Comscore Tracker

7 Cara Mempercepat Haid yang Perlu Wanita Wajib Ketahui

Boleh-boleh saja kok, selama dilakukan dengan tanggung jawab

Hayo, pernah merasa khawatir atau kesal saat rencana liburan jadi kacau karena tamu bulanan datang, kan? Kalau sudah begitu, aktivitas pun jadi tidak menyenangkan seperti yang diharapkan karena 'beban mental dan fisik' yang dialami.

Tapi, tahu enggak sih Girls, kalau sebetulnya kamu juga bisa mengatur haid? Selain siklus, durasi menstruasi pun sangat memungkinkan untuk diatur pula, lho!

Dan ini ada beberapa ulasan mengenai tips atau cara mempercepat haid yang wajib para wanita ketahui nih, mudah kok kamu bisa ikuti langkah-langkahnya secara lengkap di bawah ini. Langsung ajah cek yuk!

1. Kenali dulu jadwal haidmu

7 Cara Mempercepat Haid yang Perlu Wanita Wajib Ketahuird.com

Sebelum buru-buru mengatur tamu bulanan yang satu itu, pastikan kamu sudah lebih dulu paham dengan siklusnya. Setiap wanita mempunyai periode yang berbeda, pun dengan lamanya haid yang dialami setiap bulan.

Rata-rata, menstruasi berlangsung selama dua hingga tujuh hari. Walau begitu, mungkin saja ada yang mengalami lebih cepat atau lebih lama, tergantung dari beberapa faktor seperti BMI (Body Mass Index), hormon dan stres.

2. Melakukan hubungan seks sehat

7 Cara Mempercepat Haid yang Perlu Wanita Wajib Ketahuisoposted.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan hubungan seks yang sehat. Ketika mencapai orgasme, otot-otot uterus alias rahim akan berkonstraksi sehingga membantu mengeluarkan darah yang menempel di dinding rahim.

Selain darah jadi lebih cepat keluar, risiko rasa nyeri yang kerap datang saat haid pun jadi berkurang karena aliran yang lancar tersebut.

3. Mengonsumsi pil KB

7 Cara Mempercepat Haid yang Perlu Wanita Wajib Ketahuitoestemming.ndcmediagroep.nl

Pil KB dapat membantu mengatasi berbagai masalah menstruasi, termasuk di antaranya menekan rasa sakit PMS maupun mempercepat jumlah hari haid setiap bulannya.

Biasanya, efek tersebut baru akan dapat benar-benar diamati beberapa bulan setelah konsumsi rutin.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan pil hormonal ini juga membutuhkan resep dan konsultasi dari dokter, agar sesuai dengan gaya hidup maupun kebutuhan medismu.

Baca Juga: Berhubungan Seks Saat Haid, Aman Gak Sih? Begini 8 Fakta Sebenarnya!

4. Hindari menggunakan tampon

7 Cara Mempercepat Haid yang Perlu Wanita Wajib Ketahuihellogiggles.com

Di Indonesia, tampon mungkin memang tidak sepopuler pembalut. Di samping dianggap cukup mengkhawatirkan akan 'tertinggal' di dalam, tampon rupanya juga memblokir aliran internal darah menstruasi.

Semakin lama aliran tersebut tersumbat, maka semakin lama pula durasi haid yang akan kamu alami. 

5. Berolahraga kardio secara teratur

7 Cara Mempercepat Haid yang Perlu Wanita Wajib Ketahuiglamour.com

Gak hanya bagus untuk menjaga kesehatan dan bentuk tubuh, olahraga kardiovaskular juga membantu meringankan aliran menstruasimu.

Pasalnya, lemak tubuh yang terlalu banyak dapat menyebabkan terganggunya kesehatan hormon dan membuat siklus haid jadi enggak teratur.

Selain itu, olahraga kardiovaskular juga membantu mengurangi retensi air dalam tubuh sehingga meminimalisasi terjadinya kembung dan nyeri saat datang bulan.

6. Memperbanyak asupan vitamin C

7 Cara Mempercepat Haid yang Perlu Wanita Wajib Ketahuialgaecal.com

Vitamin C dalam jumlah yang banyak dapat mengurangi kadar progesteron. Hal ini akan membantu proses peluruhan sel-sel dinding rahim lebih cepat sehingga fase haidmu juga akan terjadi lebih cepat.

Walau begitu, pastikan kamu gak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Bisa-bisa, kamu justru akan membuat perut jadi bermasalah seperti maag, diare, bahkan insomnia, lho.

7. Mengonsumsi obat-obatan NSAIDs

7 Cara Mempercepat Haid yang Perlu Wanita Wajib Ketahuimayoclinic.org

Obat-obatan yang termasuk dalam kategori NSAIDs (Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs) sebenarnya cukup mudah ditemukan di apotek seperti aspirin, ibuprofen dan naproxen.

NSAIDs membantu mengurangi produksi berlebihan hormon prostgalandin, yakni hormon yang memicu konstraksi otot.

Kendati demikian, ada baiknya kamu tetap berkonsultasi dulu dengan dokter terkait seberapa banyak dosis yang bisa kamu konsumsi, ya, terutama bila kamu juga sedang mengonsumsi obat-obatan lain, suplemen herbal, maupun teh herbal.

Demikianlah ulasan cara agar cepat haid yang perlu kamu ketahui dan dapat kamu terapkan sehari-hari.

Sebetulnya, enggak ada yang salah kok dengan memperpendek usia haid setiap bulannya selama kamu melakukannya dengan dengan aman dan tepat.

Paling enggak, kamu bisa merencanakannya melalui konsultasi dengan dokter, terutama bila melibatkan obat-obatan.

Baca Juga: Pernah Mendapat Noda Kecokelatan Sebelum Haid? Ini Penjelasan Ahlinya!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You