Comscore Tracker

Bikin Hati Terenyuh, 5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Capernaum

Jangan lupa siapkan tisu!

Di tahun 2018, aktor sekaligus sutradara jenius asal Lebanon, Nadine Labaki sukses mengguncang dunia perfilman lewat filmnya yang berjudul Capernaum atau juga dikenal Capharnaum. Film yang bercerita tentang kisah hidup seorang anak lelaki berumur 12 tahun bernama Zain yang berjuang memenuhi kebutuhan hidup dan merasakan kerasnya hidup di lingkungan kumuh Beirut, Lebanon. Ia menuntut kedua orang tuanya di persidangan atas "kejahatan" dan kekecewaan yang dirasakan oleh Zain karena telah dilahirkan di dunia. 

Seperti judulnya Capernaum yang juga memiliki arti 'kekacauan', film ini akan memperlihatkan kekacauan kehidupan yang dirasakan oleh anak-anak di Lebanon yang sebagian besar merupakan seorang imigran yang bekerja, menghadapi lingkungan yang keras bahkan tanpa tahu identitas tanggal lahirnya yang jauh dari kehidupan normal untuk anak-anak yang seharusnya.

Tak hanya memiliki jalan cerita bagus yang menyayat hati, ini lima alasan kamu wajib menonton film Capernaum.

1. Terinspirasi dari krisis ekonomi dan keadaan di Lebanon

Bikin Hati Terenyuh, 5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Capernaumabc.net.au

Meskipun film Capernium merupakan fiksi, namun film ini sendiri terinspirasi dari keadaan tentang kemiskinan di Lebanon yang merajalela dan penduduk yang ditinggali imigran yang bahkan tak memiliki identitas. Di sini kamu akan melihat kehidupan yang miris di mana banyak anak-anak yang kehilangan haknya dan berjuang bertahan hidup di lingkungan yang keras.

2. Pemeran dalam film Capernaum merupakan pemain non-profesional 

Bikin Hati Terenyuh, 5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Capernaumunhcr.org

Ketika kamu menonton dan melihat akting dari pemeran film Capernaum, kamu akan terkejut dengan fakta bahwa para pemeran bukan lah seorang pekerja seni profesional, melainkan sang sutradara, Nadine Labaki yang langsung melakukan casting dengan anak-anak di jalanan yang ia temui.

Zain Al Rafeea yang merupakan pemeran utama karakter Zain adalah seorang bocah pengungsi yang melarikan diri dari perang Suriah bersama keluarganya dan tinggal di Beirut, Lebanon. Yordanos Shiferaw yang memerankan Rahil ternyata memang seorang imigran gelap yang ditangkap setelah selesai melakukan shooting. Dan Boluwatife Treasure Bankole yang berperan sebagai Yonas, anak dari Rahil yang merupakan seorang anak perempuan yang dideportasi ke Kenya bersama ibunya.

Hampir semua karakter di dalam film ini memang dari pengalaman asli setiap pemainnya. Tak heran akting mereka sangat terlihat natural dan nyata.

3. Film ini mendapatkan standing ovation selama 15 menit

Bikin Hati Terenyuh, 5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Capernaumimdb.com

Berhasil menyentuh setiap para penontonnya, Nadine Labaki dan para pemain lainnya menerima standing ovation selama 15 menit di Cannes Festival Film pada bulan Mei 2018. Hal ini rupanya mendapatkan banyak respon yang positif dan mengatakan jika film Nadine Labaki yang satu ini memang layak mendapatkannya.

Baca Juga: 9 Quotes Menyentuh Elvis Presley Saat Kamu Butuh Motivasi Hidup

4. Capernaum mendapatkan banyak penghargaan dan berhasil masuk ke dalam nominasi Oscar

Bikin Hati Terenyuh, 5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Capernaumimdb.com

Tak hanya mendapatkan standing ovation, Capernaum berhasil membanjiri penghargaan bergengsi di antaranya memenangkan Jury Prize di Cannes Film Festival, Best Film di Antalya Golden Orange Festival, Achievment in Directing di Asia Pacific Screen Awards, dan di acara penghargaan lainnya. Tak hanya itu, Capernaum juga masuk ke dalam nominasi Best Foreign Language Film of the Year di Oscar dan Golden Globes, USA.

5. Memberikan pesan mendalam tentang isu orang tua dan hak anak melalui sudut pandang sang anak

Bikin Hati Terenyuh, 5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Capernaumhttps://www.imdb.com/title/tt8267604/mediaviewer/rm3974460928

Tentunya lewat film ini, Nadine Labaki ingin memperlihatkan serta menyampaikan isu dan tragedi yang masih sering terjadi di antara orang tua dan anak melalui sudut pandang sang anak. Tak hanya di Lebanon, namun seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang tak sedikit masih sering terjadinya pernikahan usia dini dan kekerasan yang disebabkan oleh faktor ekonomi serta mengabaikan hak-hak yang seharusnya didapatkan oleh anak. 

Itu dia lima alasan kamu wajib banget untuk menonton film yang satu ini. Siap-siap masukin watchlist!

Baca Juga: Wajib Ditonton, 8 Film Ini Membahas Konflik Kelas Sosial di Dalamnya

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya