Comscore Tracker

Bertema Skandal Keuangan, 5 Drama & Film Korea Ini Menarik Ditonton

Bikin nambah pengetahuan!

Bukan cuma dramanya, Korea Selatan juga terkenal atas filmnya yang menyuguhkan kisah dengan berbagai tema yang menarik. Bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi drama dan film Korea untuk ditonton, drama dan film yang bertema skandal keuangan ini bisa jadi rekomendasinya. Selain ceritanya yang seru, drama dan filmnya ini juga nambah pengetahuan karena menampilkan penjelasan dalam beberapa istilah keuangan.

Penasaran drama dam film apa saja? Ini nih lima drama dan film Korea yang angkat tema skandal keuangan.

1. Money Game (2020)

https://www.youtube.com/embed/Z9WlNSa-_fw

Money Game merupakan drama dari kanal tvN yang baru selesai tayang pada 5 Maret 2020. Drama ini menceritakan tiga ekonom dalam mencegah terjadinya krisis keuangan seperti yang terjadi pada tahun 1997.

Chae Yi Hun (Ko Soo) adalah kepala Biro Kebijakan Ekonomi di Komisi Jasa Keuangan. Dia melakukan yang terbaik sebagai birokrat ekonomi. Heo Jae (Lee Sung-Min) adalah pria yang ambisius, ia menjabat sebagai ketua Komisi Jasa Keuangan. Sementara itu, Lee Hye-Joon (Shim Eun-Kyung) adalah karyawan baru yang bekerja di Biro Keuangan Internasional Kementerian Ekonomi dan Keuangan

2. Default (2018)

https://www.youtube.com/embed/iw_wt2hHW2w

Default merupakan film yang berlatar pada tahun 1997 selama krisis IMF. Film ini akan menampilkan beberapa orang yang mencoba mencegah krisis, sementara orang lainnya mencari keuntungan dari kondisi tersebut.

Han Shi Hyun (Kim Hye Soo) adalah seorang Manajer Kebijakan Moneter di Bank of Korea. Ia memprediksi akan terjadinya krisis keuangan namun laporannya tidak digubris, hingga sepuluh hari kemudian ia pun dimasukkan ke tim krisis. Sementara Yun Jeong Hak (Yoo Ah In) adalah konsultan keuangan yang mempertaruhkan segalanya dalam menghadapi krisis moneter.

Baca Juga: Bukan Cuma KDrama, Ini 5 Film Korea Genre Kriminal Adaptasi Webtoon

3. Black Money (2019)

https://www.youtube.com/embed/wZKyyVLlmzE

Black Money ini merupakan film yang bercerita tentang kasus korupsi. Dibintangi oleh aktor Cho Jin Woong, ia berperan sebagai jaksa penuntut Yang Min Hyuk yang difitnah atas kematian kliennya. Untuk membersihkan namanya ia pun melakukan penyelidikan hingga menemukan fakta bahwa kliennya itu merupakan saksi atas penjualan Bank Daehan dengan harga yang sangat rendah.

Sementara itu, aktris Lee Ha Nee juga ikut berperan dalam film ini, ia berperan sebagai Kim Na-Ri, seorang pengacara untuk Bank Daehan.

4. Money (2019)

https://www.youtube.com/embed/zuMI_NaMxwg

Film ini bercerita tentang penipuan pasar saham. Aktor yang menjadi pemeran utama dalam film ini yaitu Ryoo Joon Yeol yang berperan sebagai Il Hyun. Il Hyun merupakan karyawan baru yang bekerja sebagai pialang saham. Suatu hari ia bertemu dengan scammer pasar saham yang memintanya untuk membantu penipuan pasar saham. Scammer pasar saham itu dikenal sebagai Beonhopyo (Yoo Ji-Tae).

Sementara itu, Han Ji-Cheol (Jo Woo-Jin) merupakan orang yang bekerja di Layanan Pengawasan Keuangan, ia telah lama mengejar Beonhopyo dan mulai merasakan sesuatu yang mencurigakan dengan Il-Hyun.

5. The Scam (2009)

https://www.youtube.com/embed/qzuNpOqtBM0

The Scam ini juga merupakan film yang bertema pasar saham. Berkisah tentang Hyun-soo (Park Yong Ha) yang menghabiskan waktu lima tahun terpaku pada layar komputer sebagai Day Trader. 

Suatu hari ia mendapat jackpot, tanpa tahu ia telah mengganggu penipuan pasar saham. Hal itu menarik perhatian mantan gangster yang kini menjadi investor, Hwang Jong Ku (Park Hee Soon), yang kehilangan jutaan karena tindakan Hyeon Soo. Hwang Jong Ku kemudian mengundang Hyeon Soo untuk bergabung dengan tim elitnya saat mereka mencoba penipuan terbesar mereka. 

Nah, itu dia lima drama dan film Korea yang angkat tema skandal keuangan. Dari daftar di atas, ada yang sudah kamu tonton gak?

Baca Juga: Heroik, 5 Film Korea Terbaik tentang Perjuangan Demokrasi

Fitriani Sudrajat Photo Verified Writer Fitriani Sudrajat

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya