Comscore Tracker

6 Scene 'Ajaib' Dalam Film yang Dibuat Tanpa Bantuan Efek CGI

Kelihatan kayak CGI, padahal bukan!

Teknologi CGI (Computer Generated Imagery) biasanya digunakan oleh para pembuat film untuk membuat adegan-adegan sulit dan berbahaya yang 'mustahil' dilakukan di dunia nyata. Selain itu, dengan bantuan CGI para pembuat film juga dapat mengefisiensi waktu produksi, ini dikarenakan proses pengambilan scene dapat dilakukan di dalam sebuah studio khusus.

Namun walaupun pada saat ini CGI sudah sangat lumrah digunakan, ada juga beberapa sineas yang masih percaya diri dengan membuat beberapa scene dalam film tanpa menggunakan efek CGI. Dan mereka membuktikan bahwa hasilnya juga tak kalah hebat.

1. Peter Parker menolong MJ yang terpeleset / Spider-Man (2002)

https://www.youtube.com/embed/bFhUOi0srtE

Adegan dalam film Spider-Man (2002) di mana Peter Parker (Tobey Maguire) beraksi saat menangkap nampan makan siang Mary Jane (Kirsten Dunst) hanyalah trik kamera biasa. Pada nampan yang dipegang Tobey terdapat zat seperti lem yang direkatkan ke tangannya. Butuh 156 kali percobaan untuk membuat scene ini nampak sempurna.

2. Adegan masuk ke dalam bathtub / Mary Poppins Returns (2018)

https://www.youtube.com/embed/qIAc2eYH_xA

Adegan bathtub dalam film Mary Poppins Returns ini mungkin tampak seperti efek CGI. Padahal sebenarnya saat aktris Emily Blunt jatuh ke dalam bathtub, terdapat sebuah perosotan yang membuat sang aktris meluncur ke bawah. Nampak pula beberapa kru film yang telah siap berjaga menahannya.

3. Adegan lorong berputar / Inception (2010)

6 Scene 'Ajaib' Dalam Film yang Dibuat Tanpa Bantuan Efek CGIbuzzfeed.com

Adegan lorong berputar dalam film Inception ini memang tampak mind-blowing, namun ternyata dalam prosesnya sama sekali tidak melibatkan efek CGI. Untuk mendukung scene ini, Christopher Nolan bersama timnya membuat sebuah model set lorong berputar raksasa serta beberapa peralatan motion-capture untuk menunjang para aktor. Joseph Gordon-Levitt sampai harus dilatih menggunakan kabel untuk membiasakan dirinya dengan set ini.

Baca Juga: 8 Adegan Ikonik Film Ini Ternyata Hasil Improvisasi, Gak Nyangka!

4. Gitar flame-thrower / Mad Max: Fury Road (2015)

6 Scene 'Ajaib' Dalam Film yang Dibuat Tanpa Bantuan Efek CGIbuzzfeed.com

Di film Mad Max: Fury Road terdapat satu karakter nyentrik dengan gitarnya yang dapat menyemburkan api, dan ini bukanlah efek CGI, gitar tersebut benar-benar dapat menyemburkan api. Gitar itu dirancang oleh Colin Gibson selaku production designer. Aktornya sendiri menghabiskan sekitar empat hingga enam minggu untuk berlatih dan membiasakan diri bermain gitar sambil lompat bungee dengan mata yang tak dapat melihat.

5. Tom Cruise memanjat Burj Khalifa / Mission: Impossible – Ghost Protocol (2011)

6 Scene 'Ajaib' Dalam Film yang Dibuat Tanpa Bantuan Efek CGImedium.com

Scene ini memang terlihat sangat berbahaya, tapi nyatanya dalam scene ini Tom Cruise benar-benar memanjat Burj Khalifa dan ia melakukannya tanpa bantuan stuntman. Sejatinya Tom memanjat gedung tertinggi di dunia ini dengan tali pengaman khusus, namun tentu saja para pembuat film 'menghilangkannya' supaya tidak tampak dalam adegan tersebut.

6. Adegan tembak-menebak di lobi / The Matrix (1999)

https://www.youtube.com/embed/ZQaBYT4MxWU

Walaupun The Matrix merupakan film yang kaya akan efek CGI, namun untuk scene yang satu ini para pembuat film tidak menggunakan efek CGI apapun. Adegan tembak-menembak Neo (Keanu Reeves) dan Trinity (Carrie-Anne Moss) di sebuah lobi yang berdurasi beberapa menit ini hanya menggunakan efek praktis seperti di film-film aksi biasanya. Dan dibutuhkan waktu 10 hari untuk menyelesaikan scene tersebut.

Itulah beberapa scene dalam film yang mungkin penonton kira merupakan hasil efek CGI. Ini juga membuktikan bahwa sejatinya baik atau buruknya kualitas pengambilan gambar suatu film ditentukan oleh kreativitas para pembuatnya sendiri.

Baca Juga: 13 Adegan Laga Film India yang Lebay, Bikin Tertawa Terpingkal-pingkal

Muhammad Faisal Photo Verified Writer Muhammad Faisal

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya