Comscore Tracker

5 Film Perang Dunia II dengan Karakter Anak-Anak, Sudah Nonton?

Mengisahkan kesengsaraan perang

Film yang bertemakan Perang Dunia II memang sudah memiliki banyak penggemar saat ini, dengan ketegangan dan cerita bermakna dalam. Apalagi konflik paling berdarah sepanjang sejarah tersebut memang menyimpan berbagai misteri serta menyebabkan seluruh kalangan masyarakat terkena imbasnya.

Maka dari itu terdapat juga sejumlah film yang mengisahkan perjuangan anak-anak dalam Perang Dunia II, yang tentunya hadir dengan kisah berbeda. Mau tahu apa aja film-filmnya, yuk langsung aja simak ulasannya di bawah ini. 

1. The Boy In The Striped Pajamas (2008)

https://www.youtube.com/embed/_EfD5VaTX0A

Pertama terdapat The Boy In The Striped Pajamas yang merupakan film rilisan tahun 2008, yang mana diadaptasi dari novel tahun 2006 dengan judul sama karangan dari John Boyne. Film ini mengisahkan mengenai seorang anak petinggi Nazi, bernama Bruno yang berteman dengan anak Yahudi, bernama Shmuel yang ada di Kamp Konsentrasi pada area pedesaan Jerman kala itu. 

Film The Boy in The Stripped Pajamas ini mengambil lokasi shooting di Budapest, Hungaria dan selesai melakukan pengambilan gambar pada tahun 2007. Film ini juga meghadirkan pemeran utama aktor terkenal Asa Butterfield dan Vera Farmiga sebagai pemeran utama. 

2. Lore (2012)

https://www.youtube.com/embed/iSabgBt2k3Y

Lore menjadi film perang yang berlatar ketika menyerahnya Jerman pada sekutu tahun 1945. Kisah dari film ini bermula ketika ayah Lore merupakan petinggi anggota partai Nazi harus melarikan diri dan terpaksa meninggalkan anak-anaknya. Kemudian Lore sebagai anak tertua tentu harus menjaga keempat adiknya, sembari melakukan perjalanan menuju ke rumah neneknya di dekat Hamburg, dengan berjalan kaki. 

Film Lore mengambil kisah dari seri novel karangan Rachel Seiffert berjudul The Dark Room ini sudah dirilis pada tahun 2012 di beberapa negara. Sebelumnya film ini juga masuk dalam Festival Film Sydney dan Locarno pada tahun 2012.

3. The Book Thief (2013)

https://www.youtube.com/embed/92EBSmxinus

Selanjutnya ada film terkenal lainnya berjudul The Book Thief yang sudah dirilis pada tahun 2013 lalu. Kisah film ini mengenai hidup dari Liesel Meminger, seorang anak Jerman berusia 12 tahun yang harus dititipkan pada orang tua asuh, serta berteman dengan seorang Yahudi yang disembunyikan oleh kedua orang tua asuhnya. 

The Book Thief menjadi film populer di tahun 2013 serta masuk dalam beberapa nominasi bergengsi, seperti Academy Award, Grammy dan Golden Globe. Selain itu berhasil memenangkan beberapa penghargaan. 

Baca Juga: Menambah Wawasan Sejarah, 6 Film Perang Terbaik Ini Wajib Ditonton!

4. Land of Mine (2015)

https://www.youtube.com/embed/4Kao3t0NBMU

Kisah film mengenai sekelompok tentara muda Jerman yang masih sangat belia dan diharuskan untuk mengambil seluruh ranjau yang ditanam di Pantai Barat Denmark. Film unggulan ini didasarkan pada kisah nyata yang terjadi di Denmark usai Perang Dunia II.

Film yang menggunakan bahasa Denmark dan Jerman ini mampu meraih berbagai penghargaan bergengsi, serta berhasil masuk dalam nominasi Best Foreign Language dalam Academy Awards ke 89 pada tahun 2017. 

5. Where Hands Touch (2018)

https://www.youtube.com/embed/Yb6XBjBrrq4

Film Where Hands Touch juga termasuk dalam film Perang Dunia II dengan pemeran utama anak-anak. Film yang dirilis tahun 2018 ini mengisahkan seorang anak perempuan Jerman bernama Leyna yang memiliki keturunan Senegal dari ayahnya. Namun Leyna yang dikucilkan kala itu karena memiliki kulit hitam, kemudian jatuh cinta kepada seorang anak petinggi SS Nazi. 

Where Hands Touch menghadirkan aktris kawakan asal AS, Amandla Stenberg dan aktor asal Inggris, George Mackay sebagai pemeran utama. 

Kalau kamu memang menggemari film bertema perang, lima film di atas bisa menjadi referensi tontonanmu berikutnya. Kamu mau nonton yang mana dulu, nih?

Baca Juga: Beda dari Film Perang Lain, Ini 5 Pesan Berharga dari Hacksaw Ridge!

Brahm - Photo Community Writer Brahm -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You