Comscore Tracker

5 Cara Merawat Miss V atau Vagina agar Tetap Sehat

Jadi caranya gini lho...

Merawat organ intim itu gampang-gampang susah. Asal kamu tahu apa yang tidak boleh dilakukan dan tidak melakukannya, kamu sudah termasuk menjaga kesehatannya. Tapi, walau sudah menjaganya dengan baik, pernah gak sih kamu merasa tetap insecure dengan kesehatannya?

Biar gak bingung lagi, begini lho 5 cara merawat miss V atau vagina agar tetap sehat. Dengan melakukan semua cara ini dengan rutin, vagina kamu pasti bakal terjaga kesehatannya.

1. Menjaga tubuh tetap sehat sama dengan menjaga kesehatan vagina.

5 Cara Merawat Miss V atau Vagina agar Tetap Sehatwomansday.com

Olahragalah yang teratur dan makan makanan sehat. Kamu mungkin menyepelekan hal ini dan menganggap ini klise, tapi dengan menjaga kesehatan badan, sama artinya kamu sudah menjaga kesehatan vaginamu. Lagipula, olahraga akan membantu mengencangkan otot vagina sehingga kamu akan memiliki hubungan intim yang lebih menyenangkan.

2. Menjaga pikiran tetap stabil dan tidak stres.

5 Cara Merawat Miss V atau Vagina agar Tetap SehatPhoto by Katy Belcher on Unsplash

Stres mempengaruhi hormon. Kalau kamu sudah tahu, hormon yang tidak jelas akan meningkatkan produksi keputihan. Vaginamu akan tersiksa saat kamu stres. Jaga pikiranmu tetap tenang dan tidak stres, maka kamu akan membuat vaginamu tetap sehat.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Bisa Bikin Vaginamu Berbau Tidak Enak

3. Tidak mencuci vagina dengan sabun yang digunakan untuk membersihkan badan.

5 Cara Merawat Miss V atau Vagina agar Tetap SehatPhoto by Toa Heftiba on Unsplash

Jika sampai sekarang kamu masih menggunakan sabun untuk vagina dengan sabun yang sama dengan badan, hentikan sekarang. Sabun untuk badan akan menghancurkan keseimbangan pH di vaginamu. Malahan, sabun itu bisa membunuh semua bakteri baik yang sebenarnya berguna.

4. Menggunakan pakaian dalam yang tidak ketat dan berbahan katun.

5 Cara Merawat Miss V atau Vagina agar Tetap Sehates.androware.net

Menggunakan celana dalam berbahan sintesis hanya akan membuat vaginamu lelah dan berkeringat. Lalu tidak lama kemudian, vaginamu akan iritasi atau bahkan infeksi jamur. Jaga vaginamu untuk tidak lembab dan tetap kering, saat itulah vaginamu akan tetap sehat.

5. Menggunakan bahan yang aman untuk mencuci celana dalam.

5 Cara Merawat Miss V atau Vagina agar Tetap SehatPhoto by Charles L. on Unsplash

Jangan menggunakan produk terlalu banyak. Untuk mencuci celana dalam, alangkah lebih baik untuk tidak menggunakan bahan dengan pewangi terlalu banyak. Di dalam produk pewangi, ada kandungan parfum yang tidak disukai oleh vagina. Gunakan deterjen pembersih, bukan pewangi.

Itulah beberapa cara merawat miss V atau vagina agar tetap sehat. Setelah membaca infomasi di atas, siapa nih di antara kamu yang sudah melakukan semuanya? Ingat ya, menjaga kesehatan vagina itu sangat penting. Hal-hal yang kamu anggap sepele, bisa jadi berarti banyak dan serius. Dengan peka dan mau menjaga kesehatan diri sendiri, maka kamu sama saja telah mencegah segala penyakit timbul dalam tubuhmu.

Baca juga: 6 Tanda Penyakit Kista yang Harus Semua Cewek Waspadai

Topic:

  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya