Comscore Tracker

5 Film Abdi Negara yang Bisa Kamu Tonton, Selain Sayap-Sayap Patah

Kisah para pembela negara!

Film 'Sayap-Sayap Patah' yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Ariel Tatum baru saja tayang pada tanggal 18 Agustus 2022 lalu. Sejak penayangannya, film ini sudah banyak memperoleh perhatian dari masyarakat Indonesia, baik karena jalan ceritanya maupun deretan aktor ternama yang membintangi film tersebut.

Film ini merupakan kisah nyata dari seorang anggota polisi yang harus gugur saat bertugas dan meninggalkan istri kesayangannya. Nah, untuk kamu yang belum bisa move on dari film ini, berikut beberapa film Indonesia yang sama-sama menceritakan kisah seorang abdi negara.

1. Jelita Sejuba, Mencintai Kesatria Negara (2018)

5 Film Abdi Negara yang Bisa Kamu Tonton, Selain Sayap-Sayap Patahposter film Jelita Sejuba, Mencintai Kesatria Negara (Dok. Drelin Amagra Pictures/Jelita Sejuba, Mencintai Kesatria Negara)

Film ini pertama kali tayang pada 5 April 2018 dan dibintangi oleh Wafda Saifan  yang berperan sebagai Jaka, serta Putri Marino yang memerankan tokoh Sharifah sebagai pemeran utamanya. Film ini secara singkat mengisahkan tentang seorang tentara bernama Jaka yang secara tiba-tiba melamar perempuan cantik bernama Sharifah. Namun kisah rumah tangga mereka tidak berjalan mulus dan terkena banyak rintangan karena profesi Jaka.

Uniknya, film ini sebagian besar banyak menggunakan bahasa melayu dalam dialognya. Dimana bahasa melayu sendiri merupakan bahasa yang banyak digunakan di Pulau Natuna, sesuai dengan latar film tersebut.

2. Doea Tanda Cinta (2015)

5 Film Abdi Negara yang Bisa Kamu Tonton, Selain Sayap-Sayap Patahposter film Doea Tanda Cinta (Dok. Cinema 8/ Doea Tanda Cinta)

Film Doea Tanda Cinta ini tayang pada Mei 2015 dan diperankan oleh beberapa aktor ternama yakni Fedi Nuril, Tika Bravani, serta Rendy Kjaernett. Ketiganya pun berperan sebagai pemeran utama yang terjebak cinta segitiga.

Kisah ini dimulai ketika sepasang sahabat yang bertolak belakang, yakni Bagoes dan Mahesa bertemu saat keduanya menjalani pendidikan di Akademi Militer. Ternyata, mereka berdua menyukai gadis yang sama bernama Laras. Namun, sayangnya tugas mereka sebagai tentara menghalangi keduanya untuk menyatakan cinta dan berujung pada akhir kisah yang tak terduga.

3. I Leave My Heart in Lebanon (2016)

5 Film Abdi Negara yang Bisa Kamu Tonton, Selain Sayap-Sayap Patahposter film I Leave My Heart in Lebanon (Dok. Tebe Silalahi Pictures/ I Leave My Heart in Lebanon)

Nah, sedikit berbeda dengan beberapa film yang lain, film I Leave My Heart in Lebanon ini berlatar tempat di Lebanon. Film ini menampilkan akting dari Rio Dewanto, Revalina S Temat, serta Jowy Khoury.

Film ini secara singkat mengisahkan Kapten Satria (Rio Dewanto) yang saat itu dilanda kegundahan karena harus ditugaskan oleh Satgas untuk melakukan misi perdamaian di Lebanon. Padahal, ia sudah berencana untuk menikahi pacarnya, Diah (Revalina S Temat).

Baca Juga: 10 Potret Ariel Tatum dan Nicholas Saputra di Film Sayap-Sayap Patah

4. Toba Dreams (2015)

5 Film Abdi Negara yang Bisa Kamu Tonton, Selain Sayap-Sayap Patahposter film Toba Dreams (Dok. TB Silalahi Center/ Toba Dreams)

Film yang tayang pada 30 April 2015 ini merupakan sebuah film yang diadaptasi dari novel karangan T.B. Silalahi dengan judul yang sama. Diperankan oleh Vino G Bastian dan Marsha Timoty, sebagai pemeran utama.

Film ini mengisahkan seseorang bernama Ronggur, yang merupakan anak dari seorang tentara. Ia menolak untuk menjadi seorang abdi negara dan memberontak menjadi mafia narkoba. Di tengah-tengah perjalanannya itu, ia bertemu dengan Andini (Marsha Timoty) yang kemudian merubah jalan hidupnya.

5. Merah Puth Memanggil (2017)

5 Film Abdi Negara yang Bisa Kamu Tonton, Selain Sayap-Sayap Patahposter film Merah Putih Memanggil (Dok. Tebe Silalahi Center/ Merah Putih Memanggil)

Tak melulu soal cinta, film yang satu ini mengisahkan tentang gagahnya kekuatan salah satu kelompok tempur Indonesia, yaitu Kopassus. Film yang tayang pada tahun 2017 ini dibintangi oleh Verdy Bhawanta, Mentari De Marelle, Prisia Nasution, dan lain-lain.

Film ini bermula ketika terjadi pembajakan sebuah kapal, dimana terdapat penumpang yang berstatus sebagai WNI diculik dan disekap. Indonesia kemudian mengirimkan satu team dari Batalyon Anti Teror Kopassus untuk membebaskan sandera tersebut dengan durasi waktu 2x24 jam.

6. Serigala Langit (2020)

5 Film Abdi Negara yang Bisa Kamu Tonton, Selain Sayap-Sayap Patahposter film Serigala Langit (Dok. E-Motion Entertainment/Serigala Langit)

Rekomendasi terakhir ini datang dari film yang diperankan oleh Deva Mahendra berjudul Serigala Langit. Sesuai dengan judulnya, film ini mengisahkan tentang kehidupan seorang pilot pesawat tempur bernama Gading (Deva Mahendra).

Secara singkat film ini menceritakan tentang Gadhing (Deva Mahendra) yang tidak puas dengan profesinya sebagai pilot pesawat tempur. Ia ingin membuktikan kepada ayahnya bahwa ia bisa lebih dari itu. Film ini bisa membuatmu terharu dengan kisah perjuangan, kekeluargaan, dan romantismenya.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi film Indonesia yang berkisah tentang seorang abdi negara, selain film 'Sayap-Sayap Patah' yang baru saja tayang di bioskop. Selamat menonton!

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Film Sayap-Sayap Patah, Akting Iwa K Mengejutkan

Chiara Malvalena Photo Verified Writer Chiara Malvalena

An 18 years old gap year student who fills her spare time by writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya