Comscore Tracker

6 Olahraga untuk Meningkatkan Gairah Seksual Perempuan

Exercise for better sex~

Olahraga baik untuk tubuh, setuju?

Tidak hanya baik untuk fisik, olahraga juga mempengaruhi mental, lho. Bahkan bagi perempuan, aktivitas melatih tubuh secara teratur dapat memompa libido. Olahraga untuk meningkatkan gairah seksual perempuan bekerja dengan mempengaruhi hormon, neurotransmiter, dan aktivitas sistem saraf otonom. 

Latihan fisik secara rutin juga meningkatkan dan mempertahankan kadar enzim yang bermanfaat memperlancar aliran dan gairah darah genital pada perempuan. Dilansir Healthgrades, cukup dengan 20 menit olahraga, kamu bisa mendongkrak gairah seksual hingga 169 persen. Berikut latihan fisik yang bisa kamu lakukan.

1. Yoga

6 Olahraga untuk Meningkatkan Gairah Seksual Perempuanilustrasi yoga (freepik.com/freepik)

Seperti diketahui, yoga memberikan relaksasi fisik dan ketenangan pikiran. Di sisi lain, yoga juga meningkatkan kinerja seksual, lho. Sebuah penelitian yang dilakukan di Loyola University Health System, Amerika Serikat menemukan bahwa yoga yang dilakukan bersama pasangan dapat merangsang hubungan seksual karena memperkuat kepercayaan diri, kesenangan, dan mengurangi stres. 

Lantas, mengapa itu berkaitan dengan seks? Stres ketika berhubungan seksual dapat memicu sistem saraf simpatik di atas parasimpatis. Hal tersebut dapat menyugesti tubuh bahwa seks menjadi situasi yang ditakuti atau mengancam. Akibatnya, tubuh tidak bisa rileks dan membatasi permainan seksual sehingga tidak bebas dan santai.

2. Kardio

6 Olahraga untuk Meningkatkan Gairah Seksual Perempuanilustrasi lari pagi (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Olahraga untuk meningkatkan gairah seksual perempuan kedua yakni kardio. Dilansir Verywellfit, kardio merupakan aktivitas berirama yang memicu detak jantung. Kardio umumnya membuat jantung berdetak lebih cepat dan membuatmu bernapas lebih keras.

Berpengaruh langsung pada aktivitas jantung, melakukan kardio secara rutin mampu memompa dan memperlancar aliran darah hingga ke bagian sensitif, lhp. Hasilnya, ini bisa meningkatkan gairah seksual pada perempuan. Olahraga kardio apapun, seperti berlari, bersepeda, dan lainnya mampu memberikan efek sejenis. 

3. Senam kegel

6 Olahraga untuk Meningkatkan Gairah Seksual Perempuanilustrasi kegel (Pexels.com/Anna Shvets)

Diperkenalkan pertama kali sebagai metode pengobatan inkontinensia urine, senam kegel sejatinya dapat memperkuat otot-otot dasar panggul. Pada perempuan, itu memicu orgasme lebih intens yang memuaskan. Selain itu, senam kegel juga bermanfaat meningkatkan libido alias gairah seks. 

Senam kegel dilakukan dengan mengerutkan otot panggul bawah dalam hitungan detik secara berulang. Jika kamu bingung, cukup bayangkan seperti menahan urine saat ingin kencing. Pada saat kegel, hindari menahan napas atau mengencangkan otot bagian lain. Sebaiknya lakukan saat kemih kosong, ya!

Baca Juga: 5 Hal Mudah yang Bisa Memancing Gairah Seksual Pasangan, Tambah Intim!

4. Berenang

6 Olahraga untuk Meningkatkan Gairah Seksual Perempuanilustrasi berenang (Unsplash.com/Taylor Simpson)

Dilansir Webmd, peneliti Harvard menemukan perenang rutin berusia 60an memiliki kehidupan seksual lebih muda hingga 20 tahun. Hal tersebut disebabkan karena berenang mampu membentuk daya tahan, melancarkan aliran darah, membentuk fleksibilitas dan kekuatan, hingga mengurangi stres.

Renang jelas jadi olahraga untuk meningkatkan gairah seksual perempuan yang pas. Berenang 30 menit 3 kali seminggu dapat meningkatkan libido. Pada kasus obesitas, renang secara rutin dapat membakar kalori yang membantu penurunan berat badan serta memperkuat daya tahan seksual.

5. Squat

6 Olahraga untuk Meningkatkan Gairah Seksual Perempuanilustrasi squat (Pexels.com/Mart Production)

Serupa dengan kegel, squat bisa jadi alternatif olahraga untuk meningkatkan gairah seksual perempuan. Olahraga ini dapat melancarkan aliran darah hingga ke daerah panggul. Hasilnya, energi libido menjadi lebih kuat sehingga membuatmu orgasme lebih intens.

Selain itu, squat juga menambah kekuatan dan massa otot. Latihan ini cocok untuk memperkuat otot yang dibutuhkan sebagai penahan saat berhubungan badan. Cukup lakukan rutin 10-30 kali sehari dan kamu akan merasakan manfaatnya.

6. Pole dancing

6 Olahraga untuk Meningkatkan Gairah Seksual Perempuanilustrasi pole dance (Pexels.com/naopolewear nadege)

Jangan heran jika pole dancing atau tari tiang menjadi salah satu cara meningkatkan libido perempuan. Pasalnya, seni yang kini juga menjadi olahraga ini melibatkan latihan fisik yang dapat melepaskan batasan dan prasangka tubuh untuk bergerak. Rutin melakukan pole dancing dapat membentuk rasa percaya diri.

Alih-alih selalu menanyakan pada pasangan tentang apa yang mereka inginkan, berlatih pole dance membuatmu bergerak sesuai keinginanmu dengan cara yang lebih sensual. Rasa nyaman yang tercipta ini dapat memperbaiki kualitas hubungan seksual bersama pasangan. Tertarik untuk mencobanya?

Beberapa olahraga untuk meningkatkan gairah seksual perempuan di atas  bisa kamu lakukan sambil rebahan, lho. Lakukan secara rutin supaya aktivitas di ranjangmu semakin menyenangkan.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Mengalami Penurunan Gairah Seksual

Topic:

  • Laili Zain Damaika
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya