulang kuat dan padat sehingga dapat mencegah osteoporosis. 

5. Kulit menjadi halus dan kenyal

8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Konsumsi Sayur Pakcoyunsplash.com/Coline Haslé

Kulit cantik, halus dan sehat dapat dimiliki dengan cara mengonsumsi sayur pakcoy. Anti oksidan pada pakcoy dapat menghalau radikal bebas akibat polusi atau paparan sinar matahari yang berlebihan. Selain itu, pakcoy mengandung vitamin C dan K yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit menjadi kenyal, lembapb dan tidak keriput. 

6. Tekanan darah tinggi menurun

8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Konsumsi Sayur Pakcoyunsplash.com/Hush Naidoo

Tekanan darah tinggi berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu penyakit stroke, jantung dan ginjal. Tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan mengonsumsi pakcoy. Kombinasi dari kalium, kalsium dan magnesium dapat menurunkan tekanan darah secara perlahan sehingga tekanan darah dapat kembali normal. 

7. Dapat mengurangi risiko terkena kanker

8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Konsumsi Sayur Pakcoyunsplash.com/Drew Hayes

Penyakit kanker merupakan penyakit yang paling menakutkan dan masih terbilang susah untuk disembuhkan, namun penyakit tersebut dapat dicegah salah satunya dengan mengkonsumsi pakcoy. Pakcoy mengandung senyawa glucosinolate yang dapat berubah menjadi senyawa isothiosinolate yang dapat berkhasiat untuk pencegahan penyakit kanker. 

8. Pencernaan menjadi lancar

8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Konsumsi Sayur Pakcoyunsplash.com/Gesina Kunkel

Kurangnya asupan serat menyebabkan sistem pencernaan kurang lancar. Masalah pencernaan kurang lancar dapat diatasi dengan mengonsumsi pakcoy. Tanaman hijau ini mengandung serat cukup tinggi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan serta melancarkan sistem pencernaan.

Nah itulah 8 manfaat yang kita dapat dengan mengonsumsi pakcoy. Yuk makan pakcoy! 

Baca Juga: 10 Makanan Berbahan Sayuran Paling Enak, Cita Rasa Indonesia Banget!

Nadhiifah Nurul Haq Photo Writer Nadhiifah Nurul Haq

doritos lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya