Comscore Tracker

Tidak Hanya Pria Lho, Ini 8 Fakta Wanita Juga Bisa Mengalami Ejakulasi

Eits, berbeda dengan orgasme, ya!

Mendengar kata ejakulasi, subjek yang langsung terlintas di benak pastilah kaum adam. Istilah ini, entah mengapa, memang sudah semelekat itu dengan laki-laki.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata tidak hanya laki-laki yang mengalami ejakulasi? Beberapa studi menunjukkan bahwa rupanya perempuan juga mengalami ejakulasi dan dikenal dengan frasa female ejaculation. Dan jangan salah, ejakulasi perempuan tidak selalu berkaitan dengan orgasme, lho!

1. Oke, apa yang dimaksud dengan ejakulasi perempuan?

Tidak Hanya Pria Lho, Ini 8 Fakta Wanita Juga Bisa Mengalami Ejakulasilifewealthwin.com

Ejakulasi pada perempuan terjadi ketika uretra mengeluarkan cairan saat terangsang secara seksual. Sesuai alur uretra, cairan tersebut berasal dari kantung kemih menuju bagian luar tubuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa ada dua jenis cairan yang keluar, yakni:

    • squirting fluid : biasanya tidak memiliki warna, tidak berbau, dan keluar dalam jumlah yang cukup banyak;
    • ejaculate fluid biasanya menyerupai air mani pada laki-laki, kental, dan berwarna keputihan seperti susu.

2. Mengandung enzim dan fruktosa seperti pada air mani laki-laki

Tidak Hanya Pria Lho, Ini 8 Fakta Wanita Juga Bisa Mengalami Ejakulasipsychologytoday.com

Analisis menunjukkan bahwa cairan ejakulasi perempuan mengandung enzim yang sama seperti pada air mani laki-laki. PSA (Prostatic Acid Phosphatase) memberikan pengaruh yang sangat besar dalam proteksi dan pergerakan sperma. Selain itu, cairan ejakulasi perempuan juga mempunyai kandungan fruktosa yang terdapat pula dalam air mani.

3. Dihasilkan oleh kelenjar Skene

Tidak Hanya Pria Lho, Ini 8 Fakta Wanita Juga Bisa Mengalami Ejakulasihercampus.com

Para ahli meyakini bahwa kandungan enzim PSA dan fruktosa tersebut dihasilkan oleh kelenjar Skene atau sering disebut dengan kelenjar Periuteral atau kelenjar prostat wanita. Lokasi kelenjar ini ada di dekat G-spot, di kedua sisi lubang uretra.

4. Sering terjadi, tetapi jarang dibahas

Tidak Hanya Pria Lho, Ini 8 Fakta Wanita Juga Bisa Mengalami Ejakulasiavawomen.com

Ejakulasi perempuan bukanlah hal yang jarang terjadi. Meski begitu, masih sedikit hal ini dibahas, terutama oleh orang awam. Para ilmuwan pun awalnya sempat mengira bahwa perempuan yang mengalami ejakulasi saat berhubungan seksual mengalami masalah dalam menahan gelora tersebut. Namun, studi yang terus dilakukan kemudian membantah hal tersebut dan mengonfirmasi bahwa ejakulasi perempuan memang sesungguhnya benar terjadi.

Baca Juga: Suka Seks Kasar, 7 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Bahwa Kamu Seorang Masokis!

5. Proses terisi dan kosongnya kantung kemih dengan cairan ejakulasi

Tidak Hanya Pria Lho, Ini 8 Fakta Wanita Juga Bisa Mengalami Ejakulasiplushcare.com

Studi di tahun 2014 menemukan bahwa saat terangsang, cairan terakumulasi pada kantung kemih untuk kemudian disalurkan melalui uretra selagi proses ejakulasi. Melalui riset pada tujuh orang wanita dengan menggunakan ultrasound, para peneliti mendapati bahwa:

  • Dimulai dari kondisi normal, katung kemih wanita kosong.
  • Saat diberi stimulasi seksual dan terangsang, kantung kemih mulai terisi.
  • Begitu mengalami ejakulasi, kantung kemih mulai kembali kosong.

6. Namun, cairan ejakulasi tidak harus sampai 'keluar'

Tidak Hanya Pria Lho, Ini 8 Fakta Wanita Juga Bisa Mengalami Ejakulasipopsugar.com

Menurut International Society for Sexual Medicine, sekitar 10 sampai 50 persen perempuan mengalami ejakulasi saat berhubungan seks. Di sisi lain, beberapa ahli menyebut bahwa semua wanita mengalami ejakulasi, tetapi tidak menyadarinya.

Hal ini kemungkinan karena cairan tersebut bisa mengalir kembali naik dan masuk ke dalam kantung kemih, bukan justru keluar meninggalkan tubuh. Dalam kondisi seperti ini, cairan ejakulasi nantinya keluar bersama dengan air seni saat buang air kecil.

7. Korelasi dengan kehamilan

Tidak Hanya Pria Lho, Ini 8 Fakta Wanita Juga Bisa Mengalami Ejakulasihealthymummy.com

Sebagian ilmuwan meyakini bahwa ejakulasi perempuan berperan cukup penting dalam kesuksesan kehamilan mengingat adanya kandungan PSA dan fruktosa yang membantu pergerakan dan ketahanan sperma. Sebagian lainnya menolak anggapan ini lantaran ejakulasi biasanya mengandung urin yang justru akan membunuh sperma. Di samping itu, tidak mudah pula bagi cairan ejakulasi untuk 'mengalir' dari uretra ke vagina.

8. Benarkah lebih sering mengalami ejakulasi pada periode menjelang haid?

Tidak Hanya Pria Lho, Ini 8 Fakta Wanita Juga Bisa Mengalami Ejakulasijustmytype.ca

Hingga sekarang, belum diketahui secara pasti apakah ada hubungan antara frekuensi ejakulasi dengan periode haid. Beberapa perempuan menyatakan bahwa mereka mengalami ejakulasi lebih sering setelah masa ovulasi dan menjelang haid, tetapi beberapa lainnya tidak melihat adanya korelasi yang signifikan antara dua hal ini. Untuk itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang lebih valid.

Seperti pada laki-laki, normal pula bagi perempuan untuk mengalami ejakulasi saat mengalami rangsangan seksual, meski tidak sampai mengalami orgasme. Di samping itu, bukan sebuah masalah pula bila pengalaman ejakulasi setiap perempuan tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Baca Juga: Ladies, 7 Hal Ini Ternyata Gak Menjadi Fokus Pria Saat Behubungan Seks

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You