Comscore Tracker

5 Film Sejarah Terbaik yang Dijamin Seru & Gak Bikin Ngantuk

Deretan film sejarah yang seru dan gak bikin bosan

Jika saat sekolah dulu kamu tidak suka mata pelajaran sejarah. Maka kamu harus coba tonton film-film berikut ini. Meskipun bertemakan sejarah, film-film berikut akan menyajikan cerita yang seru sekalian memberi kamu pelajaran tentang sejarah. Kamu akan dibawa kembali ke masa lalu untuk melihat sejarah-sejarah besar yang ada di dunia dengan cerita yang menarik dan tidak membuat bosan.

Penasaran apa saja filmnya? Simak ulasan berikut.

1. Seven Years in Tibet

https://www.youtube.com/embed/LSyr_vJ5t3k

Film ini berlatarkan pada perang dunia kedua tepatnya pada tahun 1939. Saat itu Nazi mengirim pendaki terbaiknya yaitu Heinrich Harrer (Brad Pitt) dan rekan-rekannya untuk menaklukan gunung Himalaya. Namun sayangnya, perjalanan mereka tidak berjalan mulus. Mereka harus dihadapkan dengan rintangan seperti badai dan longsor salju. Tak hanya itu saja, mereka pun harus menjadi tawanan tentara China yang kala itu adalah musuh perang negara Jerman. Setelah menjadi tawanan, mereka berhasil kabur dan melarikan diri ke Tibet. Di sanalah Harrer mendapatkan banyak pelajaran hidup dari penduduk setempat.

2. 1987 When the Day Comes

https://www.youtube.com/embed/19hvVaeJ4tI

Korea Selatan memang memiliki catatan kelam pada tahun 1987. Seorang mahasiswa pro demokrasi bernama Park Jong Chul (Jin-Gu Yeo) dinyatakan tewas saat diinterogasi oleh polisi anti-komunis. Pihak pemerintahan dan kepolisian pun berusaha keras untuk mencoba menutupi kasus tersebut. Namun hal tersebut tak berlaku pada jaksa Choi Hwan (Ha Jung-Woo). Ia membantu media dengan diam-diam memberi informasi tentang kematian Park Jong Chul dengan tujuan untuk membeberkan kebenarannya.

3. The Last Emperor

https://www.youtube.com/embed/A4cH6g1wD5g

Pi Yu adalah kaisar China terakhir yang sudah dinobatkan sebagai kaisar sejak ia berusia 3 tahun. Ia mengalami kehidupan yang tragis setelah China dinyatakan tidak lagi menjadi negara kekaisaran dan telah menjadi negara republik pada tahun 1912 dengan Dr. Sun Yat Sen sebagai presiden pertamanya. Revolusi tersebut adalah hasil dari pemberontakan para tokoh nasionalis yang menganggap bahwa dinasti Qing tidak mampu membawa kembali kejayaan China.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Coba Nonton Film Sejarah

4. Che

https://www.youtube.com/embed/fqTw2dtVQzw

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan wajah dan nama dari tokoh Che Guevara. Tapi apakah kamu mengenal siapa Che Guevara yang sebenarnya? Pria bernama lengkap Ernesto "Che" Guevara ini lahir di Argentina pada 14 Juni 1928. Ia adalah salah satu tokoh utama dalam revolusi Kuba. Wajahnya sudah menjadi simbol perlawanan dalam kontra-kebudayaan dan dalam budaya populer.

Film ini menceritakan perjuangan Che (Benicio Del Toro) dalam memberontak orang-orang Kuba. Dalam kurung waktu 2 tahun, Che dan Fidel Castro (Demian Bichir) berhasil membangun tentara bawah tanah yang jumlahnya cukup banyak untuk menggulingkan pemerintahan diktator Ful Gencio Batista.

5. Licoln

https://www.youtube.com/embed/KJVuqYkI2jQ

Film ini berlatarkan di Amerika Serikat pada tahun 1865. Film ini menceritakan upaya presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln (Daniel DayLewis) dalam meluluskan amandemen ketigabelas untuk menghapuskan perbudakan di Amerika Serikat. Lincoln yang berharap perang saudara berakhir dalam waktu sebulan, khawatir akan penghapusan proklamasi emansipasi yang disahkan pada tahun 1863. Karna jika hal tersebut terjadi, maka upaya penghapusan perbudakan akan sia-sia.

Itulah 5 film tentang sejarah terbaik yang dijamin gak bikin bosan. Tertarik untuk nonton?

Baca Juga: Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an 

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya