Comscore Tracker

10 Penyakit yang Disebarkan lewat Gigitan Nyamuk, Waspada ya!

Meski panjang tubuhnya hanya 3-6 mm, jangan remehkan nyamuk

Nyamuk, hewan kecil berukuran 3-6 mm dengan berat hanya 5 mg adalah musuh bagi banyak orang. Bukan hanya gigitannya yang menyebabkan rasa sakit, gatal-gatal dan bentol, serta suaranya yang bising, nyamuk juga punya kemampuan untuk menyebarkan penyakit, lho.

Bahkan, ada banyak penyakit mematikan yang ditularkan lewat gigitan nyamuk. Baca sampai habis untuk melindungi diri sendiri dan keluarga, yuk!

1. Demam berdarah

10 Penyakit yang Disebarkan lewat Gigitan Nyamuk, Waspada ya!healthxchange.sg

Penyakit ini sudah cukup familiar di Indonesia. Demam berdarah menyebar ke manusia lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Gejalanya yang mudah dikenali adalah demam, ruam, sakit kepala, gusi berdarah, dan mudah memar, ungkap laman Web MD.

Demam berdarah umum terjadi di banyak negara, mulai dari Asia Tenggara, Amerika Latin, sampai Kepulauan Pasifik. Menurut World Health Organization (WHO), ada sekitar 100-400 juta orang yang terinfeksi demam berdarah setiap tahun.

2. Malaria

10 Penyakit yang Disebarkan lewat Gigitan Nyamuk, Waspada ya!mmv.org

Malaria juga dikenal dengan nama infeksi plasmodium. Penyakit yang mengancam nyawa ini disebabkan oleh parasit dan ditularkan lewat gigitan nyamuk Anopheles betina. Berdasarkan data dari WHO, ada 228 juta kasus malaria di seluruh dunia pada tahun 2018.

Bahkan, diperkirakan malaria telah merenggut 405 ribu nyawa pada tahun 2018! Yang paling rentan terkena malaria adalah anak-anak di bawah 5 tahun. Gejala yang bisa dikenali adalah demam, sakit kepala, kedinginan, anemia berat, gangguan pernapasan, dan bisa berujung pada kematian.

3. Chikungunya

10 Penyakit yang Disebarkan lewat Gigitan Nyamuk, Waspada ya!consultqd.clevelandclinic.org

Selanjutnya ada chikungunya, penyakit yang menyebar ke manusia lewat gigitan nyamuk yang terinfeksi. Menurut laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), gejala chikungunya adalah demam di atas 40°C, nyeri otot, ruam, pembengkakan sendi, artritis, dan sakit kepala.

Nyamuk yang menyebarkan chikungunya berasal dari jenis Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Menurut laman Medscape, ada 1,8 juta kasus chikungunya di 44 negara pada tahun 2017. Tingkat kematian akibat chikungunya diperkirakan 1:1000.

4. Zika

10 Penyakit yang Disebarkan lewat Gigitan Nyamuk, Waspada ya!cfr.org

Lagi-lagi, nyamuk dari spesies Aedes aegypti dan Aedes albopictus adalah penyebar penyakit mematikan. Bukan hanya menyebarkan chikungunya, tetapi juga penyakit zika. Menurut CDC, zika bisa diturunkan dari wanita hamil ke janinnya.

Alhasil, infeksi selama kehamilan bisa memicu cacat lahir tertentu. Untuk mengetahui seseorang terkena zika, dokter akan meminta sampel darah atau urine untuk diteliti. Penyakit zika dilaporkan terjadi di Afrika, Asia, dan Oceania, ungkap laman Medscape.

5. Penyakit Nil barat

10 Penyakit yang Disebarkan lewat Gigitan Nyamuk, Waspada ya!npr.org

Seberapa berbahaya penyakit Nil barat alias west Nile disease? Menurut WHO, virus ini bisa menyebabkan penyakit neurologis yang fatal pada manusia. Akan tetapi, 80 persen orang yang terinfeksi tidak akan menunjukkan gejala.

Sisa 20 persen akan mengalami gejala ruam kulit, demam, sakit kepala, mual, muntah, kelelahan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Penyakit ini memang disebarkan oleh nyamuk, tetapi inang alaminya adalah burung.

Menurut studi berjudul "Avian Hosts of West Nile Virus in Arizona" yang diterbitkan di The American Journal of Tropical Medicine and Hygiene pada tahun 2013 menemukan bahwa inang alaminya adalah burung gereja rumah (Passer domesticus), finch rumah (Haemorhous mexicanus), dan beberapa burung lainnya.

Baca Juga: 7 Virus yang Mudah Berkembang Biak di Daerah Tropis seperti Indonesia

6. Demam kuning

10 Penyakit yang Disebarkan lewat Gigitan Nyamuk, Waspada ya!presse.inserm.fr

Demam kuning (yellow fever) ini berbeda dari penyakit kuning (jaundice). Demam kuning ditularkan oleh nyamuk yang terinfeksi dan memiliki gejala seperti sakit kepala, nyeri otot, mual, muntah, demam, dan kelelahan, tutur WHO pada laman resminya.

Bahkan, pasien dengan gejala parah setengahnya akan meninggal dalam waktu 7-10 hari! WHO mengestimasi bahwa ada 200 ribu kasus dan 30 ribu kematian per tahun akibat demam kuning. Untungnya, demam kuning bisa dicegah dengan vaksin dan satu dosis vaksin bisa memberi perlindungan seumur hidup.

7. La Crosse encephalitis

10 Penyakit yang Disebarkan lewat Gigitan Nyamuk, Waspada ya!nejm.org

Mungkin, penyakit ini terdengar asing di telinga kita. La Crosse encephalitis adalah penyakit yang disebarkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Penyakit ini bisa mempengaruhi sistem saraf, ensefalitis (radang otak), kejang, koma, dan kelumpuhan. Seram kan?

Masa inkubasi virus berlangsung selama 5-15 hari, lalu muncul gejala seperti demam (selama 2-3 hari), sakit kepala, mual, muntah, kelelahan, dan kewaspadaan yang berkurang. Jangan khawatir karena kasus fatal hanya terjadi kurang dari 1 persen. Namun, tetaplah waspada karena hingga kini vaksinnya belum ditemukan.

8. Demam lembah rift

10 Penyakit yang Disebarkan lewat Gigitan Nyamuk, Waspada ya!biomedcentral.com

Sebenarnya, demam lembah Rift atau Rift Valley fever (RVF) lebih banyak menyerang hewan ternak, namun juga bisa menginfeksi manusia. Pada manusia, gejalanya berkisar dari flu ringan hingga demam berdarah parah, jelas laman WHO.

Biasanya, manusia bisa tertular setelah melakukan kontak dengan darah atau organ hewan yang terinfeksi. Tak heran kalau profesi penggembala, petani, pekerja rumah jagal, serta dokter hewan lebih berisiko.

9. Jamestown Canyon

10 Penyakit yang Disebarkan lewat Gigitan Nyamuk, Waspada ya!cdc.gov

Apa itu Jamestown Canyon? Ini merupakan virus yang menyebar lewat nyamuk yang terinfeksi. Gejala yang paling umum adalah demam, sakit kepala, dan kelelahan. Bisa menyebabkan infeksi otak (ensefalitis) dan selaput di sekitar otak (meningitis), tetapi sangat jarang, tutur laman CDC.

Biasanya infeksi ini terjadi di bulan April hingga September. Menurut studi berjudul "Jamestown Canyon Virus Disease in the United States—2000–2013" yang diterbitkan di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene (AJTMH) pada tahun 2015, ada 31 kasus di 13 negara bagian di Amerika Serikat dari periode 2000-2013.

10. Snowshoe hare

10 Penyakit yang Disebarkan lewat Gigitan Nyamuk, Waspada ya!menshealth.com

Dan terakhir ada virus snowshoe hare. Virus ini pertama diidentifikasi di Montana, Amerika Serikat, pada tahun 1958. Penyebarannya mencakup Alaska, Kanada, dan Asia Timur, tutur laman Boston University Research Support.

Sebenarnya, virus yang menyebar lewat gigitan nyamuk ini jarang menyerang manusia. Gejala yang bisa dikenali adalah sakit kepala, mual, muntah, kebingungan, dan kejang.

Bahkan, menurut studi berjudul "Snowshoe Hare Virus Causing Meningoencephalitis in a Young Adult From Northern Manitoba, Canada" yang diterbitkan pada tahun 2017, menyebut bahwa virus ini bisa menyebabkan meningoencephalitis, peradangan otak dan jaringan di sekitarnya.

Nah, itulah 10 penyakit yang disebarkan lewat gigitan nyamuk. Yuk berhati-hati agar tidak terkena penyakit tersebut!

Baca Juga: 7 Vaksin yang Perlu Kamu Dapatkan, Langkah Preventif Cegah Penyakit

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya