Comscore Tracker

Seru, 10 KDrama Populer yang Diadaptasi dari Karya Webtoon (Part 2)

Ada gak webtoon favorit kamu?

Tapi bisa dipungkiri bahwa dengan kemajuan teknologi juga ikut mengubah tingkah laku manusia. Jika dulu membaca komik adalah sebuah hobi, maka sekarang digantikan dengan membaca webtoon dengan menggunakan gadget. Webtoon dipilih oleh millenial karena lebih praktis dan menyajikan banyak serial yang seru.

Tak jarang webtoon yang populer diangkat ke layar televisi dalam sebuah KDrama. Biasanya jalan cerita KDrama yang diadaptasi berdasarkan webtoon memiliki alur yang tak jauh beda dengan versi komik. Buat kamu nih sepuluh drama korea terpopuler yang diadaptasi dari karya webtoon, seru banget lho.

1. Clean With Passion For Now

Seru, 10 KDrama Populer yang Diadaptasi dari Karya Webtoon (Part 2)Clean With Passion For Now (Dok. JTBC)

Clean With Passion For Now dibintangi oleh Kim Yoo Jung sebagai Gil Oh Sol, seorang gadis yang tidak terlalu peduli dengan kebersihan dan Yoon Kyun Sang, seorang CEO kaya yang menderita mysophobia. Keduanya bertolak belakang dalam kepribadian, tetapi mampu bergantung satu sama lain yang membuat mereka jatuh cinta.

KDrama ini didasarkan pada webtoon Ildan Ddeugeobge Chungsohara yang ditulis oleh Aengo. Drama dan webtoon sama-sama menyenangkan karena banyak elemen komedi serta romansa.

2. City Hunter

Seru, 10 KDrama Populer yang Diadaptasi dari Karya Webtoon (Part 2)City Hunter (Dok. SBS)

City Hunter meraih banyak kesuksesan di Korea Selatan karena dibintangi oleh Lee Min Ho dan Park Min Young. Dan meskipun tidak berdasarkan webtoon, kamu mungkin akan terkejut mengetahui bahwa KDrama ini didasarkan pada serial manga Jepang yang sangat sukses lalu dikembangkan menjadi serial anime, film Hong Kong, video game dan akhirnya menjadi drama Korea.

KDrama ini tayang perdana pada 25 Mei 2011 dan sangat sukses tidak hanya di Korea, tetapi juga di Eropa.

3. Dinner Mate

Seru, 10 KDrama Populer yang Diadaptasi dari Karya Webtoon (Part 2)Dinner Mate (Dok. MBC)

Drama healing Dinner Mate dibintangi oleh Song Seung Heon sebagai psikiater dan Seo Ji Hye yang bekerja untuk sebuah perusahaan media. Keduanya bertemu secara kebetulan dan memutuskan untuk makan malam bersama, mendiskusikan apa pun yang terjadi dalam hidup mereka.

Dinner Mate didasarkan pada webtoon yang ditulis oleh Park Shi In yang berjudul Would You Like To Have Dinner Together? Webtoonnya dirilis pada tahun 2013 dan dramanya ditayangkan pada 25 Mei 2020. 

4. Extraordinary You

Seru, 10 KDrama Populer yang Diadaptasi dari Karya Webtoon (Part 2)Extraordinary You (Dok. MBC)

KDrama Extraordinary You adalah tentang dunia dalam buku komik di mana karakter bernama Eun Dan Oh (Kim Hye Yoon) menerobos dinding keempat. Dia mulai menyadari tempatnya di buku komik dan sangat ingin mengubah nasibnya.

KDrama ini didasarkan pada webtoon yang ditulis oleh Moo Ryoo dan awalnya berjudul July Found by Chance. Webtoon ini pertama kali diterbitkan pada Januari 2018 dan Extraordinary You ditayangkan pada 2 Oktober 2019.

5. Her Private Life

Seru, 10 KDrama Populer yang Diadaptasi dari Karya Webtoon (Part 2)Her Private Life (Dok tvN)

Her Private Life adalah KDrama populer yang dibintangi oleh Kim Jae Wook dan Park Min Young. Dan meskipun cukup sukses, banyak orang terkejut mengetahui bahwa Her Private Life didasarkan pada novel yang ditulis oleh Kim Sung Yeon pada tahun 2017. Akibat kesuksesan novel tersebut, kemudian diadaptasi menjadi webtoon pada tahun 2019 (ditulis oleh Jun Hye Jin dan diilustrasikan oleh Kim Jin Hee).

Dengan kesuksesan gabungan dari novel dan webtoon, tidak mengherankan jika Her Private Life diteruskan menjadi KDrama.

Baca Juga: Termasuk Sweet Home, 10 Manga dan Manhwa Webtoon Horor Terbaik

6. Cheese In The Trap

Seru, 10 KDrama Populer yang Diadaptasi dari Karya Webtoon (Part 2)Cheese In The Trap (Dok tvN)

KDrama yang menggambarkan hubungan antara mahasiswi Hong Seol (Kim Go Eun) dan seniornya Yoo Jung (Park Hae Jin). Hong Seol bekerja paruh waktu karena latar belakang keluarganya yang miskin. Yoo Jung tampan, mendapat nilai bagus, atletis dan memiliki kepribadian yang baik, tetapi dia memiliki sisi gelap.

Cheese in the Trap diangkata dari webtoon karya Soon Ggi berjudul sama yang pertama kali rilis pada 7 Juli 2010 lalu.

7. Lucky Romance

Seru, 10 KDrama Populer yang Diadaptasi dari Karya Webtoon (Part 2)Lucky Romance (Dok tvN)

Lucky Romance didasarkan pada webtoon Woonbbalromaenseu yang ditulis oleh Kim Dal Nim. Webtoon ini diadaptasi menjadi KDrama yang ditulis oleh Choi Yoon Kyo dan dirilis pada 25 Mei 2016.

Dibintangi oleh Ryu Jun Yeol dan Hwang Jung Eum, cerita ini melibatkan seorang wanita bernama Bo Nui (Hwang Jung Eum) yang bekerja keras untuk membantu melunasi tagihan rumah sakit adiknya. Dia bertemu Soo Ho (Ryu Jun Yeol) yang jenius dan pemilik perusahaan game. Keduanya akhirnya jatuh cinta meskipun banyak perbedaan diantara mereka.

8. Memorist

Seru, 10 KDrama Populer yang Diadaptasi dari Karya Webtoon (Part 2)Memorist (Dok tvN)

Ketika Dong Baek (Yoo Seung Ho) masih menjadi siswa sekolah menengah, dia tiba-tiba mendapatkan kekuatan gaib. Setiap kali dia menyentuh seseorang, dia bisa membaca ingatan orang itu. Dong Baek mengungkapkan kemampuan membaca ingatannya kepada orang-orang dan dia menjadi seorang detektit untuk menangkap penjahat sebanyak mungkin. Dong Baek menemukan kasus pembunuhan berantai yang misterius.

KDrama thriller crime ini diangkat dari webtoon berjudul Memorist yang ditulis oleh Jae Hoo yang rilis pada 15 Oktober 2016 hingga 20 Januari 2018.

9. Love Alarm

Seru, 10 KDrama Populer yang Diadaptasi dari Karya Webtoon (Part 2)Love Alarm (Dok. Netflix)

Aplikasi ponsel Love Alarm telah dibuat. Jika seseorang menyukai kamu dan mereka berada dalam jarak 10 meter, alarm untuk aplikasi akan berdering. Kim Jo Jo (Kim So Hyun) adalah seorang siswa sekolah menengah yang cantik dan pintar. Dia tampak seperti wanita ceria, tetapi orang tuanya meninggal ketika dia masih muda. Sejak kematian orang tuanya, Kim Jo Jo tinggal bersama keluarga bibinya. Dia tidak mengunduh aplikasi Joalarm karena ponsel jadulnya.

Sementara itu, Hwang Sun Oh (Song Kang) adalah siswa laki-laki populer di sekolah menengah yang sama tempat Kim Jo Jo bersekolah. Dia adalah anak dari keluarga kaya, tetapi dia tidak dicintai oleh orang tuanya. Sahabatnya Lee Hye Yeong (Jung Ga Ram)juga bersekolah ditempat yang sama. Hwang Sun Oh menyadari bahwa sahabatnya Lee Hye Yeong menyukai Kim Jo Jo. Hwang Sun Oh ingin tahu apakah temannya benar-benar menyukainya.

KDrama Love Alarm diadaptasi dari webtoon berjudul Joahamyun Woolrineun karya Cheon Kye Young yang pertama kali terbit pada 14 September 2014.

10. What’s Wrong With Secretary Kim

Seru, 10 KDrama Populer yang Diadaptasi dari Karya Webtoon (Part 2)What’s Wrong with Secretary Kim (Dok tvN)

Berkisah tentang Lee Young Joon (Park Seo Joon) yang narsis, wakil presiden dari sebuah perusahaan yang dijalankan oleh keluarganya. Dia sangat mementingkan diri sendiri dan hampir tidak mengakui orang-orang di sekitarnya. Lee Young Joon memiliki sekretaris yang cakap dan sabar yakni Kim Mi So (Park Min Young) yang tetap di sisinya dan bekerja dengan rajin selama 9 tahun.

Namun, Mi So sekarang ingin mengatur hidupnya dan fokus pada dirinya sendiri sehingga ketika dia memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya, kesalahpahaman yang lucu pun terjadi. Setelah 9 tahun hubungan mereka yang di tempat kerja, dapatkah sekarang berkembang menjadi sesuatu yang lebih dari bos dan sekretaris?

Didasarkan pada novel Kimbiseoga Wae Geureolgga lalu diangkat menjadi webtoon berjudul Kimbiseoga Wae Geureolgga pada 2016 dan diadaptasi menjadi sebuah KDrama yang populer pada 6 Juni 2018.

Dari sepuluh KDrama di atas, mana nih KDrama yang paling related dengan cerita asli dari webtoon? Menurut kamu, serial webtoon mana lagi yang akan diangkat menjadi sebuah drama korea?

Baca Juga: 10 KDrama Populer Hasil Adaptasi dari Webtoon, Seru Banget (Part 1)

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya