Comscore Tracker

Tips Jaga Kesehatan Menjelang Idul Fitri di Tengah Pandemik COVID-19

#RamadanDiRumah #DiRumahAja ya guys!

Hanya tinggal beberapa hari lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri setelah berpuasa sebulan penuh. Pandemik COVID-19 membuat Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan menjelang Hari Raya:

1. Mengatur pola makan yang sehat dan seimbang

Tips Jaga Kesehatan Menjelang Idul Fitri di Tengah Pandemik COVID-19Pexels/mentatdgt

Atur pola makan yang sesuai. Sahur dengan makan makanan berserat agar rasa kenyang dapat bertahan lebih lama dan minum banyak air putih agar terhindar dari dehidrasi pada saat berpuasa.

Awali berbuka dengan minum air putih secukupnya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Kemudian makan kurma atau makanan yang mengandung gula alami lainnya. Makan makanan yang mengandung karbohidrat dan konsumsi sayuran. Konsumsi buah-buahan sebagai pelengkap makanan berbuka. Hindari makan secara berlebihan.

2. Olahraga teratur 

Tips Jaga Kesehatan Menjelang Idul Fitri di Tengah Pandemik COVID-19Pexels/Jonathan Borba

Saat bepuasa jangan sampai lupa untuk tetap rutin berolahraga. Disarankan untuk olahraga saat sebelum buka puasa atau 2 jam setelah berbuka puasa. Saat puasa, hindari olahraga dengan intensitas berat karena akan mengganggu kondisi tubuh.

Baca Juga: Olahraga Saat Puasa Ramadan? Ini 5 Hal yang Penting Kamu Ketahui!

3. Menjaga kebiasaan tidur dengan benar 

Tips Jaga Kesehatan Menjelang Idul Fitri di Tengah Pandemik COVID-19Pexels/ Ivan Oboleninov

Menjaga pola tidur yang baik sangat penting. Hindari tidur sepanjang hari saat berpuasa. Kebiasaan tersebut hanya akan menyebabkan tubuh lemas, membuat kita cepat lapar dan memudahkan tubuh terserang penyakit. Jika ingin tidur siang, tidurlah sekitar 1 jam agar tubuh kembali segar dan bugar.

4. Mengikuti himbauan pemerintah 

Tips Jaga Kesehatan Menjelang Idul Fitri di Tengah Pandemik COVID-19Pexels/Anna Shvets

Rajinlah cuci tangan setelah menyentuh benda yang sering disentuh banyak orang. Tetap terapkan social distancing dan jangan berpergian jika tidak ada kepentingan mendesak. Jika terpaksa berpergian, gunakan masker, bawalah hand sanitizer, jangan sembarangan menyentuh barang di tempat umum dan hindari tangan menyentuh wajah.

5. Menjaga mental agar tidak termakan berita hoax 

Tips Jaga Kesehatan Menjelang Idul Fitri di Tengah Pandemik COVID-19Pexels/Kaboompics .com

Hindari percaya dengan suatu berita dalam sekali baca. Buktikan dulu kebenaran berita tersebut sebelum mempercayainya karena banyak berita hoax yang beredar seputar COVID-19. Berita hoax yang langsung dipercaya akan mensugesti pikiran untuk terus berpikir negatif. Hal itu akan menyebabkan kesehatan mental menjadi down sehingga tubuh lebih gampang terserang penyakit.

Itulah beberapa tips sederhana yang mudah diterapkan untuk menjaga kesehatan tubuh menjelang Hari Raya. Jaga kesehatan ya, guys!

Baca Juga: Tip Puasa Ramadan Bugar di Masa Pandemik COVID-19 dengan 'SEHATI'

Veren Natasha Photo Writer Veren Natasha

Writing by love

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya