Comscore Tracker

Bagaimana Cara Membersihkan Noda Air Mani pada Kain? Ini Tipsnya!

Noda dari cairan mani ternyata sulit dihilangkan

Selain istirahat, kasur menjadi salah satu tempat ternyaman untuk memulai sesi bercinta dengan pasanganmu. Namun, hubungan intim juga termasuk aktivitas fisik yang dapat membuat tubuhmu mengeluarkan keringat lebih banyak.

Tak hanya itu, cairan tubuh lainnya seperti pelumas alami dari organ intim dan bahkan air mani pun dapat menempel di seprai. Perlu kamu ketahui jika cairan semen termasuk noda yang sulit dihilangkan. Lalu, adakah cara membersihkan noda air mani pada kain? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Apa perbedaan air mani dengan sperma?

Bagaimana Cara Membersihkan Noda Air Mani pada Kain? Ini Tipsnya!ilustrasi air mani (pexels.com/Deon Black)

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita pahami lebih dahulu perbedaan antara air mani dengan sperma karena masih banyak orang yang sering kali menganggapnya sama. Padahal, kedua hal ini sebenarnya berbeda.

Lalu, apakah perbedaannya? Dilansir Cleveland Clinic, air mani atau bisa juga disebut semen adalah cairan berwarna putih yang keluar dari penis ketika ejakulasi. Sementara sperma adalah sel reproduksi pria yang mengandung kromosom dan berfungsi membuahi sel telur perempuan (ovum).

Sederhananya, semua cairan yang keluar ketika laki-laki mengalami ejakulasi adalah air mani atau semen. Nah, salah satu komponen yang menyusun cairan tersebut adalah sel sperma. 

2. Kandungan air mani dan sperma

Bagaimana Cara Membersihkan Noda Air Mani pada Kain? Ini Tipsnya!ilustrasi sperma (pexels.com/Deon Black)

Tak hanya segi definisi, berdasarkan dari kandungan antara air mani dan sperma ternyata juga berbeda. Dirangkum dari Healthline dan WeMD, berikut ini penjelasan tentang komposisi penyusun kedua hal tersebut:

  • Air mani

Saat ejakulasi, pria akan mengeluarkan air mani yang biasanya sebanyak 5 mililiter (ml) atau setara dengan satu sendok teh. Namun, angka ini bukan termasuk jumlah yang pasti karena volume cairan semen yang dikeluarkan dapat berbeda, tergantung dari kesehatan pria secara keseluruhan.

Akan tetapi, jumlah rata-rata air mani dalam sekali ejakulasi adalah sebanyak 1,5 ml hingga 7,6 ml. Selain itu, cairan semen juga terdiri dari beberapa komposisi seperti sel sperma (spermatozoa), protein, zinc, magnesium, potasium, natrium, vitamin B12 hingga fruktosa. Nah, semua komponen penyusun inilah yang berfungsi untuk membantu sel sperma agar dapat melakukan pembuahan pada ovum.

  • Sperma

Berbeda dengan air mani, sperma merupakan sel yang tak dapat dilihat dengan mata telanjang. Ini karena ukurannya sangat kecil dengan panjang 4,3 mikrometer (μm) dan lebar 2,9 μm, mengutip data Asian journal of andrology (2010).

Oleh sebab itu, spermatozoa hanya dapat dilihat melalui mikroskop dan bentuknya akan terlihat seperti kecebong karena memiliki kepala dan ekor. Sementara sperma juga mengandung DNA dengan kromosom X atau Y.

Kromosom inilah yang nantinya berfungsi untuk menentukan jenis kelamin dari zigot (cikal bakal janin), setelah berhasil membuahi sel telur. Selain itu, jumlah sperma dalam sekali ejakulasi yakni sekitar 15 sampai 200 juta.

Baca Juga: 5 Fakta Hiperspermia, Produksi Air Mani yang Berlebihan pada Pria

3. Mengapa noda air mani susah dibersihkan?

Bagaimana Cara Membersihkan Noda Air Mani pada Kain? Ini Tipsnya!ilustrasi air mani (pexels.com/Deon Black)

Sama halnya dengan darah, air mani termasuk noda yang "bandel" sehingga terkadang sulit untuk dibersihkan. Tak jarang, cairan tubuh ini akhirnya menimbulkan noda berbatas tegas yang berwarna kekuningan dan akan terasa lebih menebal jika menempel pada kain.

Lantas apa yang membuatnya sulit dibersihkan, ya? Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sperma mengandung protein sehingga mudah mengering dan akan menimbulkan noda berwarna kuning pada kain. Terutama jika kamu salah menggunakan bahan pembersih untuk membersihkannya.

4. Lalu, bagaimana cara membersihkan noda air mani pada kain?

Bagaimana Cara Membersihkan Noda Air Mani pada Kain? Ini Tipsnya!ilustrasi perempuan yang sedang bingung untuk membersihkan noda air mani (freepik.com/jcomp)

Meskipun termasuk noda yang sulit dibersihkan. Namun, bukan berarti ini "akhir" bagi kain atau pakaianmu yang terkena air mani. Jangan dulu khawatir karena masih ada cara untuk mengatasinya, lho! Dilansir Mensxp, berikut keempat tipsnya:

  • Jika cairan semen baru saja menetes mengenai kain maka segeralah menggunakan jarimu untuk menghilangkannya dari sisi samping, sebelum mengeras. Namun, jangan usapkan jarimu dari bagian atas karena justru membuat cara ini tidak akan efektif.
  • Langkah selanjutnya, gunakanlah detergen dan air untuk membersihkan noda yang masih tersisa.
  • Jika ternyata noda masih saja tertinggal, kini saatnya kamu menggunakan sabun cuci piring cair dan busa. Lalu, gosoklah secara perlahan hingga benar-benar bersih.
  • Namun, jika noda itu masih saja "bersikeras" untuk tetap menempel pada kain, ambil sedikit baking soda dan segeralah gosok selama 30 detik lalu bilaslah dengan air mengalir.

5. Hal-hal yang harus dihindari saat membersihkan noda air mani

Bagaimana Cara Membersihkan Noda Air Mani pada Kain? Ini Tipsnya!ilustrasi pembersih pakaian yang mengandung bahan pemutih (freepik.com/jcomp)

Dalam membersihkan noda ini memang ada beberapa hal yang perlu dihindari agar tak lantas membuatnya semakin sulit dihilangkan. Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah mencucinya menggunakan air panas.

Alih-alih bersih, cara tersebut justru akan membuat air mani semakin mengeras sehingga noda menjadi sulit dibersihkan. Gunakan air dingin untuk mendapatkan hasil terbaik. Selain itu, jangan langsung menuangkan cairan pembersih yang mengandung bahan pemutih karena ternyata juga sama buruknya.

Meskipun sulit, bukan berarti noda cairan mani menjadi mustahil untuk dibersihkan. Akan tetapi, segeralah untuk membersihkannya agar tak meninggalkan bekas pada kain. Selain itu, pastikan juga untuk rutin mengganti seprai setelah bercinta, ya!

Baca Juga: 5 Tanda Warna Air Mani yang Penting untuk Kamu Pahami

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya