Comscore Tracker

7 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh yang Harus Kamu Tahu

Batuk tak kunjung sembuh hingga 1-2 minggu? Ini penyebabnya!

Di kala musim penghujan, penyakit pun mulai berdatangan. Mulai dari flu, batuk, diare, bahkan sampai DBD dan tifus! Bahkan, kondisi ringan seperti batuk bisa terasa menyiksa kalau tak kunjung sembuh meski sudah diobati sekalipun.

Mau tahu apa saja kondisi penyebab batuk tak kunjung sembuh? Simak penjelasannya lewat artikel berikut ini!

1. Kekurangan cairan

7 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh yang Harus Kamu Tahuilustrasi batuk (freepik.com/jcomp)

Kita perlu minum air minimal 2 liter per hari, baik saat sehat maupun sedang sakit. Kamu perlu meminum banyak cairan saat terkena flu. Sebab, cairan ini berfungsi untuk melonggarkan lendir di saluran udara sehingga batuk dan dahak bisa keluar, seperti dilansir WebMD.

Kamu tidak disarankan untuk minum minuman beralkohol atau yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Sebab, minuman ini bisa membuat kita dehidrasi dan membuat kita sembuh lebih lama. Minuman ini juga bersifat diuretik, sehingga efeknya kita akan lebih sering buang air kecil.

2. Saluran udara membengkak karena virus

7 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh yang Harus Kamu Tahuilustrasi batuk untuk mengeluarkan dahak (myhealth1st.com.au)

Resah karena batuk tak kunjung sembuh? Rupanya batuk kronis bisa diakibatkan oleh pilek dan infeksi virus. Memang, biasanya pilek bisa menyebabkan batuk, hidung tersumbat, demam, hingga sakit tenggorokan. Semua ini memang saling berkaitan.

Sebagian besar pilek dan batuk gejalanya akan hilang dalam beberapa hari. Namun, batuk bisa bertahan selama berminggu-minggu karena saluran udara membengkak akibat virus. Waspadai apabila batuk terjadi lebih dari 8 minggu, karena bisa jadi itu adalah pertanda batuk kronis, mengutip Medical News Today.

3. Disebabkan oleh infeksi bakteri

7 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh yang Harus Kamu Tahuilustrasi batuk (youmed.vn)

Bukan hanya virus, batuk yang tak kunjung sembuh juga bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri. Ini terjadi ketika saluran udara teriritasi setelah pilek, bakteri akan lebih mudah menyerang karena sistem imun kita sedang dalam kondisi lemah.

Bakteri ini bisa menyebabkan bronkitis, infeksi sinus, pneumonia hingga batuk berkepanjangan. Biasanya, batuk yang disertai dengan demam dipicu oleh infeksi bakteri. Dokter pun akan menganjurkan kita untuk meminum antibiotik untuk mengatasinya.

4. Dipicu oleh udara yang terlalu kering atau terlalu lembap

7 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh yang Harus Kamu Tahuilustrasi humidifier (atmospherecomfort.com)

Tingkat kelembapan yang aman bagi manusia adalah 30-50 persen. Jika tingkat kelembapan berada di atas itu, maka akan berpotensi memicu pertumbuhan bakteri berbahaya, debu dan jamur, dilansir Apartment Therapy.

Sementara itu, kadar kelembapan di bawah 30 persen bisa mengiritasi mata, hidung dan tenggorokan. Udara kering bisa menyebabkan batuk. Jika terlalu lembap, ini pada akhirnya bisa memicu asma dan reaksi alergi. Jadi, perhatikan tingkat kelembapan udara jika ingin lekas sembuh dari batuk, ya!

Baca Juga: 10 Penyakit yang Sebabkan Batuk serta Durasi Batuk Berlangsung

5. Bisa dipicu oleh masalah kesehatan yang sudah ada sebelumnya

7 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh yang Harus Kamu Tahuilustrasi asma (imperial.ac.uk)

Rupanya, batuk berkepanjangan bisa dipicu oleh masalah kesehatan yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, alergi dan asma bisa memicu dan memperparah batuk. Begitu pula dengan refluks asam dan sleep apnea yang bisa menyebabkan batuk kronis.

Beberapa gejala refluks asam adalah serdawa, mulas, dan batuk yang berkepanjangan. Sementara itu, gejala sleep apnea adalah mendengkur keras, insomnia, tersedak atau terengah-engah pada malam hari, sering terbangun saat tidur dan rasa kantuk berlebihan pada siang hari.

6. Bisa dipicu oleh stres

7 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh yang Harus Kamu Tahuilustrasi stres (pexels.com/Nathan Cowley)

Tidak hanya berdasar alasan medis, batuk yang tak kunjung sembuh juga bisa disebabkan oleh masalah psikologis. Stres di tempat kerja akan memicu penyakit fisik, salah satunya adalah batuk. Istilahnya adalah batuk psikogenik yang meningkat saat stres, dilansir Economic Times.

Di sisi lain, ada batuk kecemasan atau anxiety cough, di mana kita batuk saat cemas dan gugup, bukan karena infeksi bakteri atau virus. Ciri-cirinya adalah rasa menggelitik di tenggorokan dan paru-paru yang bisa membuat kita batuk, terang laman Anxiety Center. Batuk ini bisa hilang ketika kita rileks dan pikiran tidak tertekan.

7. Bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu

7 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh yang Harus Kamu Tahuilustrasi obat-obatan (IDN Times/Aditya Pratama)

Terakhir, batuk yang tak kunjung sembuh juga bisa dipicu oleh obat-obatan tertentu. Misalnya, ACE inhibitor, obat yang berfungsi untuk menghambat kinerja enzim angiotensin-converting enzyme. Diperkirakan 1 dari 5 orang yang meminum obat ini akan mengalami batuk kering dan kronis sebagai efek samping, mengutip WebMD.

Begitu pula jika kamu memakai semprotan dekongestan hidung selama lebih dari 3 hari. Ketika kita berhenti menggunakannya, akan timbul gejala seperti selaput hidung membengkak, hidung tersumbat, hingga batuk. Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai obat yang kamu konsumsi, ya!

Nah, itulah sederet alasan penyebab batuk tak kunjung sembuh. Bila khawatir dengan batuk yang tak hilang-hilang, apalagi bila disertai gejala tak biasa lainnya, sebaiknya segera temui dokter agar bisa mendapat diagnosis dan perawatan yang tepat.

Baca Juga: 8 Cara Alami untuk Meredakan Batuk akibat COVID-19

Topic:

  • Ernia Karina
  • Bayu D. Wicaksono
  • Nurulia
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya